Sunday, 10 July 2016

The Conjuring 2



The Conjuring 2
--------------------

Sebuah film horror yang langka. Mengapa disebut langka? Karena cerita film ini berakhir dengan happy ending. Film ini merupakan seri kedua sedangkan seri pertamanya dibuat pada tahun 2013. Masih dengan pemain yang sama yaitu Patrick Wilson sebagai Ed Warren dan Vera Farmiga sebagai Lorraine Warren. Kisah dalam cerita ini merupakan kisah nyata yang terjadi di kota Enfield Inggris.

Adegan pembuka tampak roh Lorraine keluar dari tubuhnya dan seolah-olah menjadi saksi atas suatu peristiwa pembunuhan sekeluarga yang ditembak satu persatu. Namun adegan ini tidak memiliki hubungan langsung dengan kisah berikutnya.

Sebenarnya ceritanya sederhana dan mudah dipahami namun oleh sang sutradara dibuat tambahan-tambahan yang tidak berhubungan dan malah sulit mencernanya. Misalnya Ed mendapatkan lukisan Valak dari mana padahal biasanya koleksi benda-benda anehnya didapat setelah menyelesaikan kasus. Contohnya boneka Annabelle disimpan sebagai koleksi setelah menyelesaikan kasus Annabelle.

Lorraine mendapatkan penglihatan Valak di rumahnya. Mengapa Valak bisa menghantui juga keluarga di Enfield yang lokasinya jauh ?

Mungkin yang agak aneh adalah hantu atau roh jahat atau roh orang yang telah mati berbeda jenisnya dengan setan. Mereka mempunyai masing-masing dimensi yang berbeda. Setan lebih berkuasa atas roh orang yang telah mati bahkan bisa menindas atau mengekangnya. Valak memanfaatkan hantu Bill Wilkins untuk menakut-nakuti keluarga Hodgson. Valak juga mengekang hantu Bill Wilkins untuk tidak keluar dari rumah tersebut.

 Cerita berakhir dengan happy ending, si setan berhasil dikalahkan. Namun demikian hantu Bill Wilkins dan hantu tinggi bungkuk tidak diungkapkan keberadaannya. Valak tidak takut akan salib namun bisa mati hanya dengan menyebut namanya. Sesuatu yang absurd.
 
Di akhir film akan ditampilkan foto-foto asli mengenai kejadian ini yang sebenarnya termasuk juga rekaman suara pada saat kerasukan hantu Bill Wilkins.   

1 comment: