Monday 18 August 2014

Teenage Mutant Ninja Turtles





Teenage Mutant Ninja Turtles
-------------------------------------

Pada tahun 90an di Indonesia populer sekali serial TV berjudul Teenage Mutant Ninja Turtles dan anak-anak menyebutnya sebagai kura-kura ninja. Super hero itu berupa empat makhluk kura-kura yang besarnya sama dengan manusia dan cara berjalannya serta bicaranya sama dengan manusia. Mereka mempunyai seorang guru sekaligus orang tuanya bernama Splinter yang berwujud tikus yang besarnya mirip manusia dengan keahlian silat yang mumpuni.

Karakter kura-kura ninja sebenarnya diadaptasi dari buku komik terbitan Mirage Studios pada tahun 1984 hasil karya Kevin Eastmen dan Peter Laird. Karakter tersebut berkembang menjadi serial TV dan selanjutnya memasuki film layar lebar. Film kura-kura ninja ini merupakan film kelima dan merupakan reboot atau pengulangan cerita mulai dari awal terbentuknya kura-kura ninja.

Kisah dimulai saat April O’Neil kecil yang sering berkunjung ke tempat kerja ayahnya Dr. O’Neil di sebuah tempat penelitian dan pengembangan di New York. Dr. O’Neil bekerja sama dengan Dr. Sack (William Fichtner) sedang mengerjakan proyek Renaissance dimana obyek penelitiannya adalah kura-kura dan tikus. Masing-masing kura-kura diberi nama dengan nama seniman-seniman dari Italia yaitu Donatello, Leonardo, Michaelangelo dan Raphael serta seekor tikus yang diberi nama Splinter. Pada suatu hari Dr. O’Neil dengan sengaja membakar tempat tersebut karena Dr. Sack mengkhianatinya. April menyelamatkan kelima makhluk obyek penelitian itu dari kebakaran dan meletakkannya ke dalam selokan.

Beberapa lama kemudian Splinter kecil mengalami mutasi dan berubah menjadi berbadan besar seperti manusia. Dia mengasuh keempat kura-kura kecil layaknya anaknya sendiri. Lama-kelamaan keempat kura-kura pun berubah bentuk menjadi anak-anak dan selanjutnya menjadi remaja. Ada satu syarat yang menjadi aturan Splinter yaitu anak-anak dilarang keluar dari selokan karena belum waktunya.

Leonardo adalah saudara yang tertua dan sekaligus sebagai pemimpin serta memiliki senjata pedang. Raphael bertubuh besar dan mempunyai senjata trisula. Donnatelo merupakan yang paling pintar dan penemu alat serta bersenjatakan sebuah tongkat. Michaelangelo adalah saudara paling bungsu dan bersenjatakan Nunchuks yaitu dua tongkat kecil yang tersambung dengan rantai besi seperti yang dipakai Bruce Lee.

April (Megan Fox) kini sudah menjadi dewasa dan bekerja sebagai reporter televisi ditemani oleh Vernon sebagai kamerawan. Dia mendapat tugas untuk meliput berita yang ringan-ringan padahal keinginannya bisa mendapat tugas yang menantang misalnya tentang kelompok Foot Clan. Kelompok itu melakukan kriminalitas yang menjadi momok bagi warga kota. Untuk itu pihak kepolisian bekerja sama dengan perusahaan Sacks Group Inc yang dipimpin oleh Dr. Sacks untuk melawan kriminalitas.

April yang berada di pelabuhan secara kebetulan melihat peristiwa perampokan kontainer yang dilakukan oleh Foot Clan. Tiba-tiba ada sosok sekelebat-sekelebat yang melakukan perlawanan dan saking cepatnya tidak bisa terlihat. Foot Clan pun gagal dan melarikan diri. April memberitahukan berita itu kepada atasannya tetapi atasannya menolak karena tidak ada bukti dan dianggap hayalan saja.

Suatu malam terjadi keributan yaitu Foot Clan menyandera orang-orang di stasiun kereta bawah tanah. April yang mendengar berita itu langsung menuju ke stasiun bawah tanah namun sayangnya ketahuan dan tertangkap. Sekali lagi muncul sosok yang sekelebat-sekelebat melumpuhkan para penjahat satu per satu dan setelah semuanya aman April keluar dari stasiun. Dia mendengar ocehan-ocehan dari atap rumah dan mengejarnya sekaligus memotretnya dengan kamera. Namun ulahnya ketahuan oleh kura-kura ninja. Mereka menyebut nama Donatello, Leonardo, Michaelangelo dan Raphael yang membuat April ingat sesuatu tapimasih bingung. Mereka mengatakan kepada April untuk tidak memberitakan tentang mereka dan mengembalikan handphonenya. Namun disaat mereka pergi April kembali memfotonya.

April kembali menunjukkan super hero baru kepada atasannya namun lagi-lagi atasannya mengira hanya hayalan saja dan ujung-ujungnya April dipecat. Dia kembali membuka rekaman video lama saat masih anak-anak dan terungkaplah bahwa nama-nama tadi adalah kura-kura yang pernah diselamatkan olehnya. April sangat menyukainya dan bahkan memberinya makan dengan pizza.

Keempat kura-kura ninja kembali ke rumahnya diselokan secara diam-diam namun Splinter mengetahuinya sehingga dihukum dengan latihan karena belum saatnya untuk keluar dari selokan. Merekapun bercerita telah dilihat oleh April. Splinter pun langsung menyuruh mereka untuk membawa April ke tempat tersebut. Akhirnya April datang dan bertemu dengan Splinter. Splinter membuka rahasia bahwa ayahnyalah yang membakar tempat itu dan mengorbankan nyawa untuk melindungi semua orang dari rencana jahat Dr.Sacks.

Rupa-rupanya Dr.Sacks mempunyai seorang guru dari Jepang yang bernama Shreeder (Tohoru Masumane) yang memiliki pakaian dari besi dengan tangan dilapis banyak pisau. Shreeder merupakan pemimpin kelompok Foot Clan yang ingin menguasai dunia. Rupa-rupanya saat April menemui Dr.Sacks dirumahnya dan memberikan kartu namanya ternyata kartu nama tersebut berisi alat deteksi sehingga keberadaan kura-kura ninja dapat terendus. Terjadi pertarungan antara kura-kura ninja dan Foot Clan. Leonardo, Donatello dan Michaelangelo berhasil ditangkap.

Dr. Sacks melakukan pengambilan darah terhadap mereka bertiga dan rencananya darah tersebut akan digunakan untuk mencemari seluruh warga kota sehingga terkena mutagen. April berusaha menyelamatkan mereka namun kaca yang mengurung nya sangat kuat. Akhirnya disuntikkan zat adrenalin kepada ketiganya sehingga memiliki kekuatan dan berhasil memecahkan kaca tersebut.

Dr. Sacks dan Shreeder pergi ke menara tower untuk melepaskan mutagen dan Leonardo dkk mengejarnya. Terjadi pertarungan habis-habisan dan tentu saja kemenangan ada pada pihak yang benar. Tapi ingat seperti pada film super hero lainnya maka siap-siap akan ada seri kelanjutannya.

Megan Fox bermain kurang bagus dan tidak maksimal. Kura-kura ninja yang merupakan hasil kreasi komputer juga tampak kurang begitu hidup dan terkesan kaku. Shreeder juga tampak seperti animasi robot pada umumnya dengan gerakan bertarung yang kaku dan cenderung animasi yang kaku, tidak ada istimewanya.
 
Walaupun dilengkapi dengan unsur komedi namun terkesan tidak lucu karena dibuat-buat dan tidak natural. Mungkin karena film ini rencananya tayang pada tiga tahun yang lalu sehingga untuk saat ini sepertinya sudah kalah pamor dengan film-film sejenisnya. Walaupun diperuntukkan buat anak kecil namun cukup sulit untuk mencerna makna dan alur cerita bagi mereka karena bahasa gambar yang ditampilkan cukup membingungkan.

No comments:

Post a Comment