Monday, 11 February 2013

A Good Day To Die Hard

A Good Day To Die Hard
----------------------------------



 
Pada bulan ini banyak aktor-aktor tua muncul kembali aksinya dalam film antara lain Arnold Schwarzenegger (The Last Stand), Sylvester Stallone (Bullet To The Head), Bruce Willis (A Good Day To Die Hard). Disebut tua mengingat usianya sudah diatas setengah abad, mencapai 66 tahun untuk Arnold, 67 tahun untuk Stallone dan 58 tahun untuk Bruce. Film manakah yang paling bagus ? Jawabannya adalah film yang dibintangi Bruce Willis.

Film ini merupakan seri kelima dari film Die Hard yang dirilis pada tahun 1988 atau 25 tahun yang lalu. Diadaptasi dari cerita novel berjudul Nothing Lasts Forever hasil karya Roderick Thorp. Kemudian dilanjutkan dengan Die Hard 2 Die Harder, Die Hard with a Vengeance, Live Free or Die Hard. Semuanya dibintangi oleh Bruce Willis yang memerankan sosok John McClane.

Jack McClane (Jai Courtney) adalah seorang agen rahasia CIA yang bertugas di Moskow, Rusia. Misinya adalah membebaskan Yuri Komarov (Sebastian Koch) yang dipenjara oleh pemerintah Rusia. Dia mengaku mempunyai berkas-berkas untuk menjatuhkan Chagarin (Sergei Kolesnikov) seorang pejabat Menteri yang korup. Tentu saja Chagarin tidak tinggal diam, cara halus untuk merayu Komarov sudah ditempuh agar menyerahkan berkas-berkas tersebut namun tidak berhasil. Cara kasarpun ditempuh dengan mengandalkan hakim-hakim pengadilan yang merupakan kaki tangan Chagarin dan ujung-ujungnya adalah upaya untuk membunuhnya.

Strategi yang dilakukan Jack adalah membiarkan dirinya sendiri tertangkap polisi dan masuk kedalam penjara dengan cara membunuh Anton yang merupakan kaki tangan Chagarin. Dia bersedia untuk memberi kesaksian di pengadilan yang memberatkan Komarov. Pada hari dimana Komarov diadili di pengadilan maka hadir pula Jack. Tak disangka Chagarin benar-benar ingin membunuh Komarov dipengadilan dengan mengirim Alik (Radivoje Bukvic) dan Irina (Yuliya Snigir) serta kelompoknya.

John McClane yang mendengar Jack ditangkap segera terbang ke Moskow Rusia untuk menemuinya. John tak lain adalah ayah Jack yang mengira penangkapan itu terkait dengan narkoba atau kenakalan remaja pada umumnya. Sayangnya pertemuan itu terjadi ditempat yang salah dan waktu yang salah. Mereka bertemu saat Jack menyelamatkan Komarov dengan mobil dan John berada ditengah jalan menghalangi jalannya. John ingin mengobrol dan mencari tahu apa yang sedang terjadi sedangkan Jack dikejar waktu untuk pergi ke titik penyelamatan. Sayangnya, gara-gara John maka Alik dkk tahu keberadaan Jack dan juga dia terlambat pergi ke titik penyelamatan selama 7 menit. Akhirnya rencana berubah yaitu pergi ke rumah pengamanan.

Jack kesal dan menyalahkan John atas kejadian tersebut. Sedangkan John tanpa sadar menganggap Ayah adalah selalu benar. Intrik antara ayah dan anak cukup terasa dan wajar. Akhirnya John sadar bahwa anaknya adalah seorang agen rahasia CIA dan setelah tahu siapa Komarov maka mereka berdua saling membantu dan bekerja sama menyelamatkan Komarov. Komarov bersedia menyerahkan berkas-berkas rahasianya kepada Jack dan pergi ke Amerika dengan syarat membawa putrinya juga. Komarov menelpon putrinya untuk bertemu di tempat pesta dansa waktu dulu. Tiba-tiba Alik dkk menyerbu rumah pengamanan yang dianggap aman tersebut. Tetapi ketiganya berhasil lolos.

Komarov bertemu dengan putrinya yang tak lain adalah Irina dan mengambil kunci tempat berkas-berkas rahasia berada. John curiga mengapa Irina bisa sampai dengan cepat disana. Dan benar, Alik dkk sudah berada di belakang mereka. Irina menyandera ayahnya sendiri dan mengatakan bahwa semuanya ini demi uang. John dan Jack terpaksa menyerah dan ditangkap. Pada akhirnya berkat pisau yang selalu dibawa, mereka bisa membuka ikatan tali tangannya.

Alik dan Irina membawa Komarov menuju Chernobil untuk mengambil berkas-berkas rahasia yang menjadi rebutan. Jack dan John menyusul kesana. Alik dibunuh oleh Komarov dan Chagarin juga dibunuh oleh seseorang. Terungkap sudah bahwa semua ini adalah merupakan kebohongan dari Komarov. Dia memanfaatkan Chagarin dengan mengaku mempunyai berkas-berkas rahasia yang bisa menjatuhkan posisinya. Dia juga memanfaatkan CIA terutama Jack agar bisa meloloskannya dari penjara. Dan berkas-berkas rahasia itu sendiri sebenarnya tidak ada. Yang ada adalah uranium yang sudah dikemas dalam peti besi-peti besi yang disembunyikan saat peristiwa Chernobil itu. Komarov dan Chagarin dulunya adalah partner yang menghandle Chernobil. Dengan bebasnya Komarov dari penjara maka uranium siap dijual pada pihak ketiga.

Jack dan John menyadari akan hal itu dan terjadilah baku tembak satu sama lain. Pertarungan hidup dan mati antara seorang ayah dengan putranya melawan seorang ayah dengan putrinya. Siapakah yang menang ? jangan kuatir, film ini berakhir dengan happy ending.

Peran Bruce Willis sangat baik dalam berkelahi dan bertarung walaupun sudah berusia tua. Demikian juga peran Jai Courtney yang bertampang bandel cukup baik memerankannya sebagai pemuda yang penuh emosi.

Film ini dibuat dengan banyak adegan laga perkelahian dan tembak-menembak mengumbar peluru serta kebut-kebutan mobil juga kejar-kejaran di jalan raya. Yang cukup menarik adalah banyaknya jumlah mobil yang rusak dan hancur karena ditabrak. Tegang, seru dan penuh action menjadikan film ini enak ditonton sebagai hiburan yang tidak membosankan. Ledakan dan kerusakan serta kehancuran benda-benda disekitarnya cukup baik ditampilkan. Pertarungan terakhirnya dengan helikopter merupakan puncak dari nama besar serial film ini. Sebuah film hiburan yang penuh dengan aksi.

No comments:

Post a Comment