Monday 21 September 2015

Maze Runner : The Scorch Trials


Maze Runner : The Scorch Trials
-----------------------------------------



Apa arti sebuah kebebasan ? Bila dalam kebebasan itu tetap dikejar-kejar dan diburukesana-kemari. Memang kata bebas dalam film ini menjadi sebuah kata yang penuh makna dan arti dalam menerjemahkannya.

Film ini merupakan seri kedua yang diambil dari serial novel trilogi The Maze Runner dengan judul The Scorch Trials hasil karya James Dashner yang terbit pada tahun 2010 dan diterbitkan oleh Delacorte Press serta Random House. Film pertamanya yang berjudul The Maze Runner sudah muncul di bioskop pada tahun 2014.

Film The Scorch Trials ini masih di sutradarai oleh Wes Ball seperti dalam film pertamanya. Dia adalah seorang sutradara muda berusia 35 tahun. Demikian juga dengan para pemainnya yaitu Thomas yang diperankan oleh Dylan O’Brien, Minho diperankan oleh Ki Hong Lee dan Teresa diperankan oleh Kaya Scodelario.

Menyambung dari seri pertamanya maka Thomas terbangun dari tidurnya dan berada di helikopter yang telah menyelamatkannya sebelumnya. Helikopter membawanya ke sebuah markas tentara di padang pasir. Sesaat sebelum menuju pintu gerbang ternyata ada gerombolan zombie yang menyerang mereka. Untunglah para tentara dengan senjatanya dapat melindungi mereka. Zombie di sini disebut dengan crank.

Thomas, Minho, Teresa dan kawan-kawan yang selamat bergabung ke dalam markas tersebut yang dipimpin oleh Janson (Aidan Gillen). Janson memberikan mereka tempat tinggal yang nyaman dan makanan yang enak. Hanya saja dia mengatakan bahwa tempat ini adalah sementara dan mereka akan dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Mengingat adanya keterbatasan maka mereka akan dipindah secara bertahap dan nama-namanya akan diumumkan semacam lotere oleh Jansen.

Disana sudah ada remaja-remaja lainnya berjumlah ratusan yang juga selamat dari labirin-labirin yang dibuat oleh WCKD. Dalam perkenalan, kelompok Thomas tak segan menyebut Thomas sebagai ketuanya. Salah satu remaja bernama Aris (Jacob Lofland) tampak berbeda dengan lainnya, menyendiri dan aneh tingkah lakunya. Rupa-rupanya Aris memperhatikan semuanya itu.

Ketika Thomas sedang tidur di malam hari, tiba-tiba muncul Aris dari lubang angin-angin dan mengajaknya untuk melihat sesuatu. Thomas penasaran dan akhirnya mengikutinya. Mereka mengintip dari lubang angin terhadap suatu ruangan dimana ada orang yang sakit atau terbaring di ranjang dan dibawa masuk ke ruangan. Orang yang masuk ke dalam tidak akan pernah keluar lagi. Thomas menanyakan kepada Aris mengapa dia yang dipilih untuk melihat ini semua. Aris menjawab karena Thomas adalah berbeda dari yang lainnya dan Thomas adalah seorang ketua.

Thomas merasakan ada yang tak beres dan ada yang dirahasiakan di markas ini. Thomas tidak melihat Teresa lagi sejak kedatangan pertama kali dan diperiksa oleh dokter padahal yang lainnya sudah lengkap berkumpul. Namun suatu ketika Thomas melihat Teresa lewat bersama dokter dan dia ingin bertemu namun dilarang oleh penjaga pintu. Sehingga terjadi sedikit keributan. Hal ini dimanfaatkan Thomas untuk mencuri kartu identitas penjaga tersebut.

Di malam hari Aris dan Thomas kembali masuk lubang angin-angin dan menuju ruangan rahasia itu. Dengan modal kartu identitas penjaga yang dicuri maka mereka masuk kedalam. Betapa terkejutnya mereka banyak remaja-remaja yang digantung dan terhubung dengan selang-selang dalam laboratorim itu. Rupa-rupanya mereka adalah orang-orang yang memenangkan lotere yang namanya dipanggil untuk dipindahkan ke tempat aman. Jadi mereka tidak pindah melainkan dijadikan ajang percobaan laboratorium.

Tiba-tiba Janson muncul dan melakukan pembicaraan video dengan Ava Paige (Patricia Clarkson) yang merupakan ketua WCKD. Terungkap sudah bahwa Janson adalah anggota WCKD juga. Ava Paige memerintahkan Janson untuk membunuh Thomas dan kelompoknya. Thomas dan Aris dengan tergesa-gesa kembali ke kamar dan mengajak semuanya kabur.

Terjadi kejar mengejar antara mereka dan pada saat-saat kritis Thomas dan kawan-kawan berhasil meloloskan diri dari markas. Namun diluar markas ternyata padang pasir yang gelap sehingga mereka harus tetap lari karena pasukan WCKD tetap mengejar mereka.

Akhirnya mereka tiba di suatu gedung yang gelap dan mereka berusaha menghidupkan listrik untuk meneranginya. Begitu listrik dihidupkan ternyata muncul zombie-zombie atau crank-crank yang mengejar mereka. Lagi-lagi mereka harus lari untuk menyelamatkan diri karena crank disini larinya juga kencang. Sayangnya Winston terkena cakaran pada perutnya dari crank sehingga mengakibatkan tertular. Dari pada berubah menjadi crank dia memutuskan untuk bunuh diri.

Perjalanan dilanjutkan untuk mencari pasukan tentara bernama The Right Arm. Nama ini didengar oleh Thomas pada saat pembicaraan antara Paige dan Janson bahwa pasukan inilah yang melawan mereka dan menghancurkan beberapa markas WCKD

Selanjutnya mereka bertemu dengan kelompok Brenda dan Jorge yang merupakan kelompok orang-orang yang selamat dan bertahan hidup. Begitu tahu bahwa mereka adalah orang-orang buruan WCKD yang ingin bertemu dengan The Right Arm maka Jorge menahan mereka. Jorge ingin menjual mereka ke WCKD.

Tiba-tiba pasukan WCKD menyerang markas Jorge. Untunglah Thomas dan kawan-kawan berhasil lolos. Brenda membantu untuk mengeluarkan mereka. Mau tak mau Jorge yang menyayangi Brenda juga membantu mereka. Brenda dan Thomas terpisah dari yang lainnya. Mereka berdua kini harus lari dari kejaran crank yang ada di saluran-saluran got. Sayangnya kaki Brenda terkena cakaran crank.

Kemudian mereka berdua melanjutkan perjalanan untuk menemui Marcus yang tahu keberadaan The Right Arm. Brenda yakin Jorge dan lainnya pergi menemui Marcus juga. Sayangnya Marcus tidak mengaku dan bahkan membuat Thomas dan Brenda Mabuk. Rupa-rupanya Marcus tidak pernah mengantarkan remaja-remaja ke The Right Arm melainkan menjualnya kepada WCKD.

Perjalanan dilanjutkan ke daerah pegunungan dan akhirnya menemukan The Right Arm walaupun sempat terjadi tembak-menembak sebelumnya. Untunglah mereka mengenali Aris yang merupakan teman selabirin. Ternyata kelompok ini bukanlah tentara seperti yang diperkirakan melainkan kumpulan anak muda dan ketuanya memang mantan tentara.

Tiba-tiba Brenda sakit parah karena cakaran crank dan hendak ditembak oleh Vince. Untunglah ada dokter Mary yang mengenali Thomas. Dia mengatakan Thomas adalah mata-matanya yang bekerja dengannya di WCKD. Dia mengambil darah Thomas dan menjadikannya obat untuk Brenda. Namun obat ini akan diperlukan terus menerus.

Thomas mencari Teresa yang berada di perbukitan seorang diri. Teresa mengatakan bahwa dirinya rela untuk diambil darahnya oleh WCKD menjadi obat bagi semua orang. Untuk itu dia menginformasikan keberadaan mereka saat ini kepada WCKD. Thomas terheran-heran dengan teresa yang mengkhianatinya dan semua orang. Benar, pasukan WCKD sudah berada di depan mata. Mereka menyerang semua orang dilembah dan tentunya tidak seimbang perlawanannya karena tidak siap.

Semua tertangkap termasuk Thomas yang menyerahkan diri. Dokter Mary ditembak oleh Janson. Untunglah Jorge dan Brenda menembaki mereka sehingga terjadi pertarungan seru antara dua kelompok. Paige dan Janson berhasil melarikan diri dengan membawa Teresa dan Minho serta remaja-remaja lainnya. Thomas tidak berdaya mencegahnya.

