Monday, 3 June 2013

Now You See Me




Now You See Me
------------------------

Sebuah film yang cukup unik dengan menyajikan tema mengenai sulap dan sekaligus action. Walaupun sudah ada film bertema sulap sebelumnya, misalnya The Prestige, The Illusionist dan Red Light tetapi jangan kuatir, film ini tampil dengan berbeda. Digarap dengan lebih segar dan modern oleh sutradara Louis Letterrier yang kelahiran Perancis. Louis membuat alur ceritanya seperti sulap saja karena diawal diberikan permainan yang bagus dan semakin lama semakin meningkat level permainannya dan di akhir cerita diberikan jawabannya.

Kisah dimulai dari seseorang yang misterius yang merekrut empat orang pesulap yaitu Daniel (Jesse Eisenberg) yang ahli bermain kartu, Henley (Isla Fisher) yang ahli permainan berbahaya, Jack Wilder (Dave Franco) yang ahli kecepatan tangan, Merrit (Woody Harrelson) yang ahli hipnotis. Mereka tidak tahu apa dan siapa orang misterius yang mengundang mereka untuk masuk kedalam suatu misi tertentu. Semua dibuat dan direncanakan secara detil selama satu tahun. Setelah itu mereka muncul ke hadapan publik dengan menamakan kelompok mereka four horseman alias empat pesulap. Pertunjukan pertamanya dilakukan di Las Vegas dengan sponsor Arthur Tressler (Michael Caine) pemilik perusahaan asuransi.

Pertunjukan pertama dengan tema merampok bank dilakukan dengan memanggil seseorang secara acak dan jatuh pada seorang laki-laki dari Perancis yang memiliki rekening tabungan di bank Perancis. Kepala orang tersebut dipasang sebuah teletransporter yang dapat mengirim orang tersebut ke bank Perancis kemudian menaruh sebuah kartu yang ditandatangani ke dalam brankas. Hal ini sebagai bukti bahwa orang tersebut benar-benar pernah datang ke bank. Uang dalam brankaspun ikut terkirim ke Las Vegas dan dibagikan kepada semua penonton yang hadir.

Tentu saja kejadian tersebut membuat heboh seluruh penonton dan juga pihak kepolisian Las Vegas serta pihak Perancis. Untuk itu Dylan (Mark Ruffalo) mendapat tugas untuk menangkap keempat pesulap tersebut. Tak ketinggalan pula, pihak Perancis mengirim Alma (Melanie Laurent) untuk ikut menyelidiki kasus perampokan tersebut. Sayangnya tidak ada bukti yang dapat menunjukkan keterlibatan mereka sehingga dilepaskan oleh Dylan. Apalagi yang namanya sulap antara percaya dan tidak percaya.

Ternyata pada saat pertunjukkan keempat pesulap tersebut direkam oleh Thaddeus (Morgan Freeman) yang merupakan seorang anti sulap. Artinya dia berusaha mengungkap trik-trik yang dilakukan oleh pesulap dan mempermalukannya serta menjualnya secara online. Dylan dan Alma mewawancarai Thaddeus dan menggali informasi darinya. Ternyata ditemukan triknya yaitu ada lubang dipanggung yang dibuat mirip dengan brankas bank di Perancis.

Pertunjukan kedua dilakukan di New Orleans dengan janji lebih heboh dari sebelumnya. Arthur Tressler sebagai pihak sponsor mengetahui rencana Thaddeus yang merupakan ancaman untuk kesuksesan acara keempat pesulap. Arthur menawari sejumlah uang agar Thaddeus pergi meninggalkan kota tersebut namun ditolak olehnya. Acara dimulai dengan menyuruh setiap orang menuliskan saldo rekening banknya masing-masing didalam amplop. Demikian juga dipanggung ada tulisan saldo rekening dari sponsor mereka Arthur. Tak diduga saldo rekening Arthur berkurang sedikit demi sedikit dan berpindah ke tulisan saldo penonton. Pada awalnya Arthur merasa itu hanya bagian dari pertunjukan namun siapa sangka kalau hal itu merupakan hal yang nyata. Dylan dan Alma memburu mereka dan terjadi kejar-kejaran bagaikan seekor kucing dan tikus dan lagi-lagi keempat pesulap tersebut lebih unggul.

Arthur menyewa Thaddeus untuk membalas kepada keempat pesulap itu. Dylan menganggap Thaddeus terlibat dan merupakan pesulap kelima yang membantu dibelakang layar keempat pesulap itu namun tidak ada buktinya. Dylan dan Alma berhasil mengetahui persembunyian keempat pesulap disebuah apartemen dan penggerebekan dilakukan. Daniel, Henley dan Merrit berhasil melarikan diri sedangkan Jack Wilder masih belum selesai membakar dokumen-dokumen. Terjadi perkelahian dan dilanjutkan kebut-kebutan di antara mereka yang mengakibatkan mobil Jack terbalik dan terbakar, Jack tewas.

Dylan dan Alma memburu uang dalam brankas yang akan digunakan untuk pertunjukan ketiga di kota New York. Mereka selalu kalah selangkah dibanding ketiga pesulap itu. Brankas telah diangkut oleh truk. Mereka mengejarnya dan menyuruhnya tetap berjalan ke tujuan sebagai jebakan. Setelah sampai dilakukan pengintaian siapa yang akan mengambil uang itu dan ternyata orang yang membuka truk itu adalah anak buah Thaddeus. Thaddeus beralibi dan membela diri bahwa dia hanya mengikuti truk itu dan tidak terlibat. Setelah brankas dibuka ternyata isinya bukanlah uang seperti yang diduga melainkan mainan boneka dan balon anak-anak.

Pertunjukkan ketiga dimulai, Dylan dan Alma berusaha membatalkan dan menangkap ketiga pesulap. Pertunjukkan tetap berjalan dan terjadi hujan uang. Ketiga pesulap sekaligus menghilang dari keramaian penonton. Ternyata kali ini uang yang disebar adalah bukan uang asli melainkan uang mainan. Thaddeus pergi menuju mobilnya dan begitu pintu dibuka maka berhamburan uang yang banyak didalamnya. Rupa-rupanya uang yang ada di brankas sudah berpindah ke mobil. Dylanpun menangkap Thaddeus.

Di dalam penjara Thaddeus dikunjungi oleh Dylan. Dia merasa dijebak. Dengan mencoba rekonstruksi ulang maka diketahui bahwa sebenarnya pesulap kelima adalah Dylan sendiri. Namun dia masih bingung sebab musabab dia dijebak. Keempat pesulap bertemu di central park termasuk Jack Wilder yang ternyata masih hidup. Mereka berempat menemui orang yang merekrut mereka setahun yang lalu, yang tidak diketahui jati dirinya. Mereka kaget juga begitu yang ditemui adalah Dylan orang yang selama ini menjadi musuhnya.

Jawaban apa dan mengapanya baru terungkap di akhir film ketika Dylan menemui Alma di Perancis. Dendam adalah motifnya. Rupa-rupanya ayah Dylan adalah seorang pesulap yang pernah dibuka triknya dan dipermalukan oleh Thaddeus. Pada pertunjukan terakhirnya ayahnya dimasukkan kedalam peti dan ditenggelamkan ke sungai namun tewas dan mayatnya tidak ditemukan. Arthur adalah pengusaha asuransi yang menolak klaim kematian ayahnya. Bank di Perancis yang tidak mencairkan uang ayahnya. Dan perusahaan brankas yang membuat peti tidak sesuai spesifikasi seperti yang diminta ayahnya.

Semua pemain telah tampil dengan baik dan pas sekali dengan karakter yang dimainkannya. Penonton perlu konsentrasi di sesi akhir film karena semuanya terungkap disana dalam waktu yang singkat. Film ini cukup menghibur sebagai sebuah tontonan. Mungkin banyak adegan yang masih perlu dipertanyakan tetapi jangan lupa film ini tentang sulap yang bisa menghilangkan kelinci dan memunculkannya kembali. Artinya, nikmati saja untuk kepuasan anda.

21 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Damn! gue udah nonton dan itu dan itu rasanya masih ilusi hahaha btw nice movie and also nice review from you, you help me know the message. Good job :) Thanks anyway

    ReplyDelete
  3. bagus sekali resensinya. akan lbh bagus lagi --menurutku-- kalau tidak dijelaskan sampai tuntas terbuka kedoknya, karena di situlah rahasia teka-teka filmnya. untung aku sudah menontonya sblm baca ini :). bravo,

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas komentarnya. resensi yang saya buat memang berbeda dengan yang orang lain buat. kebanyakan mereka hanya copy paste saja tanpa menonton filmnya sehingga tidak tahu intisari dari filmnya.

    ReplyDelete
  5. Saran nih, akan lebih baik kalau di awal rewiew dikasih peringatan --SPOILER ALLERT----

    ReplyDelete
  6. now you see me keren abisss!
    resensi nya lengkap bnget, krena aku gk rlalu ngerti film nya jd aku cari crita lengkap tntang film ini dan ktemu blog yg brisi resensi ini, mkasih udah ngejelasin :)

    ReplyDelete
  7. Saya jg ga ngerti ama film nya,,kenapa Dylan yg tampak bodoh itu tiba ² jadi mejisien juga..hahahaha dan kenapa klo ngucapain abrakabra bisa hipnotize gitu..??hadeehh..masih blm paham ama trik ² nya..wkwkwk

    ReplyDelete
  8. reviewnya mantab! menjawab semua pertanyaan dari lubuk hati terdalam :P
    epic banget deh pokoknya nih film. ga sabar buat nonton sekuelnya tahun depan :D

    ReplyDelete
  9. saya baru ngerti setelah baca sinopsisnya :p , karna pas nonotonnya ga paham paham ;)..like this (y) harus penuh ketelitian !

    ReplyDelete
  10. Gan ijin copy reviewnya ya,,,,,,,,,,
    Terus yg belum nonton/pengen nonton lagi bisa download dah,
    mampir ke enough9.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Yak akhirnya paham jalan cerita Now You See Me setelah baca blog ini
    Nice review, bos!
    Keren lah pokoknya film ini

    ReplyDelete
  12. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Now_You_See_Me_%28film%29 sama persis nih sobb aduhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mawar,

      Terima kasih sudah mampir di blog ini. Sinopsis film ini saya sendiri yang membuat setelah saya menontonnya di bioskop. Termasuk semua artikel atau synopsis yang ada di sini saya tulis sendiri. Saya selalu menonton di bioskop dan bukan dari DVD.

      Mengenai sinopsis yang sama persis dengan yang ada pada Wikipedia, saya tidak tahu dan baru tahu dari informasi anda. Saya menulis ini pada tanggal 3 Juni 2013 sedangkan kalau saya cek tulisan di Wikipedia ditulis tanggal 15 Februari 2015 oleh Andriana08.

      Jadi kemungkinan saudara Andriana08 mengcopy tulisan saya ini. Demikian penjelasan saya. Terima kasih.

      Delete
  13. Film ini bagus tapi dajjal abis... lambang mata satu terang2an di pampang...berulang2..

    ReplyDelete
  14. Film nya tidak terlalu bagus, banyak trik yang menggunakan effect seperti merubah kelinci ke topi, terbang dlm gelembung, dan lain sebagainya (padahal ini action, bukan fiksi) dan jalan ceritanya yg terlalu memaksakan.. akhirnya jg terlalu "tidak terbaca" alias kabur dan sangat memaksakan. Dylan yang abis2an mengejar the horsemen ternyata pesulap ke 5 sangat sulit atau bahkan mustahil untuk di terima penonton.

    ReplyDelete
  15. Endingnya film ini aq udah paham, cuma ada miss "elkhorn" itu tuh kan pembuat brankas ayahnya Dylan, tp pas di filmnya yg pas mananya ya? Aku abis nonton ini sampe muter dr awal cuma buat nyari yg mana Elkhorn.

    ReplyDelete
  16. Makasih banget sinopsisnya. Baru ngerti pas udah baca ini hahaha

    ReplyDelete
  17. oh, disitu rupanya. jelas lah sekarang

    ReplyDelete