Sunday 17 November 2013

Special ID



Special ID
---------------

Donnie Yen mencoba peruntungannya sebagai seorang produser dalam film ini, selain sebagai pemeran utama dan sekaligus pengarah seni bela diri. Berperan sebagai Zilong Chen seorang anggota polisi yang menyamar sebagai preman dengan gambar tato di seluruh tubuhnya.

Di awal mula adegan, Zilong berusaha menyelamatkan tiga orang temannya sesama geng yang ditahan oleh geng lainnya. Adegan ini pula yang akan membongkar statusnya sebagai mata-mata. Dia tinggal bersama ibunya dan akrab layaknya seorang teman. Xiong merupakan pimpinan gangster yang dituakan didaerah itu mendapat laporan atas kejadian diatas lalu mengancam Zilong di depan ibunya.

Di Amerika, Kun dibunuh oleh Sunny dan mengambil data-data yang merupakan daftar orang yang memiliki bisnis ilegal. Sunny ingin memanfaatkan data tersebut untuk memerasnya. Xiong menginginkan data-data tersebut dan menugaskan Zilong untuk mengawasi Sunny. Padahal Sunny adalah orang yang pernah ditolong oleh Zilong ketika dikeroyok preman enam tahun yang lalu.

Zilong dan Sunny bertemu di rumah makan untuk pertama kalinya setelah lama tidak berjumpa. Sunny menjadi target pembunuhan oleh seseorang bernama Dao feng, namun gagal. Dao feng ingin membalas dendam karena Kun yang merupakan kakaknya, telah dibunuh oleh Sunny. Ternyata Dao feng dikirim oleh Xiong ke lokasi tersebut.

Sunny marah kepada Zilong karena menganggapnya sebagai pengkhianat sehingga perkelahianpun terjadi. Xiong mencoba mendamaikan keduanya dengan membocorkan bahwa Dao feng lah pelakunya. Dia memanfaatkan Zilong untuk membunuhnya dengan memberitahukan lokasi Dao feng. Sebaliknya Xiong mengadu domba Dao feng dengan menginfokan alamat palsu Sunny. Sehingga terjadilah perkelahian dan tembak menembak antara Zilong, Dao feng dan polisi. Dao feng pun tewas.

Sunny menawarkan Zilong untuk bergabung dengannya. Sayangnya, keesokan harinya penyamaran Zilong terbongkar karena orang yang pernah ditolongnya pada bagian awal film, yang dikira pingsan ternyata masih bisa mendengar dan melihat Zilong berbicara dengan polisi atasannya. Sunny datang ke rumah ibunya dan menganiayanya. Adegan ini cukup mengharukan dan memilukan.

Zilong dendam dan akhirnya bertarung dengan Sunny, dengan kejar-kejaran mobil maupun duel tangan kosong. Zilong berhasil mengalahkan Sunny dan menangkapnya.

Tidak ada yang istimewa dalam pertarungan dan perkelahian Donnie Yen dan jangan berharap pertarungan akan seindah film Ip Man yang pernah dilakoninya. Ceritanya juga biasa-biasa saja.

No comments:

Post a Comment