Sunday, 20 September 2015

The Transporter : Refueled


The Transporter Refueled
-------------------------------------

Film ini adalah seri keempat dari serial Transporter yang ada dimana semuanya diproduseri oleh Luc Besson. Pria kelahiran Perancis ini bertindak sekaligus sebagai sutradara. Pada seri pertama sampai ketiga dibintangi oleh Jason Statham sedangkan pada seri keempat ini digantikan oleh Ed Skrein. Seri pertama sudah muncul pada tahun 2002 dan seri keduanya dirilis pada tahun 2005 sedangkan seri ketiganya hadir pada tahun 2008.
 

Jangan terkecoh dengan tampilan posternya karena sekilas mirip dengan Jason Statham karena pengambilan fotonya dari sisi samping sehingga bentuk kepala yang agak botak dengan potongan rambut cepak akan menganggap itu Jason Statham. Entahlah mengapa sang sutradara mengganti Jason Statham. Kalau menurut penulis mungkin bayarannya sangat mahal sehingga tidak mampu lagi mempekerjakannya. Sedangkan Ed Skrein tidaklah sepopuler Jason Statham sehingga bayarannya lebih murah.
 

Kisah dimulai pada tahun 1995 di Perancis. Karasov pemimpin prostitusi Rusia dibantu oleh Yuri dan Leo Imasova menyerang saingannya dijalanan dan kini menjadi pemimpin disana. Anna (Loan Chabanol) dipaksa menjadi pelacur oleh Karasov dan diintimidasi akan dibunuh bila melawan atau melarikan diri. Ciri khas anak buah Karasov adalah memakai kalung khusus.
 

Lima belas tahun kemudian Anna bersama dengan Gina, Maria dan Qiao merencanakan untuk kabur dari Karasov dan sekaligus balas dendam. Dia membunuh akuntan pribadi Karasov yang memiliki daftar rekening-rekening bank. Selanjutnya mereka merampok rekening milik Karasov di sebuah bank dengan mendatangi bank tersebut di siang hari. Anna dan dua orang temannya berpakaian yang sama dan rambut yang sama sehingga menyulitkan penyelidikan.
 

Sebelum itu Anna sudah menghubungi Frank Martin (Ed Skrein) sebagai seorang kurir untuk menjemputnya di depan bank tersebut dan mengantarkannya disuatu tempat. Frank tidak mau mengantar karena penumpangnya ada tiga orang padahal dikiranya hanya satu orang yaitu Anna. Namun Anna menunjukkan video ayah Frank yang disandera oleh mereka. Dengan terpaksa Frank bersedia mengantar walaupun harus kejar-kejaran dengan polisi.
 

Tibalah mereka di markas Anna dan didapati ayahnya sedang diborgol. Frank meminta untuk membebaskannya tapi Anna memberikan penawaran pekerjaan lagi dan harus diterima karena ayahnya sudah diracuni. Bila pekerjaan selesai maka penawarnya akan diberikan. Frank mau tak mau harus menurutinya.
 

Anna, Maria and Qiao pergi ke klub milik Leo Imasova. Frank membantu memasang tabung untuk membius menggantikan tabung asap yang digunakan para DJ diskotik. Semua pengunjung terbius termasuk Leo. Merekapun beraksi membobol rekening bank milik Leo dan mentransfernya ke rekening Anna. Frank hendak keluar tapi menemui halangan dari anak buah leo sehingga terjadi pertarungan yang seru. Akhirnya mereka berhasil lolos dari tempat tersebut.
 

Keesokan harinya Gina merayu dan menyandera pilot pesawat yang hendak menerbangkan Yuri. Gina membayar beberapa orang untuk menjaga sang pilot agar bila ditelepon akan menjawab sakit. Dan benar, Yuri tidak percaya begitu saja karena Pilot digantikan oleh ayah Frank dan pramugari diganti oleh Gina. Yuri menelepon sang pilot dan menanyakan apakah dia sakit dan dijawab sakit.
 

