Wednesday, 24 April 2013

Oblivion



Oblivion
----------
 

Sebuah kata yang bila diterjemahkan berarti pelupaan atau sengaja dibuat lupa yang setidaknya juga mengartikan konsep terbuatnya Oblivion ini. Konsep film ini diawali dengan sang sutradara Joseph Kosinski, Arvid Nelson dan Andree Wallin membuat komik singkat mengenai Oblivion untuk presentasi pada calon pembeli dengan tujuan dibuatkan versi novel bergambarnya. Konsep tersebut dibagikan gratis di San Diego Comic Con pada tahun 2010. Pada akhirnya, perusahaan Radical Publishing memiliki rencana untuk mempublikasikan versi novel bergambar tersebut pada tahun 2012. Sayangnya rencana tersebut gagal karena sudah keburu dibuatkan film layar lebarnya dengan hak edar yang dipegang oleh Universal Pictures. Jadinya novel bergambar yang mengalami pelupaan.
 

Tahun 2077 keadaan bumi hancur berantakan dan tidak ada kehidupan manusia sama sekali karena sudah mengungsi ke planet Titan. Semuanya ini disebabkan oleh serangan Alien atau maklhuk asing. Perang dimenangkan oleh manusia walaupun demikian harus ditinggalkan menuju Titan. Yang tinggal di bumi adalah makhluk-makhluk pemakan bangkai yang merupakan musuh manusia.
 

Jack Harper (Tom Cruise) mendapat tugas bersama dengan Vika (Andrea Riseborough) di bumi. Jack adalah seorang teknisi yang bertugas untuk memperbaiki robot-robot penjaga yang rusak sedangkan Vika bertugas sebagai petugas monitor dan sekaligus kekasihnya. Mereka dikirim oleh Sally (Melissa Leo) yang tinggal di Tet yang bermarkas di ruang angkasa. Sally inilah yang mengontrol dan memberikan tugas serta memberikan perintah kepada mereka. Sally bertanggung jawab dan mengontrol Robot-robot penjaga untuk melindungi tambang air laut yang disedot dan dikirim ke Tet sebagai sumber energy.
 

Jack sedikit bingung dengan bayangan-bayangan dirinya di masa lalu yang berbeda dengan masa kini. Hal tersebut semakin diyakinkan oleh kedatangan Julia (Olga Kurylenko) yang diselamatkan olehnya dari tindakan robot-robot penjaga. Julia tertidur dalam pesawat ruang angkasa puluhan tahun yang akhirnya terjatuh ke bumi. Julia ternyata adalah orang yang sering terlihat dalam ingatan memori Jack. Vika tidak setuju dengan tindakan Jack itu karena tinggal beberapa hari lagi tugas mereka di bumi selesai dan kembali ke Titan. Perselisihan dan kecemburuan terjadi diantara mereka.

 
Jack dan Julia tertangkap makhluk pemakan bangkai yang akhirnya membuka jati dirinya bahwa mereka adalah manusia juga dan bukan monster seperti yang diperkirakan sebelumnya. Beech (Morgan Freeman) adalah pemimpin yang mengumpulkan sisa-sisa manusia yang selamat dari tragedi sebelumnya. Dia percaya bahwa Jack adalah orang yang bisa membantu mereka melawan Alien sebenarnya, yang mana selama ini justru dibantu oleh Jack. Beech memberitahu Jack bahwa Tet adalah markas Alien dan tidak ada manusia di Titan.

 
Namun Beech membiarkan Jack mencari informasi tentang kebenaran itu. Akhirnya diketahui pula bahwa sebelumnya, dirinya adalah komandan pesawat ruang angkasa NASA yang dikirim untuk menyelidiki benda asing. Vika adalah rekan kerjanya dan Julia adalah istrinya yang ikut dalam misi tersebut. Jack dan Vika sedang bertugas saat memasuki Tet sedangkan Julia dan yang lain sedang tidur. Pada saat kritis menghadapi bahaya maka orang-orang yang sedang tidur dikirim kembali ke bumi. Jack dan Vika tertangkap atau terbunuh oleh Alien.

 
Alien mengkloning Jack dan Vika serta menghapus ingatan mereka dan justru memasukkan ideologi untuk membunuh manusia yang disebutnya sebagai makhluk pemakan bangkai. Jack sadar bahwa selama ini yang dimusuhi adalah manusia dan Alien sebenarnya adalah Sally yang berada di Tet. Untuk itu atas rencana Beech, Jack memperbaiki salah satu robot penjaga yang rusak dan menjadikannya bom untuk dikirim ke Tet. Sayangnya pada saat hendak keluar dari persembunyiannya mereka di serang oleh robot-robot suruhan Sally sehingga usaha itu gagal.

 
Jack memutuskan untuk menyerahkan diri ke Sally dengan membawa Julia karena Sally sangat menginginkan Julia agar bisa dikloning sebagai pasangan Jack yang baru. Dia berhasil memasuki Tet dan yang dibawa adalah Beech bukan Julia. Akhirnya mereka berdua mengorbankan diri dengan mengebom dan menghancurkan Tet.

 
Sebuah film fiksi dan futuristik tentang Alien tetapi tidak pernah tampak sosoknya sama sekali. Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana kisah Sally yang pada awalnya merupakan pimpinan Jack di NASA bisa berubah menjadi Alien. Selanjutnya, Julia yang tiba-tiba mempunyai anak padahal tidak pernah digambarkan berhubungan badan dengan Jack. Penulis yakin hal tersebut bukan karena gunting sensor sebab keintiman Jack dan Vika digambarkan cukup jelas dalam film. Jack dan kloningnya ikut terbunuh dalam ledakan di Tet namun kenyataannya hidup kembali diakhir film. Hal ini membuat ceritanya sedikit dipaksakan. Usaha Jack yang mencari Julia di gubuk desa selama 3 tahun cukup membingungkan mengingat Jack sendiri yang meletakkan Julia disana dan sudah hapal tempat tersebut.

 
Tom Cruise bermain cukup bagus dan menghayati setiap peran yang dilakukannya. Tak perlu diragukan lagi akan kualitas permainannya. Olga Kurylenko bermain biasa saja, tidak jelek dan juga tidak bagus karena sesi yang dimainkannya tidak banyak. Andrea Riseborough bermain cukup bagus dengan menampilkan sosok yang sedikit kaku dan tanpa perasaan.

 
Pemandangan alam yang cukup menarik ditampilkan mulai dari kondisi tanah yang gersang, kondisi berair, kondisi bersalju dan kondisi alam yang hijau dengan pohon-pohonnya. Walaupun durasi film cukup panjang yaitu 2 jam namun tidak membuat bosan mata memandang apalagi gambar-gambarnya terlihat jernih dan terang yang menunjukkan kualitas kamera pengambil gambar sangat mumpuni.


8 comments:

  1. terima kasih atas review film-nya.
    saya sendiri juga dalam kebingungan setelah menonton film ini.
    benar kata anda, bagaimana Sally pemimpin NASA bisa menjadi alien.
    yang ke-2, adalah kenapa julia baru jatuh setelah 60 tahun kemudian ? padahal jarak tet tidak begitu jauh dari bumi.
    ke-3, bagaimana Beech dan anggota2nya masih hidup selama ini ? apakah mereka tidur panjang juga ?

    ReplyDelete
  2. oh ya, tambahan lagi.
    tentang kebingungan anda tentang Jack yang hidup kembali dan bersusah payah mencari gubuk yang dibangunna selama 3 tahun.
    perlu anda ketahui bahwa yang membangun gubuk tersebut adalah Jack tech 49.
    jack tech 49 tewas melakukan bom bunuh diri.

    yang kemudian menemukan gubuk tersebut di akhir cerita adalah jack tech 52.
    jack tech 52 adalah kloning jack lainnya.
    jack 52 sempat bertemu dan terlibat perkelahian dengan jack tech 49.
    jack 49 menang dan merebut pesawat jack 52.
    tapi dia tidak membunuh jack 52.
    jack 52 inilah yang akhirnya menemukan gubuk yang dibangun jack 49.
    semua kloningan jack memiliki memori dan perasaan yang sama hingga selalu teringat dan jatuh cinta pada julia

    ReplyDelete
  3. Abis nonton film ini 2 kali masih bingung alurnya hahaha akhirnya googling..lumayan ternyata tdk sendirian

    ReplyDelete
  4. Sally yg asli sudah meninggal karena perang di bumi. Dan di hadirkan kembali oleh alien di Tet - markas utama dari menara di bumi - lewat monitor di menara 49 yg ada di bumi, seakan akan Sally yg ada di Tet adalah manusia dan ada sekumpulan manusia disana yg siap di kirim ke TITAN. Dan ternyata alien yg saya bisa simpulkan adalah robot berbentuk segitiga.

    ReplyDelete
  5. a tribute - https://www.youtube.com/watch?v=8b6xSyFz6B0

    ReplyDelete