Thursday, 30 July 2015

Antman

Antman
---------

Film ini mengadaptasi cerita komik dari penerbit Marvel Comics yang banyak melahirkan cerita tentang super hero. Antman dibuat oleh Stan Lee yang bernama lengkap Stanley Martin Lieber pada tahun 1962 dan muncul pada komik berjudul Tales to Astonish. Untuk pertama kalinya pada tahun 2015 ini super hero Antman dirilis filmnya.

Kisah dimulai pada tahun 1989, Hank Pym (Michael Douglas) terlibat pertengkaran dengan jajaran direksi perusahaan Pym Technologies sehingga memutuskan berhenti dari pekerjaannya.

Seperti biasanya latar belakang sang tokoh diungkapkan di awal cerita. Pada tahun sekarang ini, Scott Lang (Paul Rudd) adalah seorang pencuri yang baru bebas dari penjara San Quentin. Statusnya sudah bercerai dengan istrinya dan memiliki seorang anak perempuan, Cassie. Istri dan anaknya tinggal dengan suami baru yang bernama Paxton yang merupakan seorang polisi.

Kesedihan Scott semakin lama semakin memuncak. Susah mencari kerja dan begitu dapat kerja maka dia dipecat karena ketahuan pernah masuk penjara. Diusir oleh istrinya karena tidak pernah mengirim uang bulanan untuk anaknya. Paxton juga kurang menyukainya karena sudah jelas yang satu polisi dan satunya lagi mantan narapidana. Tidak punya uang dan tempat tinggal sehingga ikut nebeng di rumah Luis (Michael Pena), bekas teman satu sel.

Luis menawarkan pekerjaan mencuri lagi pada Scott yang awalnya ditolak namun pada akhirnya diterima. Scott masuk seorang diri ke dalam rumah yang menjadi target. Berbagai halangan pintu, gembok, sidik jari, pembeku nitrogen dapat diatasi. Harta yang dicari sudah ditemukan dan ternyata sebuah baju mirip baju selam. Tidak ada barang berharga layaknya uang atau emas atau permata. Scottpun kecewa.

Scott kembali pulang dan mencoba baju itu di kamar mandi. Tak disangka dirinya berubah menjadi kecil, sekecil semut. Petualangan lucupun terjadi dari sudut pandang manusia kecil. Akhirnya dirinya berubah kembali menjadi besar. Tak ingin terjadi apa-apa, dia mengembalikan baju itu ke rumah asalnya. Tapi begitu keluar dari rumah itu dirinya ditangkap polisi.

Selanjutnya Hank menyamar sebagai pengacara dan menawarkan kerjasama. Scott berhasil kabur dari penjara. Hank menceritakan segala sesuatunya termasuk dia adalah penemu dari baju tersebut. Scott harus menjadi Antman untuk kebaikan dan menggagalkan rencana Darren (Correy Stoll). Darren adalah bekas asisten Hank yang sekarang menjadi pimpinan di Pym Technologies yang sedang meneliti pengecilan tubuh seperti yang dimiliki oleh Hank.

Saat ini Hank sudah berhasil memperkecil benda mati namun gagal untuk makhluk hidup. Hal ini disebabkan karena Darren tidak melindungi otak atau kepala dengan helm. Hope (Evangeline Lily), anak dari Hank bekerja bersama Darren. Hope ingin menjadi Antman tapi ditolak oleh Hank karena Ibunya yang dulu pernah menjadi Beeman telah tewas dalam tugas. Sehingga dia tidak mau kehilangan keluarganya lagi.

Scott tidak hanya dilatih untuk berkelahi dan bertarung melainkan juga mengontrol semut. Dia membutuhkan suatu alat yang ada di SHIELD untuk aktivitas mencuri pakain kecil hasil karya Darren. Scott pergi ke SHIELD dan bertarung dengan Falcon dan pertarungan ini dimenangkan oleh Antman. Alatpun didapat.

Akhirnya Darren berhasil memperkecil seekor domba dan technologi ini akan dijual ke Hydra. Scott, Hank dan Hope dibantu oleh Luis dan kawan-kawannya merencanakan mencuri pakaian kecil milik Darren. Pada tanggal yang ditentukan Hank dan Hope hadir bersama Darren yang menjual technologinya ke Hydra. Antman terlambat untuk mencurinya bahkan terperangkap didalam kotak kaca. Semua melihat Antman sehingga terjadi kekacauan. Hank kena tembak dan Hope melakukan perlawanan terhadap kubu Darren.

Antman berhasil keluar dari kotak kaca. Darren berhasil lolos menggunakan helikopter. Hank dan Hope menggunakan mobil tank yang dibesarkan dari gantungan kunci untuk keluar dari gedung. Pym Technologies meledak dan hancur berantakan.

Terjadi pertarungan antara Antman dan Darren yang berubah jadi kecil dan menggunakan bajunya yang seperti robot. Darren berhasil dimasukkan dalam perangkap nyamuk. Namun Scott keburu ditangkap oleh Paxton. Darren berhasil lolos dan pergi ke rumah istri dan anaknya sekaligus menyandera anaknya. Scott berhasil lolos dan menuju ke rumah untuk menyelamatkan anaknya. Pertarungan terjadi lagi antara Antman dan Darren. Antman berhasil masuk ke baju Darren dan merusak peralatan di dalamnya. Antman terkena ledakan, hal yang sama pernah dialami oleh istri Hank dan terjebak dalam dunia lain karena menjadi sub atom. Dia teringat dengan anaknya terus dan memotivasinya untuk mencari jalan keluarnya dan berhasil. Antman kembali ke bentuk tubuh yang besar.

Setelah kejadian itu, Scott diterima oleh mantan istrinya dengan baik termasuk juga Paxton. Lalu Luis bercerita bahwa ada yang mencari dirinya yaitu Falcon.

Film ini terasa lumayan walaupun super heronya tampak kecil dan lawan juga kecil. Pertarungan dan pertempuran tidaklah sesengit dan seheboh Transformer yang besar lawan besar. Banyak iklan yang hadir di sini misalnya ice cream Baskin Robbins serta Yakult yang dikemas tanpa bermaksud beriklan. Contohnya Baskin Robin yang digambarkan sebagai perusahaan yang memecat Scott dengan seenaknya sendiri.

Permainan Michael Douglas sudah tidak perlu diragukan lagi begitu menghayatinya. Akting dari Paul Rudd bisa dibilang kurang dapat mendramatisir mimik wajah dan gerakan tubuhnya sehingga momen dramatis kurang bisa diwujudkan. Wajahnya yang tampan menjadi perisai untuk kekurangan tersebut. Permainan Evangeline Lily cukup lumayan ditambah dengan dia mampu berkelahi. Yang menarik adalah penampilan dari Michael Pena yang terlihat lugu dan agak sedikit ‘bloon’ sangat pas diperankannya.


Spesial efek yang dilakukan cukup bagus pada saat make over wajah Michael Douglas saat masih muda terasa halus. Semut-semut juga ditampilkan dengan lumayan walaupun tidak mendetail. Cukup menghibur sebagai tontonan saat malam minggu.

No comments:

Post a Comment