Tuesday 26 April 2016

Jungle Book


Jungle Book
---------------
Film ini diadaptasi oleh novel berjudul sama hasil karya Rudyard Kipling lebih dari 1 abad lalu tepatnya pada tahun 1894. Dia lahir di India namun kedua orangtuanya berasal dari Inggris. Pada tahun 1907 meraih penghargaan Nobel dalam bidang sastra. Jungle Book sudah pernah difilmkan pada tahun 1994 dengan bintangnya yaitu Jason Scott Lee yang memerankan sosok Mowgli dewasa. Tetapi dalam film terbaru ini menampilkan Mowgli dalam masa anak-anak.

Bila kita melihat trailernya maka terasa begitu menegangkan dan mencekam seolah-olah film ini untuk orang dewasa pecinta action dan thriller. Namun begitu melihat filmnya maka hal tersebut tak tampak. Boleh dibilang action dan thriller versi untuk anak-anak.    

Cerita ini berupa fabel yang berisikan binatang-binatang yang dapat bicara seperti manusia dan mereka saling mengerti satu sama lain termasuk dengan manusia. Tetapi ada ketidak konsistenan disini karena beberapa jenis binatang tetap tidak bisa bicara misalnya tupai yang merebut makanan dan kera yang menculik Mowgli.

Neel Sethi berperan sebagai Mowgli yang sejak bayi diasuh oleh macan hitam dan dibesarkan oleh srigala. Dia berakting seorang diri mengingat semua lawan mainnya alias binatang-binatang adalah hasil dari komputer CGI. Aktingnya lumayan walaupun tidak bisa dibilang istimewa. Karena masih kurang terpancar karakter “liar”nya, hidup di hutan tentu berbeda dengan di pemukiman orang banyak. Apalagi bertahun-tahun tanpa bergaul dengan manusia.


Penampakan binatang-binatang nyaris sempurna dan terlihat nyata. Special efek juga terlihat bagus dan tidak berlebihan. Film ini layak ditonton oleh anak-anak.

2 comments: