Wednesday 24 April 2013

Oblivion



Oblivion
----------
 

Sebuah kata yang bila diterjemahkan berarti pelupaan atau sengaja dibuat lupa yang setidaknya juga mengartikan konsep terbuatnya Oblivion ini. Konsep film ini diawali dengan sang sutradara Joseph Kosinski, Arvid Nelson dan Andree Wallin membuat komik singkat mengenai Oblivion untuk presentasi pada calon pembeli dengan tujuan dibuatkan versi novel bergambarnya. Konsep tersebut dibagikan gratis di San Diego Comic Con pada tahun 2010. Pada akhirnya, perusahaan Radical Publishing memiliki rencana untuk mempublikasikan versi novel bergambar tersebut pada tahun 2012. Sayangnya rencana tersebut gagal karena sudah keburu dibuatkan film layar lebarnya dengan hak edar yang dipegang oleh Universal Pictures. Jadinya novel bergambar yang mengalami pelupaan.
 

Tahun 2077 keadaan bumi hancur berantakan dan tidak ada kehidupan manusia sama sekali karena sudah mengungsi ke planet Titan. Semuanya ini disebabkan oleh serangan Alien atau maklhuk asing. Perang dimenangkan oleh manusia walaupun demikian harus ditinggalkan menuju Titan. Yang tinggal di bumi adalah makhluk-makhluk pemakan bangkai yang merupakan musuh manusia.
 

Jack Harper (Tom Cruise) mendapat tugas bersama dengan Vika (Andrea Riseborough) di bumi. Jack adalah seorang teknisi yang bertugas untuk memperbaiki robot-robot penjaga yang rusak sedangkan Vika bertugas sebagai petugas monitor dan sekaligus kekasihnya. Mereka dikirim oleh Sally (Melissa Leo) yang tinggal di Tet yang bermarkas di ruang angkasa. Sally inilah yang mengontrol dan memberikan tugas serta memberikan perintah kepada mereka. Sally bertanggung jawab dan mengontrol Robot-robot penjaga untuk melindungi tambang air laut yang disedot dan dikirim ke Tet sebagai sumber energy.
 

Jack sedikit bingung dengan bayangan-bayangan dirinya di masa lalu yang berbeda dengan masa kini. Hal tersebut semakin diyakinkan oleh kedatangan Julia (Olga Kurylenko) yang diselamatkan olehnya dari tindakan robot-robot penjaga. Julia tertidur dalam pesawat ruang angkasa puluhan tahun yang akhirnya terjatuh ke bumi. Julia ternyata adalah orang yang sering terlihat dalam ingatan memori Jack. Vika tidak setuju dengan tindakan Jack itu karena tinggal beberapa hari lagi tugas mereka di bumi selesai dan kembali ke Titan. Perselisihan dan kecemburuan terjadi diantara mereka.

 
Jack dan Julia tertangkap makhluk pemakan bangkai yang akhirnya membuka jati dirinya bahwa mereka adalah manusia juga dan bukan monster seperti yang diperkirakan sebelumnya. Beech (Morgan Freeman) adalah pemimpin yang mengumpulkan sisa-sisa manusia yang selamat dari tragedi sebelumnya. Dia percaya bahwa Jack adalah orang yang bisa membantu mereka melawan Alien sebenarnya, yang mana selama ini justru dibantu oleh Jack. Beech memberitahu Jack bahwa Tet adalah markas Alien dan tidak ada manusia di Titan.

 
Namun Beech membiarkan Jack mencari informasi tentang kebenaran itu. Akhirnya diketahui pula bahwa sebelumnya, dirinya adalah komandan pesawat ruang angkasa NASA yang dikirim untuk menyelidiki benda asing. Vika adalah rekan kerjanya dan Julia adalah istrinya yang ikut dalam misi tersebut. Jack dan Vika sedang bertugas saat memasuki Tet sedangkan Julia dan yang lain sedang tidur. Pada saat kritis menghadapi bahaya maka orang-orang yang sedang tidur dikirim kembali ke bumi. Jack dan Vika tertangkap atau terbunuh oleh Alien.

 
Alien mengkloning Jack dan Vika serta menghapus ingatan mereka dan justru memasukkan ideologi untuk membunuh manusia yang disebutnya sebagai makhluk pemakan bangkai. Jack sadar bahwa selama ini yang dimusuhi adalah manusia dan Alien sebenarnya adalah Sally yang berada di Tet. Untuk itu atas rencana Beech, Jack memperbaiki salah satu robot penjaga yang rusak dan menjadikannya bom untuk dikirim ke Tet. Sayangnya pada saat hendak keluar dari persembunyiannya mereka di serang oleh robot-robot suruhan Sally sehingga usaha itu gagal.

 
Jack memutuskan untuk menyerahkan diri ke Sally dengan membawa Julia karena Sally sangat menginginkan Julia agar bisa dikloning sebagai pasangan Jack yang baru. Dia berhasil memasuki Tet dan yang dibawa adalah Beech bukan Julia. Akhirnya mereka berdua mengorbankan diri dengan mengebom dan menghancurkan Tet.

 
Sebuah film fiksi dan futuristik tentang Alien tetapi tidak pernah tampak sosoknya sama sekali. Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana kisah Sally yang pada awalnya merupakan pimpinan Jack di NASA bisa berubah menjadi Alien. Selanjutnya, Julia yang tiba-tiba mempunyai anak padahal tidak pernah digambarkan berhubungan badan dengan Jack. Penulis yakin hal tersebut bukan karena gunting sensor sebab keintiman Jack dan Vika digambarkan cukup jelas dalam film. Jack dan kloningnya ikut terbunuh dalam ledakan di Tet namun kenyataannya hidup kembali diakhir film. Hal ini membuat ceritanya sedikit dipaksakan. Usaha Jack yang mencari Julia di gubuk desa selama 3 tahun cukup membingungkan mengingat Jack sendiri yang meletakkan Julia disana dan sudah hapal tempat tersebut.

 
Tom Cruise bermain cukup bagus dan menghayati setiap peran yang dilakukannya. Tak perlu diragukan lagi akan kualitas permainannya. Olga Kurylenko bermain biasa saja, tidak jelek dan juga tidak bagus karena sesi yang dimainkannya tidak banyak. Andrea Riseborough bermain cukup bagus dengan menampilkan sosok yang sedikit kaku dan tanpa perasaan.

 
Pemandangan alam yang cukup menarik ditampilkan mulai dari kondisi tanah yang gersang, kondisi berair, kondisi bersalju dan kondisi alam yang hijau dengan pohon-pohonnya. Walaupun durasi film cukup panjang yaitu 2 jam namun tidak membuat bosan mata memandang apalagi gambar-gambarnya terlihat jernih dan terang yang menunjukkan kualitas kamera pengambil gambar sangat mumpuni.


27 comments:

  1. terima kasih atas review film-nya.
    saya sendiri juga dalam kebingungan setelah menonton film ini.
    benar kata anda, bagaimana Sally pemimpin NASA bisa menjadi alien.
    yang ke-2, adalah kenapa julia baru jatuh setelah 60 tahun kemudian ? padahal jarak tet tidak begitu jauh dari bumi.
    ke-3, bagaimana Beech dan anggota2nya masih hidup selama ini ? apakah mereka tidur panjang juga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Julia itu jatuh dr pesawat yg dia tdr di dalam.. jd selama pesawat itu ke bumi ya akan memakan waktu sekitar 60 tahun..
      Beech dan anggota itu ya ttp di bumi.. wkt terjadi perang mereka mungkin masih umur anak2.. dan mereka bertahn ampe 60 tahun..

      Delete
  2. oh ya, tambahan lagi.
    tentang kebingungan anda tentang Jack yang hidup kembali dan bersusah payah mencari gubuk yang dibangunna selama 3 tahun.
    perlu anda ketahui bahwa yang membangun gubuk tersebut adalah Jack tech 49.
    jack tech 49 tewas melakukan bom bunuh diri.

    yang kemudian menemukan gubuk tersebut di akhir cerita adalah jack tech 52.
    jack tech 52 adalah kloning jack lainnya.
    jack 52 sempat bertemu dan terlibat perkelahian dengan jack tech 49.
    jack 49 menang dan merebut pesawat jack 52.
    tapi dia tidak membunuh jack 52.
    jack 52 inilah yang akhirnya menemukan gubuk yang dibangun jack 49.
    semua kloningan jack memiliki memori dan perasaan yang sama hingga selalu teringat dan jatuh cinta pada julia

    ReplyDelete
  3. Abis nonton film ini 2 kali masih bingung alurnya hahaha akhirnya googling..lumayan ternyata tdk sendirian

    ReplyDelete
  4. Sally yg asli sudah meninggal karena perang di bumi. Dan di hadirkan kembali oleh alien di Tet - markas utama dari menara di bumi - lewat monitor di menara 49 yg ada di bumi, seakan akan Sally yg ada di Tet adalah manusia dan ada sekumpulan manusia disana yg siap di kirim ke TITAN. Dan ternyata alien yg saya bisa simpulkan adalah robot berbentuk segitiga.

    ReplyDelete
  5. Oalaahhhhhh gitu to critanya.

    ReplyDelete
  6. Wah rame nich pada ngumpul :P

    ReplyDelete
  7. a tribute - https://www.youtube.com/watch?v=8b6xSyFz6B0

    ReplyDelete
  8. Pada pinter yang ngejelasin FILM nya, sekarang saya udah paham berkat anda merifiew film oblivion........

    ReplyDelete
  9. Baru aja selesai nonton dan langsung kesini, sama seperti yang lain saya juga bingung sm ceritanya dan sekarang baru paham terimakasih buat yg udah ngreview filmnya

    ReplyDelete
  10. Maksud penulisny ya gini, supaya para manusia pda ngumpul untuk saling memberi informasi tentang film ini. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Baru aja selesai nonton dan langsung kesini, sama seperti yang lain saya juga bingung sm ceritanya dan sekarang baru paham terimakasih buat yg udah ngreview filmnya (2)

    tp pertanyaan saya tentang anaknay julia, kapan dia (berhubungan dgn jack lalu hamil) siapa yang menolong dan bla bla bla hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jack berhubungan dengan julia ketika sebelum misi astronot (ketika jack belum dihapus ingatannya oleh alien kemudian dikloning)

      Delete
  12. Sekedar analisa saja.

    Pada tahun 2017 terjadi invasi alien memusnahkan manusia di bumi, nasa yang dipimpin oleh sally mengirimkan tim astronot yaitu komandan jack harper, vika juga termsuk julia harper istri jack dll, ke luar angkasa dengan kecepatan cahaya (dibumi sudah 60 tahun yaitu tahun 2077) tim komandan jack menuju ke TET pusat kendali alien. Tim astronot mengirimkan kembali sebagian temannya ke bumi (julia dll) untuk memberikan info ke bumi. Sementara Jack dan vika akhirnya disandara oleh alien dihapus ingatannya dan dikloning menjadi banyak, alien memanipulasi misi sebelumnya dengan bentuk sally kemudian diberi misi memperbaiki drone2 pembasmi alien padahal bukan alien tapi sisa2 manuisa (pimpinan beech). Bumi hancur lebur manusia tidak menang hanya tersisa sebagian kecil. Kloningam jack seri 49,. Jack49 membelot kepada alien (sally). Alien atau TET mengirim kloningan jack berikutnya yaitu jack52 dan berkelahi, jack52 dikalahkan jack49 tapi tidak dibunuh, karena jack49 punya misi untuk pergi ke markas TET untuk bom bunuh diri menghancurkannya.
    Kenapa jack mati masih bisa menemui julia ? Karena jack yang mati adalah kloningan ke49 sedanngkan jack52 masih hidup. Kenapa setelah 3 tahun baru menemui julia? Karena jack52 bukan jack 49 yang tahu tempat julia.
    Kenapa julia punya anak dari jack padahal jack dan julia tidak pernah berhungan?
    Jack dan julia berhubungan waktu masih dibumi tahun 2017 sebelum ditugaskan ke luar angkasa.
    Kenapa jack sudah ada di bumi sedangkan julia baru sampai? Karena jack dikirim alien lebih dulu sampai ke bumi.
    Kenapa julia sampai bumi setelah 60 tahun (2017-2077)??
    Ingat teori relativitas? Pesawat angkasa Tim astronot julia memakai kecepatan cahaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. julia tertembak diperut saat jack49 dan 52 berkelahi. Msh bruntung janinnya baik2 saja

      Delete
  13. Duh Terimakasih ya penjelasannya.. Setelah sekian lama akhirnya terjawab sudah rasa penasaran saya... Hahahahaahaha

    ReplyDelete
  14. Biyuhhhhh...hapal bgt alur ceritanya..
    Seneng nih bnyk tmn penggemar film

    ReplyDelete
  15. Film Allied gimana ending nya...?
    Pny rujukan situs yg bahas film ga..?
    Sekalian akhir ceritanya...hhhhh

    ReplyDelete
  16. Suwun gan kebingunganku kejawab cok akhirnya

    ReplyDelete
  17. Ngumpulin orang yg baru nonton di trans TV tahun 2020 bulan 11 tanggal 28 .


    Wkwkwk koplok

    ReplyDelete
  18. Duh gue sering nonton film oblivion d tv tp g pernah namatin nonton atau search alur ceritanya, akhirnya disini dapet penjelasan jg detailnya , thanks lah buat semuanya gue bisa tidur nyenyak sekarang 👍🏻😄

    ReplyDelete
  19. Tambahan review
    Berkali kali nonton film ini baru sy paham.
    - Awalnya Jack dan kru pesawat Odessy dpt tugas meneliti planet Titan, perjalanan panjang tsb memakan wkt 30 th. Namun mereka menukan beda luar angkasa Tet, NASA memerintahkan mereka menelitinya. Saat mendekati Tet yg bertugas hanya Jack dan Vika, sdngkan kru lain hibernasi. Saat mereka tertarik gaya gravitasi Tet, Jack melepaskan kru yg tertidur utk perjalanan kembali ke Bumi dg jangka wkt jarak 30th.
    - itulah kenapa Julia baru sampai ke Bumi 60 th kemudian, dihitung 30th perjlanan ke Titan 30th perjalanan balik ke Bumi. Kenapa Tet lebih duluan sampai kebumi, karena teknologi canggih Alien yg mungkin sdh bisa memakai kecepatan cahaya atau mungkin kecepatan Warp.
    - Kenapa Sally tiba2 jadi pengendali Tet, padahal sebelumnya dia operator nasa. Karena Sally di ambil dari memory Jack dan Vika utk selalu membimbing Jack dan Vika.
    - "Julia memiliki anak" adegan dimana Jack membawa Julia ke gubuknya dimana salah satu scene mereka tidur bareng dan terbangun bersama di pagi harinya.
    - "Kenapa 3 th selang jangka wkt Jack 52 menemukan gubuk Jack 49. Karena Jack 52 tdk tahu tempat tsb dan berjelajah mencarinya dg bantuan kru dari Beech. Jack 52 hnya memiliki memory tentang Julia dr masa lalunya yg sama dg memory Jack 49. Disini sedikit rumit sih, kenpa jack tdk memberikan peta kepada kru dr Beech letak gubuknya, jd tdk perlu wkt lama tuk mencarinya.

    ReplyDelete
  20. Earth is a memory worth fighting for..
    https://www.youtube.com/watch?v=8b6xSyFz6B0

    ReplyDelete