Wednesday, 14 November 2012

Wreck-It Ralph



Wreck-It Ralph
--------------------

Walt Disney yang terkenal dengan produksi film animasi kartunnya berusaha tetap eksis dengan mengangkat kisah yang diambil dari karakter tokoh video game berjudul Fix-It Felix, Jr. Video game tersebut bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti kurang lebih Felix si tukang perbaikan. Cerita dalam video tersebut memiliki tokoh protagonis bernama Felix yang suka memperbaiki bangunan atau gedung atau tembok yang rusak. Sebaliknya ada tokoh yang bersifat antagonis bernama Ralph yang selalu merusak bangunan tersebut dan mendapat panggilan Wreck-It Ralph atau berarti Ralph si perusak. Rupa-rupanya nama inilah yang justru diambil sebagai judul film dan bukan nama video gamenya itu sendiri. Sebelum film utama diputar, ada ekstra film berjudul Paperman dengan format hitam putih dengan durasi kurang lebih 10 menit.

Bagi penggemar video game atau ding dong pada jaman dulu bisa merasakan nostalgia dengan jenis video game arcade. Jenis ini berarti video game yang dimainkan dalam kotak box atau kotak mesin di dalam suatu mall atau toko dengan menggunakan koin. Tentu saja penonton bakalan ingat dengan permainan pac man dan street fighter serta zombie yang melegenda itu bukan ? Nantinya mereka akan muncul sekilas dalam film ini.

Alkisah ada suatu toko atau tempat permainan video game yang menggunakan koin yang disukai anak-anak dan sudah berusia tiga puluh tahunan. Bila siang hari suasana penuh dengan keramaian anak-anak sedangkan pada malam hari suasana menjadi sepi karena toko tersebut tutup. Tetapi jangan heran bila ternyata tokoh-tokoh yang ada dalam video game bisa hidup dan bicara satu sama lain pada saat toko tutup. Mereka mempunyai komunitasnya sendiri sesuai dengan judul permainannya. Seperti halnya video game berjudul Fix-It Felix, Jr, pada malam hari mereka merayakan keberhasilan Felix si tukang perbaikan (disuarakan oleh Jack McBrayer) yang menjadi sosok pahlawan. Dia tinggal di gedung yang mewah dan terkadang membuat pesta bersama dengan teman-temannya. Sebaliknya Ralph si perusak (disuarakan oleh John C Reilly) yang selalu dikalahkan oleh Felix dan dibuang ke kubangan tinggalnya di bongkaran batu bata.

Ralph merasa iri dengan kondisi Felix dan ingin diperlakukan sama layaknya seorang pahlawan apalagi sudah 30 tahunan dia berperan sebagai penjahat. Untuk itu dalam suatu pesta, Ralph yang tidak diundang membuat kekacauan. Dan pada akhirnya dia ditantang untuk bisa mendapatkan medali penghargaan, bila bisa maka dia berhak tinggal di penthouse gedung tersebut.

Untuk mendapatkan medali penghargaan tersebut tidak ada cara lain selain mencari ke tempat lain yang berarti harus pergi meninggalkan video gamenya dan pindah ke video game lain. Ralph pergi ke video game Hero’s Duty dan berhasil mendapatkan medali penghargaan. Video game ini bercerita tentang perang melawan robot kumbang. Dia memperoleh medali dengan cara mencurinya. Sayangnya dia ikut terbawa kedalam pesawat darurat dan mendarat di video game Sugar Rush yaitu permainan balap mobil dari bahan permen. Ternyata ada sebuah robot kumbang yang ikut juga di dalam pesawat tersebut yang bisa membumi hanguskan penghuni Sugar Rush.

Di sana Ralph berkenalan dengan seorang gadis bernama Vanellope (disuarakan oleh Sarah Silverman) yang sedikit liar dan dikucilkan oleh komunitasnya. Vanellope adalah seorang Glitch yaitu karakter dari sebuah program software yang tidak sempurna. Padahal dia ingin sekali mengikuti balapan mobil yang dipimpin oleh King Candy (disuarakan oleh Alan Tudyk). Untuk mengikuti balapan tersebut ada syaratnya yaitu membayar dengan koin dan yang dipakai adalah koin medali milik Ralph. Tentu saja Ralph tidak terima akan hal itu namun lama kelamaan timbul keakraban diantara mereka berdua. Dia mendukung Vanellope untuk ikut serta balapan mobil karena pemenangnya akan mendapatkan medalinya kembali.

Rupa-rupanya sejak Ralph meninggalkan video game Fix-It Felix, Jr maka video game tersebut dianggap rusak oleh anak-anak dan rencananya akan diganti dengan video game lain oleh sang pemilik toko. Felix akhirnya memutuskan untuk mencari Ralph dan menyusulnya bersama dengan gadis pemburu robot kumbang yang kuatir robot tersebut akan berkembang biak.

Latar belakang Vanellope ternyata adalah seorang putri candy yang dicelakai oleh king candy. Sebenarnya king candy ini adalah palsu dan tak lain adalah Turbo yang menyamar. Turbo adalah orang dari komunitas video game lain yang akan ditutup oleh pemiliknya sehingga memutuskan untuk pindah. Dia merusak program Vanellope dan menutup memorynya sehingga Vanellope lupa akan siapa dirinya. Apabila dia menang dan masuk garis finish maka program akan mereset ulang kembali status Venellope dan menjadikannya normal kembali.

Film ini penuh dengan warna-warni yang segar dan cerah yang akan membuat penonton anak-anak senang. Suasana dibikin cerah dan nuansa segar dengan kelucuan-kelucuan di beberapa adegan. Buat orang tua juga cukup menarik karena unsur pendidikannya ada. Seorang penjahat tidak harus mempunyai hati yang jahat dan seorang pahlawan tidak harus mendapat pengakuan pahlawan dari orang lain. Kira-kira pesan itulah yang ingin disampaikan oleh film ini.

2 comments: