Wednesday 16 March 2016

Zootopia


Zootopia
---------

Cerita diawali oleh seekor kelinci perempuan bernama Judy Hopps yang bertubuh mungil dan bercita-cita menjadi polisi. Usaha dan latihan keras dilakukan untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Lulus dari akademi kepolisian dan mulai bekerja sebagai polisi di kota Zootopia. Sebuah kota yang penduduknya gabungan antara binatang ganas dan binatang jinak. Mereka hidup rukun dan damai karena ada kesepakatan dari para pendahulunya.

Hopps ditugaskan oleh kepala kepolisian Bogo untuk menjadi petugas tilang parkir. Dia kecewa karena merasa bisa menangani tugas-tugas berat seperti polisi lainnya. Namun karena tubuhnya yang kecil dan dari kelompok kelinci menjadikannya diberi tugas remeh. Namun Hopps bersedia melakukan tugasnya sebagai petugas tilang parkir dengan penuh semangat dan bahkan melebihi target.

Hopps berkenalan dengan Nick Wilde yang merupakan seekor rubah. Hopps sempat dikerjai oleh Nick karena keluguannya. Suatu saat Hopps memberanikan diri untuk menyelidiki kasus orang hilang selama 48 jam dan bila gagal harus mengundurkan diri sebagai polisi.

Penyelidikan Hopps menemukan keterkaitan antara kasus binatang hilang yang satu dengan yang lain. Hopps ditemani oleh Nick menyelidiki lebih lanjut saksi mata dan barang bukti. Akhirnya ditemukan fakta bahwa mereka yang hilang ditemukan disebuah tempat semacam laboratorium tersembunyi dan mereka berubah menjadi ganas. Rupa-rupanya pemimpin laboratorium itu adalah walikota Lionheart. Sang walikotapun ditangkap namun membela diri bahwa dia hanya mencegah binatang buas tersebut berkeliaran.

Masih ada satu pekerjaan rumah bagi Hopps yaitu siapakah otak dari semuanya ini. Rupa-rupanya secara tak sengaja Hopps menemukan bukti bahwa ada sebuah tanaman buah yang bila dimakan akan menunjukkan sifat asli binatang tersebut. Dan buah ini digunakan sebagai senjata untuk mengubah binatang-binatang menjadi buas. Penyelidikan selanjutnya membawanya kepada wakil walikota yang merupakan seekor domba yang berambisi menjadi walikota. Dia menyewa penembak bayaran untuk memberikan racun sehingga binatang-binatang berubah menjadi buas.

Film animasi ini cukup bagus dengan memperlihatkan wajah sebuah kota yang berisi berbagai macam binatang. Ada area tempat tinggal yang berupa salju, hutan dan kota mini serta kota metropolitan. Bentuk animasi binatang-binatangnya juga ok.


Ada unsur pembawa pesan dalam film ini yaitu mengenai bullying, menggapai cita-cita dan percaya diri. Cocok untuk hiburan bagi anak-anak.

2 comments: