Monday, 25 June 2012

Lock Out


Lock Out
-------------

Nama Luc Besson merupakan salah satu nama yang diperhitungkan dalam cinema Hollywood walaupun bukan berasal dari Amerika. Dia berasal dari Perancis yang bahasa dan budayanya tentu saja berbeda dengan Amerika. Namun demikian publik Amerika dan dunia memperhitungkannya sebagai salah satu nama yang mumpuni. Dalam film ini dia menjadi penulis skenario dan sekaligus sebagai produser eksekutif.

Berlatar belakang kisah di masa depan yaitu tahun 2079 dimana Amerika memiliki penjara di ruang angkasa yang bernama MS1. Idenya unik karena para tahanan tidak akan bisa lolos keluar dari penjara. Tidak hanya itu saja, mereka juga ditidurkan dengan system cryo-freeze dalam suatu kotak mirip peti mati. Jadi sewaktu-waktu bila diinginkan mereka baru dibangunkan dari tidurnya. Jadi sulit sekali untuk bisa melarikan diri dari penjara tsb.

Dalam film ini ada dua kisah yang ingin ditampilkan yaitu kisah mengenai Snow (Guy Pierce) yang dijebak dan dituduh membunuh temannya sesama agen rahasia dan kisah Snow menyelamatkan Emilie (Maggie Grace) putri dari Presiden Amerika. Keduanya dirangkai membentuk suatu cerita yang cukup menghibur dengan adegan actionnya dan tembak-menembaknya.

Guy Pierce bermain cukup baik sebagai sang hero yang menyelamatkan Emilie dengan taruhan nyawa. Bentuk tubuh yang atletis dan kekar serta lincah sering ditonjolkan untuk menunjukkan sisi heronya. Namun demikian sebenarnya diawal mempunyai tujuan lain yaitu menemukan temannya yang bernama Mace yang menyimpan koper rahasia yang menjadi rebutan semua orang. Begitu Mace sudah mengalami gangguan jiwa dan tewas maka mau tak mau Snow 100% menyelamatkan Emilie.

Maggie bermain lumayan setidaknya bisa menampilkan sosok seorang kantoran karena perannya menuntutnya menjadi seorang peneliti kemanusiaan. Kesedihan dan ketakutan juga dapat ditampilkan dengan wajar dan tidak berlebihan. Terutama pada adegan hendak diperkosa.

Vincent Regan yang bermain sebagai Alex terlihat kurang sesuai dengan perannya sebagai kepala penjahat yang memimpin kelompoknya. Dia terlihat sudah tua, kurang lincah dan kurang sangar wajahnya.

Joseph Gilgun yang bermain sebagai Hydell sangat baik memerankan karakter ini. Sedikit gila, garang dan sangar serta kejam. Dengan mudah dapat membunuh orang tanpa ada yang perlu dipikirkan lagi. Gerak-gerik tubuh dan mimik wajah sangat pas sekali dalam bermain.

Kekurangan dalam film ini adalah jumlah tahanan yang ratusan orang tidak terekspose dan yang tampak hanya kelompok Alex saja yang sekitar sepuluh orang sehingga tidak tampak kericuhan dan kegaduhannya yang dilakukan selain kelompok Alex. Senjata-senjata yang digunakan masih model lama padahal tahun yang diceritakan adalah 2079 seharusnya senjata-senjatanya lebih moderen. Pada saat mata Emilie disuntik dan setelahnya tidak ada gangguan sama sekali pada matanya. Tidak dijelaskan apa isi dari memory micro SD card yang menjadi rebutan.

Kelebihan dalam film ini adalah ide dasarnya yang unik yaitu penjara di luar angkasa dengan sistem keamanannya yang tinggi.


1 comment:

  1. Nonton Online Film Lockout 2012 Subtitle Indonesia disini kk
    http://cinema69indo.blogspot.com/2014/05/nonton-film-lockout-2012-subtitle.html

    ReplyDelete