Wednesday, 10 April 2013

GI Joe 2 (Retaliation) 3D



GI Joe 2 (Retaliation) 3D

--------------------------------

 

Film ini merupakan seri kedua dari serial GI Joe yang pertama kali di rilis pada tahun 2009 dengan judul The Rise of Cobra. Sebuah serial yang diangkat dari cerita komik produksi Marvel. Karakter Gi Joe sendiri sebenarnya merupakan mainan action figure yang diproduksi oleh perusahaan Hasbro yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964. Film ini disutradarai oleh Jon M. Chu yang masih jarang terdengar namanya dan tidak banyak yang dihasilkannya. Film ini dilarang main di Pakistan karena dianggap memberi stigma negative terhadap Negara Pakistan.

 

Duke (Channing Tatum) dan Roadblock (Dwayne Johnson) serta pasukannya bertugas di Pakistan untuk mencuri nuklir. Misi mereka berhasil dengan sukses. Pada saat hendak dijemput pulang oleh pusat, pesawat yang ditunggu-tunggu justru menembak dan membunuh mereka. Alhasil semua pasukan tewas termasuk Duke dan hanya 3 orang yang berhasil selamat karena sembunyi disebuah sumur. Mereka yang selamat adalah Roadblock, Flint (D.J. Cotrona) dan Jaye (Adrianne Palicki). Channing Tatum hanya bermain sebentar saja di awal-awal film karena perannya hanya sedikit saja. Berbeda pada seri pertama sebelumnya yang menjadi tokoh utamanya.

 

Mereka sadar dan menyelidiki bahwa ada pengkhianat atas musibah ini dan tebakan mereka adalah sang Presiden Amerika Serikat sendiri. Mengingat hanya dialah yang mempunyai otoritas tertinggi untuk memerintahkan pembasmian GI Joe. Untuk memastikannya mereka berusaha mencari bukti dari rambutnya untuk dicek DNA. Usaha mereka didukung oleh pensiunan Jenderal Colton (Bruce Willis) yang merasa tidak setuju bila GI Joe bubar dan bahkan disudutkan sebagai pembangkang.

 

Storm Shadow (Byung Hun Lee) membebaskan Cobra yang diawetkan dalam suatu penjara khusus. Storm Shadow bertarung melawan Snake Eyes dan Jinx yang merupakan musuh bebuyutannya. Akhirnya terkuak kisah masa lalu Storm yang sebenarnya. Ternyata yang membunuh guru besarnya adalah Zartan dan bukan Storm seperti yang dituduhkan selama ini. Zartan sengaja melakukan hal itu untuk menjebak Storm dan menjadikannya sebagai pengikutnya. Storm sadar dan mau bekerja sama dengan Snake Eyes dan Jinx untuk membalas dendam kepada Zartan.

 

Rupa-rupanya Presiden Amerika itu adalah palsu dan merupakan penyamaran dari Zartan (Arnold Vosloo) yang merupakan kaki tangan Cobra. Sedangkan Presiden asli di sandera oleh kelompok Cobra. Presiden palsu mengumpulkan delapan negara pemilik nuklir dan mengadu dombanya bahkan sempat meluncurkan bom nuklir untuk saling menyerang antar negara walaupun sempat dibatalkan. Tujuan sebenarnya adalah Cobra ingin menguasai dunia dengan hanya satu-satunya yang memiliki bom nuklir. Delapan Negara tersebut kini sudah tidak memiliki nuklir lagi karena sudah diledakkan sendiri.

 

Pertarungan akhir antara GI Joe dan Cobra untuk memperebutkan tas koper berisi kunci peledak nuklir. Pertarungan dan tembak-menembak serta adu pedang terjadi antar dua kelompok dengan hingar bingar. Dan bisa ditebak bahwa kemenangan ada pada pihak GI Joe, namun sayangnya Cobra bisa lolos. Jadi bisa ditebak kemungkinan besar ada seri ketiga yang akan dibuat.

 

Dwayne Johnson bermain biasa saja dan memang tidak aneh karena yang diutamakan adalah tubuhnya yang kekar dan pertarungannya. Adrianne Palicki bermain juga biasa karena yang diunggulkan adalah kecantikan wajahnya. Bruce Willis bermain standard karena tidak banyak adegan yang dimainkannya.

 

Sebenarnya film ini sudah direncanakan beredar pada bulan Juni 2012 namun ditunda menjadi bulan Maret 2013. Hal ini karena banyak kekurangan yang ada sehingga perlu dilakukan penambahan dan perbaikan untuk adegan 3 Dimensi sehingga terlihat baik. Perlu diketahui bahwa tidak semua adegan mempunyai efek 3 Dimensi yang dapat dirasaka oleh mata penonton. Cara gampangnya untuk membedakannya adalah bila kaca mata dilepas dan gambar terlihat kabur maka adegan tersebut berefek 3 Dimensi namun bila gambar tetap terang maka adegan tersebut tidak berefek 3 Dimensi.

 

Yang menarik adalah adegan pertarungan di lereng gunung yang menggunakan tali temali. Selain itu adegan perkelahiannya monoton dan biasa saja. Bila diperlihatkan berbagai macam senjata modern namun sebenarnya ini merupakan suatu kemunduran dibandingkan seri pertama. Pada film ini senjata masih menggunakan peluru dengan percikan api manual. Pada seri pertama senjata sudah menggunakan model laser sinar biru tanpa percikan api. Adegan perkelahian dengan ilmu bela diri yang ditampilkan biasa saja dan tidak ada hal yang baru.

 

Cara berpakaian Gi Joe tidak menunjukkan kemodernan karena tampil seperti tentara biasa dengan seragam loreng. Berbeda pada seri pertama yang tampil modern dan lebih futuristik. Cerita yang ditampilkan oleh penulisnya biasa saja dan tidak ada konflik yang berarti. Alur cerita mudah ditebak dan terlalu sederhana. Film ini bolehlah dilihat sekedar sebagai tontonan yang menghibur walaupun masih kurang dibandingkan seri pertamanya.

 

3 comments:

  1. Wah mantap sob film nya, thanks udah berbagi info ...

    ReplyDelete
  2. bener banget gan, ane juga ngerasa masih lebih seru yang bagian pertamanya daripada yang kedua ini.
    semoga di sekuel berikutnya tidak mengecewakan :)

    ReplyDelete
  3. Pantesan aja Gan, sudah ngeliat yang ke-2 ini di Trans TV kok rasanya biasa-biasa saja..
    Gak sehingar yang pertama.

    Salam

    ReplyDelete