Tuesday 7 April 2015

Fast & Furious 7


Fast & Furious 7
--------------------

Film ini adalah sebuah film yang istimewa. Mengapa ? Pertama, karena salah satu aktornya yaitu Paul Walker meninggal dunia ketika film masih belum selesai syuting. Banyak rumour yang beredar apakah akan mematikan tokoh tersebut atau menggantinya dengan orang lain sehingga penonton merasa penasaran ingin melihat langsung filmnya. Kedua, sebagai upaya untuk melihat terkahir kalinya aktor kesayangan dan bernostalgia. Ketiga, banyak adegan spektakuler dalam film ini yang patut diacungi jempol. Keempat, jika anda penggemar Jason Statham dalam serial Transpotternya yang jago berkelahi dan tembak-menembak maka dalam film ini berperan sebagai antagonis dengan kemampuan yang sama. Tentu saja menarik bila pertarungan terjadi antara Vin Diesel melawan Jason Statham.

Film ini merupakan seri ketujuh dengan pemain yang masih sama diantaranya Brian (Paul Walker), Toretto (Vin Diesel), Letty (Michelle Rodriguez), Hobbs (Dwayne Johnson) dan Roman (Tyrese Gibson). Sutradara muda yang masih berumur 38 tahun dan berasal dari Malaysia yaitu James Wan didapuk untuk menggawangi aksi-aksi mereka.

Kisah di mulai dengan adanya balas dendam dari Deckard Shaw (Jason Statham) yang merupakan kakak dari Owen Shaw (Luke Evans). Owen Shaw adalah musuh yang telah dikalahkan oleh Toretto dkk pada seri keenam dan kondisinya sedang koma di rumah sakit sekarang. Deckard membunuh Han di Tokyo dan nyaris membunuh Hobbs di markasnya sendiri CIA. Setelah mengambil data-data kelompok Toretto. Deckard juga nyaris membunuh Toretto dan Brian dengan mengebom rumahnya sampai hancur berantakan.

Tentu saja Toretto ingin membalas dendam juga karena hidupnya tidak tenang dengan adanya teror yang ingin menghancurkan hidupnya dan keluarganya. Muncul seseorang yang disebut Mr.Nobody (Kurt Russell) yang merupakan agen rahasia pemerintah Amerika menawarkan kerja sama buat Toretto. Mr.Nobody mendapat rekomendasi dari Hobbs. Dia menawarkan pada Toretto untuk menyelamatkan seorang yang bernama Ramsey dari tahanan Jakande (Djimon Hounsou) kaum pemberontak di Somalia. Ramsey adalah orang yang membuat alat “Mata Tuhan” yang dapat mendeteksi lokasi seseorang melalui kamera CCTV atau handphone di mana saja. Bila berada ditangan yang salah maka alat ini bisa disalahgunakan. Sebaliknya Toretto dapat meminjam alat ini untuk mencari persembunyian Deckard.

Toretto dkk pergi menyelamatkan Ramsey yang ternyata seorang wanita yang masih muda. Mobil-mobil dikirim melalui pesawat dan diterjunkan untuk mencegat konvoi. Mobil-mobil beterbangan dari tempat tinggi dan selanjutnya mendarat dengan aman. Adegan spektakuler ini konon nyata dan bukan buatan komputer. Penyelamatan ini tidak mudah begitu saja dan mendapat perlawanan dari pasukan Jakande juga Deckard. Kejar-mengejar mobilpun penuh dengan aksi juga tembak-menembak. Brian mendapat perlawanan dari Kiet (Tony Jaa) dan perkelahian tangan kosong pun terjadi. Adegan Brian menyelamatkan diri dibantu oleh Letty dari mobil yang jatuh ke jurang juga spektakuler.

Ramsey menitipkan alat penemuannya pada temannya yang bernama Safar di Abu Dhabi. Namun Safar menjual alat tersebut pada pangeran Arab. Tugas baru Toretto adalah mengambil alat tersebut yang disembunyikan dalam mesin mobil milik pangeran Arab tersebut. Celakanya lagi mobil tersebut disimpan dalam apartemen paling atas karena bagus dan mahal serta langka. Tingkah laku mereka diendus oleh para pengawal pangeran sehingga terjadi kekacauan dan pertarungan. Giliran Letty bertarung tangan kosong dengan pengawal wanita yang seru dan menghibur.