Selanjutnya Gina membius Yuri dan ayah Frank membuat co pilot menjadi pingsan. Alhasil pesawat berjalan sendiri tanpa ada yang mengemudikannya. Gina dan ayah Frank berusaha meloloskan diri dan meminta bantuan kepada Frank. Frank berhasil menyelamatkan ayahnya dan Gina tapi sayangnya Gina tertembak oleh anak buah Yuri.


Untunglah Gina dapat diselamatkan walaupun dengan obat apa adanya. Merekapun berterima kasih dan mengatakan bahwa sebenarnya ayahnya tidak diracun. Hal ini dilakukan agar Frank mau membantu mereka. Akhirnya Frank dan ayahnya pergi meninggalkan mereka karena perjanjian sudah selesai.
 

Frank mengantarkan ayahnya ke suatu tempat. Tak lama setelah itu ada telepon dari ayahnya tapi yang bicara adalah Karasov. Karasov menculik ayahnya dan meminta imbalan dengan membawa tiga orang gadis perampoknya. Karasov mengira satu orang telah mati terbakar bersama dengan akuntannya.
 

Frank kembali ke markas Anna dan mengatakan kejadian tersebut. Anna, Maria, Qiao setuju untuk ikut bersama Frank menemui Karasov. Tiba di kapal milik Karasov Frank minta barter dilakukan antara ayahnya dan ketiga gadis itu. Dilain tempat Gina melakukan penyadapan terhadap komputer milik Karasov terutama passwordnya.
 

Tiba-tiba muncul Leo dan Yuri didalam kapal. Leo dan Yuri selama ini mencurigai Karasov adalah otaknya dan Anna pada kesempatan itu membenarkan. Karasov ingin membuktikan bahwa tabungan di rekeningnya saldonya hanya sedikit yaitu $120 juta. Karasov memperlihatkan rekeningnya dan pada saat bersamaan password tersebut diketahui Gina. Dan secara cepat Gina mentransfer $200 juta dari rekening Anna ke rekening Karasov. Sehingga pada saat rekening Karasov dilihat oleh Yuri dan Leo berubah menjadi $320 juta. Jadi kecurigaan mereka berdua benar sehingga terjadi tembak-menembak antara kubu Karasov dan kubu Yuri-Leo. Selanjutnya Gina mentransfer kembali semua uang ke rekening Anna.
 

Pertempuran seru terjadi antara tiga pihak sehingga menyebabkan tewasnya Yuri dan Leo. Tak disangka Gina, Maria dan Qiao juga tewas. Pertarungan kini beralih ke Karasov dan Frank yang sampai ke ujung bukit. Frank nyaris kalah dan untunglah Anna menembak Karasov lebih dulu.
 

Frank dan ayahnya berpisah dengan Anna yang pergi menyendiri di suatu tempat. Anna mentransfer uang jutaan dollar kepada keluarga Maria, Gina dan Qiao. Tak lupa Frank dan ayahnya mendapat transferan uang juga.
 

Film ini cukup seru dan menarik namun demikian masih belum bisa menyamai seri sebelumnya. Penampilan Ed Skrein terlalu kaku dan cara bicaranya seperti di dubbing di dalam studio. Entahlah apakah benar di dubbing atau tidak, yang jelas terasa datar dan hambar, tidak ada intonasi naik turun yang berarti. Sehingga tidak menimbulkan unsur dramatik sama sekali. Bila dibandingkan dengan penampilan Jason Statham tentu masih lebih baik Jason Statham. Hal ini tidak bisa dipungkiri.
 

Penampilan Loan Chabanol cukup lumayan wajahnya yang cantik setidaknya membantunya dalam berakting. Penampilan Ray Stevenson cukup mumpuni sebagai seorang pensiunan dan ayah Frank. Secara umum film ini lumayan sebagai tontonan yang menghibur.

No comments:

Post a Comment