Thursday 5 April 2012

John Carter


John Carter
----------------

Satu lagi film yang diadaptasi dari novel berjudul A Princess of Mars hasil buah karya Edgar Rice Burroughs yang dirilis pada tahun 1931. Film yang dibuat dengan budget 250 juta dollar sangat ditunggu-tunggu penghobi dan penikmat film. Apalagi sang aktor Taylor Kitsch yang memerankan John Carter sempat dipalak di Indonesia oleh petugas imigrasi.

John Carter adalah mantan tentara Amerika yang hidupnya terlunta-lunta akibat ditinggal mati oleh istrinya. Bahkan untuk membeli makanan saja sampai berhutang pada pemilik bar. Sempat dipenjara oleh tentara Amerika divisi lain. Obsesinya untuk mencari emas walaupun tak sengaja akhirnya membuatnya pindah melalui teletransportasi ke planet Mars atau yang dikenal dengan nama Barsoom.

Di planet Barsoom ternyata terjadi peperangan antara Zodagan dan Helium sedangkan John Carter berada ditengah-tengahnya. Sebuah pilihan yang harus dipilih apakah mau menolong dan menjadi pahlawan di negeri lain ataukah menjadi orang yang terlunta-lunta di negeri sendiri alias bumi. Pilihan itulah yang diceritakan secara flashback.

Bentuk pesawat terbang digambarkan cukup berbeda dengan yang ada di film-film lainnya. Demikian juga bentuk anjing dan makhluk hijau aliens bertangan 4. Tata busana dan fashion yang dipakai oleh bangsa helium sangat menarik.

Beberapa hal yang sedikit mengganggu yaitu dalam film disebut-sebut tidak adanya gravitasi yang mengakibatkan John bisa meloncat-loncat. Pertanyaannya adalah mengapa loncatannya bisa setinggi pesawat terbang padahal di awal film loncatannya hanya sejengkal saja? Mengapa pada adegan berikutnya bisa berjalan normal seperti ada gravitasi? Mengapa tiba-tiba mempunyai kekuatan super ? Demikian juga mengapa John bisa bernafas secara normal di planet Mars ? Mungkin jawaban gampangnya adalah ini kan hanya sebuah film jadi sah-sah saja untuk membuatnya seperti itu.

Ada cerita yang terlalu dipaksakan yaitu pada saat John dikembalikan ke bumi oleh Matai Sang, pemimpin Thern. Berarti merupakan suatu kemenangan bagi Matai Sang dan suatu kekalahan bagi John. Untuk apa Matai Sang mengejar kembali ke Bumi ? Toh si John sudah kalah dan tidak bisa kembali ke Barsoom.

Sebuah tontonan yang cukup enak dilihat dan menghibur walaupun wajah pemain-pemainnya kurang familiar di sini.

1 comment: