Selasa, 24 Juli 2012

Brave



Brave
--------

Sebuah film animasi kartun yang digarap oleh Pixar yang merupakan studio animasi komputer yang menghasilkan Toy Story dan Finding Nemo. Tampilan gambarnya sangat bagus dan terlihat hidup. Pemandangan alamnya tampak natural dan menawan. Setiap karakter tampil beda dalam penggambarannya sehingga penonton dengan mudah mengingat nama masing-masing karakter. Setting pada indoor bagus sekali dengan warna-warna yang sesuai pada ruangan kerajaan. Rambut-rambut setiap karakter terlihat detil dan nyata seperti bukan kartun.

Cerita dimulai saat Merida kecil, putri dari suatu kerajaan di Skotlandia lebih menyukai panah yang biasanya identik dengan laki-laki. Hal ini terbawa saat Merida dewasa (suara diisi oleh Kelly Macdonald), agak sedikit liar dan tomboy serta keras kepala. Sang ratu Elinor (Emma Thomson) menginginkan Merida menjadi seorang putri pada umumnya kalem dan santun serta menjaga wibawa. Sifat anggun, bijaksana dan pintar dari ratu Elinor kadangkala membuat musuh menjadi keder juga.

Pertentangan timbul ketika Merida dijodohkan oleh orangtuanya sebagai tradisi dengan tiga pria dari kerajaan lain. Siapa yang memenangkan sayembara akan menikahi putri Merida. Rupa-rupanya Merida tidak mau dan masih ingin bebas dari perkawinan. Untuk itu melalui bantuan nenek sihir maka sang ibu berubah wujud menjadi beruang. Menyesallah Merida, sehingga berupaya kuat untuk mengembalikan wujud sang ibu seperti semula. Itulah intisari dari film ini.

Alur cerita dibuat cukup sederhana namun tidak terkesan sepele. Konflik yang ada sangat menarik dengan sang Raja sebagai penengah seperti para bapak pada umumnya. Ditambah dengan bumbu komedi terutama oleh sang adik, si kembar tiga. Lucu dan menghibur. Yang pasti adegan pertarungan dengan beruang jahat cukup baik.

Pesan yang ingin disampaikan dalam film ini adalah bagaimana menjalin hubungan yang baik antara anak dan ibu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar