Wednesday, 2 July 2014

Transformer 4 : Age of Extinction



Transformer 4 : Age of Extinction
-------------------------------------------

Film ini merupakan film keempat dari serial Transformer dan masih dengan sutradara yang sama yaitu Michael Bay dan produser eksekutif yaitu Steven Spielberg. Transformer pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan menduduki rangking kelima dengan pendapatan 709 juta dollar. Transformer kedua yang berjudul Revenge of the Fallen dirilis pada tahun 2009 dan menapak rangking keempat dengan penerimaan 836 juta dollar. Transformer ketiga yang berjudul Dark of the Moon dirilis pada tahun 2011 dan menempati rangking ketujuh dengan penghasilan 1,2 juta dollar. Karakter transformer diadaptasi dari mainan anak-anak yang diproduksi oleh Hasbro di Amerika.

Dalam transformer ketiga diceritakan bahwa Megatron telah tewas dalam pertarungan melawan Optimus Prime di kota Chicago dan sebagai kelanjutannya dalam film keempat ini maka dilakukan penelitian dan penyelidikan terhadap bangkai Megatron oleh pemerintah Amerika yang dipimpin oleh ilmuwan Joshua. Dia berhasil membuat robot-robot transformer baru yang bisa diperintah olehnya.

Optimus Prime dan para Autobots pergi dan bersembunyi masing-masing karena diburu dan dibunuh oleh agen CIA James Savoy yang merupakan anak buah dari Harold Attinger. Harold berkerja sama dengan Joshua untuk mengoperasikan transformer baru. Dengan permintaan untuk mendapatkan ‘benih’ yang merupakan bahan untuk membuat transformer baru. Rupa-rupanya Harold berkonspirasi dengan transformer aliens yang bernama Lockdown. Lockdown akan memberi benih yang diinginkan oleh Harold asalkan membunuh semua Autobots dan menangkap Optimus Prime.

Dipinggiran kota Chicago hiduplah Cade Yeager (Mark Wahlberg) dan putri semata wayangnya Tessa (Nicola Peltz). Cade adalah seorang tukang dan penemu miskin yang suka mengotak-atik barang bekas dan memperbaikinya sehingga bisa berfungsi kembali dan menjualnya lagi. Sedangkan Tessa adalah seorang pelajar SMA yang akan lulus wisuda dan diam-diam mempunyai pacar bernama Shane (Jack Reynor) yang jago balapan mobil.

Suatu hari Cade membeli sebuah rongsokan truk tua dan memperbaikinya dan tiba-tiba mengeluarkan suara. Cade yakin bahwa truk itu adalah transformer. Temannya yang bernama Lucas mengingatkan bahwa harus lapor ke polisi dan bisa mendapatkan uang penghargaan. Tessapun mendorong ayahnya untuk mendapatkan uang itu agar bisa dipakai untuk kuliah. Tapi Cade menolak dan akan mempelajari teknologi transformer.
 
Keesokannya Lucas memberitahukan keberadaan transformer dengan harapan mendapat imbalan. Datanglah Savoy dan anak buahnya mengintimidasi Cade dan Tessa juga Lucas agar menyerahkan truk yang tak lain adalah Optimus Prime. Disaat kritis muncullah Optimus Prime dan melakukan perlawanan terhadap Savoy. Cade, Tessa dan Lucas melarikan diri dan untunglah datang Shane dengan mobilnya sehingga bisa kabur. Tetapi Lockdown tidak tinggal diam sehingga berakibat Lucas tewas.

Optimus Prime menemui Autobots lainnya yaitu Hound, Drift, Crosshairs dan Bumblebee. Cade ingin membantu mereka sekaligus ingin melindungi keluarganya dengan mencari tahu dalang semua ini. Berdasarkan robot serangga yang ditangkap oleh Cade dan dapat menampilkan video pembunuhan Autobots sebelumnya maka penyelidikan mereka mengarah pada perusahaan KSI yang dipimpin oleh Joshua.

Cade mencoba masuk ke gedung KSI dengan menggunakan id card palsu dan sayangnya tertangkap. Dia dihadapkan pada Harold dan diharapkan untuk bekerja sama tapi Cade menolak. Bumblebee berhasil menyelamatkan Cade dari kantor KSI. Dalam perjalanannya ternyata Joshua mengirim transformer buatan yang salah satunya bernama Galvatron untuk melawan Autobots. Terjadi tembak-menembak dan perkelahian di jalanan. Transformer buatan tidak sepenuhnya menurut kepada perintah Joshua, termasuk juga dapat berbicara.

Optimus Prime tertembak oleh Lockdown dan sekarat lalu dibawanya kedalam pesawat ruang angkasa dan memenjarakannya. Lockdown mengatakan bahwa pembuat transformer menginginkan Optimus Prime kembali. Tessa yang bersembunyi di dalam mobil ikut terangkat ke dalam pesawat dan Cade berusaha menolong tetapi gagal.

Optimus Prime dimasukkan kedalam penjara sedangkan Tessa berusaha mencari jalan keluar. Tessa melihat Harold melakukan pertemuan dengan Lockdown dan memberikan ‘benih’ sebagai barter telah menangkap Optimus Prime. Cade, Shane dan Autobots memasuki pesawat dan berhasil membebaskan Optimus Prime sekaligus menemukan Tessa. Tidak mudah untuk keluar dari pesawat karena adanya robot anjing yang mengejar dan harus lewat tali untuk turun dari pesawat. Sedangkan Autobots meloloskan diri dengan menggunakan pesawat kecil sesaat sebelum meluncur ke ruang angkasa.

Optimus Prime merasa bahwa Galvatron merupakan reinkarnasi dari Megatron mengingat otak dan pikiran yang bersumber dari Megatron. Karena itu dia bisa berbicara memerintahkan tranformer baru lainnya. Tessa menceritakan benih yang diberikan oleh Lockdown kepada Harold. Optimus Prime menjelaskan bahwa benih itu digunakan untuk menghancurkan makhluk hidup dibumi dan mengubahnya menjadi bahan logam yang selanjutnya dipakai untuk membuat transformer.

Harold dan Joshua memindahkan operasional mereka dan membawa transformer buatan serta benih ke Cina. Cade berusaha menghubungi dan menjelaskan tentang benih kepada Joshua agar tidak mengaktifkan Galvatron. Karena galvatron akan mengincar benih tersebut untuk dijadikan sebagai pasukannya yang akan membunuh semua manusia. Namun terlambat, Galvatron menjadi aktif dengan sendirinya.

Sementara itu, di ruang angkasa Lockdown menyadari bahwa tawanannya melarikan diri bahkan dengan mencuri pesawat kecilnya sehingga memutuskan untuk kembali ke bumi.

Joshua sadar, dibantu oleh Yueming melarikan diri dan menyelamatkan benih dari kejaran Harold dan Savoy. Pada akhirnya bersembunyi di atap. Cade datang untuk menolong tetapi muncul juga Galvatron dan pasukannya. Terjadi pertarungan dan tembak-menembak antar transformer.

Autobots kalah dalam jumlah, untuk itu Optimus Prime memutuskan melepaskan para tawanan dari penjara dalam pesawat. Ada empat tawanan yang dilepas yang disebut Dinobots dan meminta mereka untuk membantunya. Wujud mereka adalah robot dinosaurus. Akhirnya mereka memenangkan pertarungan itu namun Galvatron berhasil melarikan diri.

Tiba-tiba muncul Lockdown dengan pesawatnya yang menghisap benda-benda logam dan memuntahkannya kembali sehingga membuat porak-poranda sebagian isi kota. Optimus melakukan perlawanan terhadap Lockdown dan Cade juga berhasil mengalahkan Harold. Pada akhirnya kebaikan tetap menang melawan kejahatan. Optimus menyembunyikan benih di luar angkasa yang tidak diketahui oleh siapapun agar aman. Yang pasti, masih ada kelanjutannya karena Galvatron masih bebas.

Film keempat ini sedikit membosankan karena durasinya yang panjang kurang lebih 2 jam 45 menit. Terlebih lagi tidak ada hal yang baru dan inovatif dalam memperkaya nuansa cerita. Penulis merasa bosan diawal-awal film dan bahkan mengantuk karena merasa kurang digarap secara maksimal adegan dan dramanya. Perkelahian dan pertarungan juga monoton bahkan masih lebih bagus seri sebelumnya yang dibuat secara slow motion. Spesial efek juga biasa-biasa saja dan sudah sering ditampilkan dalam film lainnya. Bahkan robot baru yang bernama Galvatron tak ubahnya mirip seperti Iron Man dengan lubang di dada dan bersinar.

Permainan Mark Wahlberg cukup lumayan walaupun masih kurang bila dibandingkan dengan Shia LeBeouf dalam seri sebelumnya. Peran Nicola Peltz juga biasa-biasa saja. Akting Jack Reynor terlihat kaku namun sedikit terbantu oleh tampangnya yang tampan.

Kekurangan dalam film ini adalah tidak dijelaskan mengapa Optimus Prime bisa berubah dari truk lama menjadi truk dengan model baru hanya dengan berpapasan dengan truk lainnya. Bagaimana bisa Lockdown bekerja sama dengan Harold dan melakukan perjanjian barter padahal secara kekuatan Lockdown mampu menghancurkan sebuah kota. Bagaimana bisa Joshua membuat transformer baru padahal bahan logamnya yang khusus seperti benih tidak punya. Ukuran Dinobots tidak konsisten, kadang terlihat kecil kadang terlihat besar berkali-kali lipat dari transformer.

Film ini boleh dikatakan menghibur dan cocok buat ditonton saat liburan sekolah.

No comments:

Post a Comment