Keesokan paginya Vince ingin pergi mencari daerah aman untuk membangun kembali kelompoknya dari awal. Thomas meminta ijin untuk kembali ke WCKD untuk menyelamatkan para remaja yang ditawan walaupun sendirian. Pada akhirnya Vince dan yang lain setuju untuk pergi bersama Thomas membebaskan para tawanan. Bersambung ke seri tiga.

Film ini pada umumnya menarik sekali dengan adegan lari dan lari. Sutradara Wes Ball yang masih muda berusaha menampilkan gejolaknya dalam peran-peran remaja disini. Walaupun belum banyak pengalaman namun dengan kemampuannya sebagai visual effect artist dan graphic artist menjadi tidak asing lagi dengan dunia film.

Spesial efek dengan menjadikan gedung-gedung tinggi berubah menjadi rongsokan nampak seperti aslinya. Natural dan tidak berlebihan.

Dylan O’Brien bermain dengan baik dan mampu memerankan sosok tokoh yang pemberani. Penampilannya terlihat kucel dan kumus-kumus karena berlarian terus sehingga cocok dengan karakter yang dimainkannya. Dylan mampu berdramatik dengan adegan sedih, kecewa serta galau. Ekspresi wajahnya dan kesedihan matanya dapat terlihat natural. Rosa Salazar yang berperan sebagai Brenda mampu mengimbangi permainan Dylan. Sosoknya yang tomboy selaras dengan penampilannya. Kaya Scodelario bermain biasa saja dan tidak istimewa.

Kelemahan dari film ini adalah pertama, ketika Thomas dan kawan-kawan keluar dari markas WCKD di kawasan padang pasir dan menemukan sebuah gedung untuk bersembunyi. Jarak antara markas dan gedung tidak terlalu jauh. Seharusnya pasukan yang mengejarnya pasti tahu tentang gedung tersebut. Kedua, ketika Teresa memberitahu keberadaan mereka dan The Righr Arm di pegunungan. Dengan cara apa Teresa menghubungi ? Dia tidak membawa telepon atau alat komunikasi apapun. Ketiga, zombie atau crank digambarkan berbeda dengan film zombie pada umumnya yang memiliki gerak lambat namun disini memiliki gerak cepat. Bila ingin gerakan cepat seharusnya tidak memakai zombie melainkan monster lainnya saja. Keempat, tidak ada monster seperti dalam film pertamanya misalnya Grivier atau buat yang baru lagi.

Dalam seri kedua ini unsur drama lebih menonjol dibandingkan seri sebelumnya. Kesetiaan dan pengkhianatan juga akan mengaduk-aduk emosi penonton. Film ini layak ditonton dan lebih bagus dari seri pertamanya.

11 comments:

  1. Nonton Film Online disini aja guys

    nonton film online

    ReplyDelete
  2. Min maaf interupsi.. Ingat gak pas thomas dkk berhasil lolos dari tali yg ngiket mereka terbalik? Kan pas mau kabur tau2 anggota nya jorge ngegapin dan ngelapor ke janson dgn alat semacem walkie talkie gitu, nah itu pasti diambil teresa

    ReplyDelete
  3. Min maaf interupsi.. Ingat gak pas thomas dkk berhasil lolos dari tali yg ngiket mereka terbalik? Kan pas mau kabur tau2 anggota nya jorge ngegapin dan ngelapor ke janson dgn alat semacem walkie talkie gitu, nah itu pasti diambil teresa

    ReplyDelete
  4. Streaming film online 2016 full download lengkap dengan serial drama korea dan west series serta nonton streaming bola dan top film terlaris dari Indonesia streaming film online topfilm21.com

    ReplyDelete
  5. Apa cuma saya yg baru nonton film ini di tahun 2020? Seneng banget sama film yg seperti ini, tegang pas nonton nya,cerita nya bikin penasaran dan jadi nebak² sendiri! Salut buat penulis buku dan naskah nya! Buat sutradara dan kru film nya juga jempolan, bener² seperti real. Sampai ngebayangin bagaimana kalau memang itu benar² terjadi di tahun mendatang! Wallahu Alam... Terima Kasih juga buat yg sudah me-review dan tulis sinopsis film ini ! Good job

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah gua juga baru nonton bro 😂

      Delete
    2. Lah gw kemana aja ya baru nonton 2021 wkwk

      Delete
    3. Sama nih , nntn di global tv kan, wkwkwk

      Delete
  6. Mantap bang nonton filem onlen lanjutkn filem filem lainya

    ReplyDelete