Tuesday, 5 March 2013

Jack The Giant Slayer



Jack The Giant Slayer
------------------------------

Film ini diadaptasi dari cerita dongeng rakyat Inggris yang berjudul Jack The Giant Killer walaupun isi ceritanya tidak sama persis. Sang penulis skenario yaitu Darren Lemke menggagasnya sejak tahun 2005 dan baru tahun ini terealisasi dihadapan penonton dan disutradarai oleh Bryan Singer.

Alur cerita film ini mengalir dengan baik. Pada awalnya saat Jack masih berusia anak-anak selalu mendapat dongeng sebelum tidur dari ayahnya tentang pertarungan manusia dan raksasa. Demikian juga hal yang sama dialami oleh Isabelle yang menjelang tidur mendapat dongeng dari Ibunya. Perbedaannya adalah Jack berasal dari keluarga petani miskin sedangkan Isabelle berasal dari keluarga kerajaan. Tampilan gambar saling bergantian antara Jack dan Isabelle yang menunjukkan awal keterkaitan di antara mereka oleh sang sutradara.

Saat dewasa, Jack (Nicholas Hoult) bertemu dengan Isabelle (Eleanor Tomlinson) secara tidak sengaja di sebuah pertunjukkan teater. Demikian juga pertemuan kedua di rumah Jack yang terjadi secara tidak sengaja. Hal ini menunjukkan upaya sutradara untuk mempermudah cerita dan pemahaman penonton bahwa keduanya adalah lakon utama. Namun sayangnya ayah dari Jack dan Ibu dari Isabelle yang ditampilkan diawal tidak ditampilkan lagi dan seolah-olah tidak berguna bagi sang sutradara.

Jack pergi ke ibukota untuk menjual kuda dan kereta milik pamannya. Jack bertemu dengan seorang pastor yang mencuri beberapa biji kacang dari Istana. Pastor itu mengharapkan Jack untuk mengantar biji kacang ke sebuah gereja sehingga dibuatlah sistem barter. Apabila Jack berhasil memberikan biji kacang tersebut ke tujuannya maka pihak gereja akan memberikan uang untuk penggantinya sekaligus membayar kudanya.

Namun Jack tidak pergi ke gereja yang diminta melainkan pulang ke rumah dan menceritakan hal itu kepada pamannya. Tentu saja pamannya marah dan melempar biji kacang-biji kacang tersebut dan ada satu yang terkena tanah dan air sehingga tumbuh menjadi pohon raksasa yang menjalar ke atas sampai ke langit. Isabelle yang kebetulan berada dirumah itu ikut terangkat ke atas.

Raja mengirim Elmont (Ewan McGregor) dan pasukannya untuk menyelamatkan putrinya dan Jack juga ikut serta dengan menaiki pohon itu sampai ke langit. Tak lupa ada pengkhianat yaitu Roderick (Stanley Tucci) yang merupakan calon tunangan Isabelle. Dia menguasai mahkota penakluk raksasa dan ingin menjadikan raksasa sebagai pasukannya untuk menguasai kerajaan-kerajaan di bumi. Padahal raksasa sendiripun tanpa perintah Roderickpun sudah membenci manusia.

Roderick berhasil dikalahkan. Jack dan Isabelle berhasil kembali ke bumi tetapi mahkota dan biji kacang-biji kacang berhasil dikuasai oleh raksasa. Merekapun menebarkan biji kacang untuk menyusul Jack dan Isabelle ke bumi. Cukup aneh juga kalau biji kacang saat ini tumbuh dari langit menuju ke bumi berbeda dengan sebelumnya yang tumbuh di bumi dan menuju langit.

Terjadi pertarungan antara raksasa dan manusia di bumi dengan target utama adalah sang puteri Isabelle. Jack tentu saja tidak tinggal diam dan perlawanannya berhasil mengalahkan raksasa. Dengan mahkota penakluk raksasa di kepalanya maka mereka menyuruh raksasa-raksasa lainnya untuk kembali ke tempat asalnya. Selesai ? sepertinya masih ada seri kelanjutannya karena digambarkan suasana modern dengan gedung-gedung bertingkat dan mahkota penakluk raksasa sudah berubah bentuk mengikuti mode dan berada di sebuah museum.

Penulis menemukan beberapa kekurangan yaitu besarnya biji kacang masih terlihat besar di tangan raksasa seharusnya terlihat kecil sekali. Coba bayangkan, tubuh manusia saja bisa digenggam dengan tangannya berarti ukuran tangan raksasa identik dengan tubuh manusia. Tentu saja ukuran biji kacang seharusnya kecil sekali di tangan raksasa. Kemudian, raksasa yang dapat masuk dan mengejar Jack pada lorong-lorong Istana. Seharusnya raksasa tidak bisa masuk karena atap-atap istana terlalu pendek untuk ukuran tinggi dari raksasa.

Spesial efeknya cukup bagus secara keseluruhan namun akting bintang-bintangnya biasa-biasa saja. Peran Nicholas Hoult sebagai Jack tidak sesuai dalam karakternya karena wajahnya terlihat bloon dan kurang mendukung sosok tersebut. Peran Eleanor Tomlinson kurang bagus dan untungnya sedikit terbantu oleh kecantikannya.

1 comment: