Thursday 16 February 2012

Chronicle



Chronicle

Masih ingat dengan film berjudul cloverfield yang di rilis pada tahun 2008 ? Kalau ya, tentu pasti ingat ciri khas dari film tersebut. Gambar bergoyang, ya benar gambar bergoyang karena pengambilan gambar dilakukan dengan sistem hand carry camera. Sistem ini ingin menunjukkan bahwa kita seolah-olah ikut bermain dalam film itu dan sedang merekamnya secara langsung. Jadi kalau ada adegan berlari-lari maka gambar akan tampak bergoyang-goyang mengikuti orang yang sedang berlari.Sayangnya pengerjaannya masih kasar dan kurang lembut. Saya sendiri sampai pusing melihatnya. Kurang nyaman di mata dan mengakibatkan lelah dimata.

Film chronicle menggunakan sistem semi hand carry camera yaitu sebagian menggunakan rekaman secara langsung dan sebagian lagi seperti film normal lainnya. Pengerjaannya dilakukan dengan lebih baik dan lebih halus dibandingkan dengan cloverfield sehingga tidak membuat pusing kepala dan tidak membuat sakit mata.

Kalau kita teliti ada beberapa kelemahan dalam film ini yaitu pada saat Andrew, Matt and Steve latihan terbang di halaman gudang tua sedikit terlihat belitan kawat sling yang dipasang di badan mereka. Tampak juga tubuh mereka lebih gemuk karena dipasangnya kawat sling tsb. Demikian juga saat terbang bertiga di awan tampak seperti dalam studio, kurang alami.

Apa penyebab mereka menjadi sakti dan bagaimana bisa mereka menjadi sakti serta mengapa bisa selamat dan keluar dari gua, ternyata tidak dijelaskan. Padahal bila diekspos tentang hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri.

Apa dan bagaimana kematian Steve tidak ditampilkan dalam film. Suatu hal yang patut disayangkan karena Steve bagaimanapun juga adalah salah satu dari 3 orang sakti tsb. Walaupun kita hanya bisa membayangkan Steve dibunuh oleh Andrew namun kita tidak akan tahu dengan cara apa Steve dibunuh. Seperti apakah mimik wajah Andrew saat membunuh tentu saja akan menjadi suatu kelebihan bila ditampilkan.

Menurut saya film ini adalah sebuah klise yang ceritanya mudah ditebak. Diawal film ceritanya monoton namun tertolong adegan laga diakhir film.

No comments:

Post a Comment