Deckard ikut datang juga ke tempat tersebut menambah runyam kekacauan yang terjadi. Tidak ada tempat untuk meloloskan diri bagi Toretto dan Brian yang berada di apartemen lantai atas. Muncul ide untuk menerbangkan mobil mereka ke gedung lain yaitu Etihad Tower. Tak tanggung-tanggung dua buah gedung dilompati oleh mobil mereka. Itulah adegan spektakuler lainnya yang membuat penonton kagum karena belum pernah ada dalam film selama ini

Selanjutnya Toretto menyerahkan alat “Mata Tuhan” pada Mr.Nobody dan sesuai janjinya Toretto diijinkan untuk menggunakannya mencari lokasi Deckard. Lokasi Deckard ditemukan dan dilakukan penyerbuan ke tempat tersebut. Rupa-rupanya Jakande dan pasukannya juga ikut datang untuk merebut alat “Mata Tuhan” sehingga terjadilah tembak-menembak. Toretto serta kawan-kawan melarikan diri karena kalah dalam jumlah. Alat “Mata Tuhan” terjatuh dan diambil oleh Jakande.

Ramsey menyusun ide untuk menghack alat tersebut namun menemui kendala karena Jakande mencari keberadaan Ramsey dan tentu saja mudah menemukannya berkat alat itu. Ramsey berpindah dari satu mobil ke mobil lain untuk menyelamatkan diri dan sekaligus mengupload program untuk menghack alat tersebut. Kendala lain muncul karena gedung pemancar signal internet dihancurkan oleh Jakande setelah tahu dihack. Satu-satunya cara adalah menggunakan pemancar telepon dengan bantuan Brian namun mendapat perlawanan dari Kiet. Sekarang Brian berhasil mengalahkan Kiet karena lebih cepat.

Hobbs yang sedang berada di rumah sakit memutuskan keluar dan membantu Toretto dan kawan-kawan dan berhasil membunuh Jakande. Selanjutnya Toretto berhadapan dengan Deckard dan terjadi pertarungan yang seru. Deckard berhasil dikalahkan dan dijebloskan ke dalam penjara.

Brian memutuskan untuk melanjutkan hidupnya bersama keluarga dan membesarkan anaknya yang lucu serta istrinya yang sedang hamil. Toretto dapat memahami bahwa keluarga memang penting. Terlebih lagi Letty sudah ingat kembali memorynya yang hilang.

Untuk mengenang almarhum Paul Walker maka di akhir film digambarkan kaleidoskop mengenai tokoh Brian dari seri pertamanya empat belas tahun yang lalu sampai seri terakhir. Kalimat-kalimat Toretto cukup puitis dan mengharukan yang bisa membuat penonton menitikkan air mata. “Walaupun engkau telah pergi tapi engkau tetaplah saudaraku”, demikian kurang lebih kata-kata yang diucapkan Toretto.

Kelebihan film ini adalah banyak adegan spektakuler yang muncul dan membuat penonton terpana. Permainan bintang-bintang kelas atas Paul Walker, Vin Diesel, Jason Statham, Michelle Rodriguez dan Dwayne Johnson dapat memerankan dengan baik karakternya.

Ada kekurangan sedikit saja yaitu wajah Paul Walker yang diedit menggunakan komputer masih terlihat tidak smooth dan terasa bukan wajah aslinya. Ini terlihat ketika dia menelepon istrinya, dipantai bersama keluarganya dan ketika mengendarai mobil di akhir film.

Film ini bagus sekali dan banyak menyuguhkan adegan perkelahian, pertarungan, tembak-menembak, dan kebut-kebutan. Walaupun demikian ada unsur humor sebagai selipan untuk memecahkan suasana yang serius. Penulis merekomendasikan untuk menontonnya.


No comments:

Post a Comment