Tuesday 3 May 2016

Captain America : Civil War


Captain America : Civil War
----------------------------
Film ini merupakan seri ketiga dari serial Captain America. Seri pertama berjudul The First Avenger yang dirilis pada tahun 2011. Kemudian seri kedua berjudul The Winter Soldier yang tampil pada tahun 2014. Semuanya masih dibintangi oleh Chris Evans sebagai Steve Rogers alias Captain America.

Adu domba adalah cara yang mudah dilakukan bila musuh anda terlalu kuat dan anda tidak mungkin bisa mengalahkannya. Tema ini dipakai dalam film ini untuk mengadu domba para anggota Avenger. Ada dua kubu yang berseberangan yaitu kubu yang dipimpin oleh Captain America antara lain Winter Soldier, Falcon, Hawkeye, Scarlet Witch dan Ant Man. Sedangkan kubu yang dipimpin oleh Iron Man antara lain Black Widow, War Machine, Vision, Black Panther dan Spiderman.

Semuanya berawal dari Sokovia beberapa waktu yang lalu dimana para Avenger yang berperang melawan kejahatan mengakibatkan banyak korban jiwa. Salah satunya adalah Zemo yang kehilangan keluarganya. Muncul rasa dendam kepada para Avenger sehingga membuat rencana untuk mengadu domba para Avenger.

Di lain sisi pemerintah Amerika atau PBB ingin Avenger berada dalam kontrol mereka sehingga tidak berperang dan bertarung sesuka mereka. Hal ini sudah disetujui oleh 117 negara. Iron Man setuju akan hal itu tetapi Captain America menolaknya dan beranggapan bahwa tidak menutupi akan ada korban namun jumlahnya sedikit dibandingkan efek dari kejahatan yang tidak ditumpas. Hal inilah yang memicu awal perbedaan dari kedua kubu.

Pertentangan diperparah dengan adanya fitnah terhadap Winter Soldier yang dilakukan oleh Zemo. Winter Soldier dianggap pelaku peledakan di Vienna saat penanda tanganan ratifikasi 117 negara yang mengakibatkan raja Wakanda tewas. Hal ini menyebabkan dendam pribadi Black Panther yang merupakan anaknya kepada Winter Soldier.

Winter Soldier menjadi buruan international termasuk juga Iron Man dan kelompoknya yang mencarinya. Sedangkan Captain America membela Winter Soldier yang merupakan sahabatnya di masa kecil dan tidak percaya bahwa dia pelakunya. Pertarungan seru terjadi antar dua kelompok super hero yang memiliki kelebihan masing-masing. Sayangnya Hulk dan Thor tidak ada dalam film ini.

Winter Soldier tertangkap dan dipenjara. Zemo datang menyamar dan membacakan mantera untuk mengaktifkan sisi jahat Winter Soldier yang mengakibatkan perkelahian dengan Captain America. Winter Soldier sadar bahwa dirinya diperalat oleh Zemo dan masih banyak Winter Soldier lainnya dan berada di suatu tempat. Mereka berdua menyelidiki tempat tersebut. Di saat yang sama Iron Man sadar bahwa Winter Soldier tidak bersalah dan menyusul ke tempat yang sama. Tiga orang tersebut kini mencari Zemo.

Zemo tidak kehilangan akal, dia mempertontonkan sebuah rekaman video suatu kejadian di masa lalu. Rupanya video tersebut adalah orang tua Iron Man yang dibunuh oleh Winter Soldier. Hal ini membuat Iron Man yang sudah bersekutu dengan Winter Soldier, kembali menjadi bermusuhan. Captain America berusaha membujuk Iron Man bahwa kejadian yang lalu biarlah berlalu dan tidak akan bisa membuat orang tuanya hidup kembali. Namun amarah dan benci sudah diubun-ubun sehinga terjadilah pertarungan kembali.

Perkelahian satu lawan dua orang yang pada akhirnya dimenangkan oleh Captain America. Iron Man terluka parah demikian juga Winter Soldier. Zemo ingin bunuh diri tapi digagalkan oleh Black Panther. Zemo melakukan semua ini karena keluarganya tewas akibat ulah para Avenger sebelumnya di Sokovia. Zemopun di penjara dengan pengawalan yang ketat.

Di akhir credit title jangan terburu-buru pulang karena masih ada adegan kelanjutannya. Captain America membebaskan teman-temannya yang dipenjara oleh pemerintah dan mengirim surat kepada Iron Man untuk menjadi ketua Avenger. Sedangkan Winter Soldier ingin mengobati program yang ada di dalam tubuhnya dan tinggal bersama Black Panther.

Semua pemain dapat memerankan karakternya dengan baik. Yang membuat lebih menarik lagi adalah penampilan Spiderman yang dibuat berbeda dengan film Spiderman sebelumnya. Disini dia digambarkan sebagai remaja yang masih kekanak-kanakan alias culun, banyak ngomong alias cerewet termasuk juga saat berkelahi.

Film ini banyak menampilkan peperangan, pertarungan dan perkelahian. Sangat cocok bagi penggemar film action. Special efek yang digunakan juga bagus dan mampu menghebohkan penonton. Cukup menghibur apalagi saat ini adalah liburan sekolah, waktu yang tepat untuk menghibur diri.



3 comments: