Saturday 6 September 2014

Guardians Of The Galaxy



Guardians Of The Galaxy

--------------------------------

Film ini diadaptasi dari cerita serial komik berjudul sama terbitan Marvel Comics yang muncul pertama kali pada tahun 1969 dan dibuat oleh Arnold Drake dan Gene Colan. Di Indonesia super hero yang terangkum dalam Guardians Of The Galaxy ini kurang populer dibandingkan super hero lainnya seperti Iron Man, Captain America, Spiderman dll namun tidak dengan di Amerika. Pada pemutarannya di Amerika Serikat memperoleh pendapatan sebesar 262 juta dollar lebih dan memecahkan rekor sebagai yang terbesar di tahun 2014, padahal baru empat minggu beredar.

Guardians Of The Galaxy terdiri dari lima sosok super hero dan uniknya super hero disini adalah berlatar belakang kriminal semua, berbeda dengan kebanyakan super hero lainnya yang berlatar belakang baik-baik saja. Peter Quill yang mempunyai sebutan Star Lord adalah manusia berdarah campuran dimana ayahnya adalah berasal dari planet lain dan ibunya adalah manusia bumi. Pekerjaannya sebagai pencuri benda-benda antik dan selanjutnya dijual kepada seorang kolektor. Gamora adalah gadis berkulit hijau yang berasal dari suku Zen Whoberi yang telah dimusnahkan oleh Thanos dan sekaligus mengadopsinya dan membesarkannya sebagai seorang pembunuh. Drax adalah seorang berbadan kekar yang penuh tato pada badannya dan keluarganya dibunuh oleh Ronan, kaki tangan Thanos. Dia bergabung dengan kelompok ini saat tinggal dipenjara. Groot adalah manusia tumbuhan yang berasal dari planet Taluhnia dan berpasangan dengan Rocket yang merupakan seekor rakun atau sejenis musang yang dapat berbicara dan cerdas serta pandai menggunakan senjata. Keduanya berprofesi sebagai pencuri.

Kisah dimulai pada tahun 1988 saat Peter masih berusia anak-anak duduk sambil mendengarkan lagu dalam kaset berjudul Awesome Mix Vol 1 melalui walkman. Kakeknya memanggil masuk kamar karena ibunya sedang sekarat. Ibunya memberikan sebuah kado sebelum meninggal. Peter yang sedih akhirnya berlari keluar rumah dimana suasana gelap gulita. Tiba-tiba muncul pesawat UFO yang menculik Peter dan membawanya jauh dari bumi. Penculiknya adalah Yondu Udonta yang diutus oleh seseorang yang tak lain adalah ayah Peter. Namun bukannya menyerahkan Peter kepada ayahnya melainkan diasuhnya sendiri.

Dua puluh enam tahun kemudian, Peter (Chris Pratt) sudah menjadi laki-laki dewasa dengan hobinya mendengarkan musik melalui walkman yang dibawanya pada saat diculik. Satu-satunya kaset lagu yang diputar berjudul Awesome Mix Vol 1 yang merupakan kesukaannya sejak kecil. Sekarang Peter bekerja mandiri dan berpisah dengan Yondu Udonta. Tugasnya kali ini adalah mencuri bola ajaib disuatu tempat untuk dijual pada seorang kolektor.

Peter berhasil mengambil bola ajaib dari tempat penyimpanan namun ternyata ada orang-orang yang berminat juga pada bola ajaib tersebut. Orang-orang itu adalah anak buah Ronan yang mempunyai ambisi untuk menaklukkan seluruh dunia. Peter berhasil kabur dari sana dan menuju ke planet Xandar untuk menjualnya kepada sang kolektor. Peter berusaha ingin tahu manfaat dari bola ajaib itu dan menyebut nama Ronan. Begitu mendengar nama itu sang kolektor begitu ketakutan dan tidak mau menerima bola itu.

Peterpun semakin penasaran dan diluar sudah ditunggu oleh Gamora (Zoe Saldana) yang ingin merebut bola tersebut. Perkelahian tak dapat dihindarkan. Muncul juga Groot manusia tumbuhan (disuarakan oleh Vin Diesel) dan Rocket seekor rakun (disuarakan oleh Bradley Cooper) yang ingin mengambil bola ajaib itu. Pertarungan di area publik tentu saja mengundang keramaian dan kehebohan sehingga datang polisi dan menangkap mereka semua. Keempatnya dikirim ke penjara ruang angkasa.

Di dalam penjara Gamora bertemu dengan Drax (Dave Bautista) yang ingin membalas dendam atas kematian keluarganya yang dibunuh oleh Ronan yang merupakan kaki tangan Thanos. Gamora adalah anak angkat Thanos. Terjadi keributan diantara mereka berdua namun untunglah Peter dapat menengahinya sehingga terjadilah kesepakatan apabila bola ajaib dijual maka akan dibagi rata hanya Drax yang masih mengutamakan balas dendam.

Dengan kecerdikan dan kepintaran Rocket maka mereka berhasil kabur dari penjara ruang angkasa dengan cara merusak sistim anti gravitasinya. Mereka menuju ke suatu tempat yang ditunjukkan oleh Gamora bahwa ada kolektor lain yang mau membeli bola ajaib itu. Selama menunggu sang kolektor maka mereka mabuk-mabukan di bar. Drax rupa-rupanya menghubungi Ronan dan memberitahukan keberadaannya ditempat itu. Ronan dan pasukannya datang maka Drax pun menantangnya berkelahi, sayangnya Drax kalah.

Peter dan Gamora menemui sang kolektor dan sang kolektor menjelaskan bahwa bola ajaib itu adalah senjata yang dapat memusnahkan sebuah planet. Tak disangka anak buah sang kolektor memegang isi dari bola ajaib sehingga hancur terbakar dan menimbulkan ledakan di tempat itu. Peter dan Gamora berhasil menyelamatkan diri dan memasukkan isinya kembali ke dalam bola ajaib.

Peter dan Gamora dikejar oleh pesawat anak buah Ronan termasuk Nebula yang merupakan saudara angkat Gamora. Gamora kalah dan lepas keluar angkasa sehingga membuatnya nyaris terbakar, untunglah Peter menyelamatkannya dengan memberikan masker khususnya. Peter berkorban untuk Gamora. Disaat yang sama datang Yondu menyelamatkan mereka berdua. Sayangnya bola ajaib berhasil diambil musuh.

Yondu ingin membunuh Peter karena merasa dikhianati namun lagi-lagi Peter berhasil meyakinkannya sehingga tidak jadi. Groot, Rocket dan Drax ingin menolong dengan mendatangi pesawat Yondu. Namun Peter sudah berbicara lebih dulu.

Peter memperingatkan Nova corp bahwa planet Xandar akan dihancurkan oleh Ronan sehingga dikirimlah pesawat-pesawat terbang untuk melawan pesawat Ronan yang besar. Drax, Groot dan Rocket bertugas menembak pesawat Ronan sampai berlubang. Gamora bertugas mematikan power dan bertarung dengan Nebula. Yondu menyerang pesawat anak buah Ronan. Pasukan pesawat Nova corp bergabung satu sama lain membentuk jaring raksasa untuk menahan pesawat Ronan yang diarahkan ke daratan planet Xandar.

Pesawat Nova corp tidak berhasil menahan laju pesawat Ronan. Groot memanjangkan dahan-dahannya dan membentuk bola lingkaran yang melindungi Peter, Gamora, Drax dan Rocket didalamnya. Groot mengorbankan diri pada saat pesawat jatuh. Ronan akan menghantamkan palunya ke tanah namun Peter berjoget didepannya sehingga membuat Ronan bingung. Rocket menembak palu yang berisi batu ajaib sehingga batunya terlepas dan Peter berhasil menangkap dengan tangannya. Tubuh Peter mulai terbakar namun Gamora memegang tangan Peter sehingga beban terbagi menjadi dua, Drax menyusul memegang tangan bergandengan, dilanjutkan Rocket yang memegang tangan. Mereka selamat karena beban terbagi menjadi empat. Ronanpun dapat dikalahkan.

Sesuai kesepakatan maka Peter memberikan bola ajaib kepada Yondu. Sekembalinya Yondu kedalam pesawat maka Yondu membuka bola ajaib itu dan ternyata isinya adalah boneka. Akhirnya Peter memberikan bola ajaib itu kepada kepolisian Nova corp untuk disimpan. Rocket memasang potongan tubuh Groot ke dalam pot dan ternyata tumbuh menjadi Groot junior. Merekapun sepakat untuk melanjutkan petualangan dengan Peter sebagai pemimpinnya.

Karena kesuksesannya maka penulis menebak bahwa akan ada kelanjutannya untuk seri kedua mengingat diberikannya petunjuk tentang ayah dari Peter Quill. Penulis dapat menyimpulkan bahwa ayahnya adalah orang yang baik dan berasal dari planet lain yang kuno. Ada kemungkinan seri keduanya akan menceritakan tentang pencarian ayahnya.

Film yang cukup menghibur dan dapat membuat rileks yang menonton apalagi melihat tingkah laku pemainnya yang lucu dan mampu mengundang tawa penonton. Unsur drama dibuat cukup menyentuh hati pemirsanya. Perkelahian dan pertarungan cukup seru dan menghibur ditambah lagi tembak-menembak dengan pesawat terbang yang cukup menegangkan. Visual ruang angkasa dan planet-planet nya cukup mengesankan

Permainan Chris Pratt cukup cemerlang yang mampu menunjukkan sosok yang serius dan juga dapat berlaku jenaka. Zoe Saldana bermain dengan bagus dan mampu berkelahi dengan baik. Dave Bautista juga dapat memerankan sosoknya yang berotot dan perkasa dengan baik. Pengisi suara Vin Diesel dan Bradley Cooper juga mampu menghidupkan karakter yang dimainkannya dan menjiwai personifikasinya. Walaupun Vin Diesel hanya berkata I am Groot berulang-ulang dan sekali We are Groot selama dalam film tidak membuatnya monoton.

Lagu-lagu yang ada dalam film ini cukup membuat penonton terlarut dalam iringan musik yang dapat membuat bergoyang sedikit-sedikit. Lagu-lagu era 70an atau 80an cukup enak didengar di masa sekarang ini. Lagu yang berjudul Hooked On a Feeling dari Blue Swede sampai lagu berjudul I Want You Back dari Jackson 5 menghiasi film ini. Tak heran gara-gara film ini maka album Awesome Mix Vol.1 mampu bertengger paling atas di Billboard chart. Hal ini menunjukkan penonton memang menyukai lagu-lagunya.

Berikut daftar lagu yang ada dalam album Awesome Mix Vol.1 antara lain Hooked On A Feeling – Blue Swede, Go All The Way – Raspberries, Spirit In The Sky Norman – Greenbaum, Moonage Daydream - David Bowie, Fooled Around And Fell In - Elvin Bishop, I'm Not In Love - 10cc, I Want You Back - Jackson 5, Come And Get Your Love – Redbone, Cherry Bomb - The Runaways, Escape (The Pina Colada - Rupert Holmes, O-O-H Child The Five – Stairsteps dan Ain’t No Mountain High Enough – Marvin gaye.

No comments:

Post a Comment