Friday, 5 February 2016

The 5th Wave


The 5th Wave
---------------

Film ini diadaptasi dari novel berjudul The 5th Wave karya Rick Yancey yang dirilis pada tahun 2013. Novel ini merupakan seri pertama dari serial trilogi yang terdiri dari 3 buku. Buku kedua berjudul The Infinite Sea yang diterbitkan pada tahun 2014. Sedangkan buku ketiga rencananya akan diterbitkan pada tahun 2016 ini dan berjudul The Last Star.

Film ini bercerita mengenai aliens dan manusia. Aliens menjajah bumi dengan teror-terornya yang dibagi dalam lima gelombang. Gelombang pertama adalah Aliens melakukan pemadaman listrik. Gelombang kedua yaitu Aliens membuat gempa bumi dan banjir Tsunami. Gelombang ketiga adalah Aliens menyebarkan virus flu burung. Gelombang keempat yaitu Aliens masuk ke dalam tubuh manusia dan mengendalikannya. Geombang kelima masih menjadi misteri.

Pada adegan awal film ini menunjukkan Cassie (Chloƫ Grace Moretz) yang sedang berada di sebuah toko kosong dan berhadapan dengan seorang pria yang terluka. Pria tersebut meminta pertolongan. Mereka berhadap-hadapan dan saling menodongkan senjata. Cassie berpikir keras antara menembak atau tidak karena dibenaknya tertanam gambaran jangan percaya kepada siapapun karena bisa saja pria itu penjelmaan Aliens. Sayangnya Cassie yang sekarang bukanlah Cassie yang dulu yang manis dan lembut. Akhirnya pria tersebut ditembak hanya karena melihat kilauan dari kalung salib yang digenggam yang dikira pistol oleh Cassie.

Premise awal ini cukup menjanjikan akan bagusnya film ini. Namun sayangnya banyak hal yang tidak konsisten sehingga mengurangi harapan yang sudah dibentuk tersebut. Kisahnya menjadi klise mengenai Aliens yang mencintai manusia. Bagaimana mudahnya Evan (Alex Roe) jatuh cinta hanya dengan melihat Cassie ? Padahal tugasnya untuk membunuh bahkan jari sudah akan menekan tombol senjata. Ditambah lagi keluarga Evan dibumi meninggal semua akibat virus flu burung Aliens. Mengapa dia tidak menyelamatkan keluarganya ?

Gelombang keempat adalah Aliens menyusup kedalam tubuh manusia. Namun hal tersebut tidak nampak dalam film ini. Apakah Aliens masuk melalui mulut atau gigitan atau hal lain tidak dijelaskan. Sosok Aliens sendiri tidak diperlihatkan seperti apa. Justru yang tampak adalah binatang yang menyerupai gurita dan berada di otak manusia. Itupun sebenarnya palsu. Gelombang keempat juga tidak konsisten. Padahal Evan yang merupakan jelmaan Aliens sudah dikirim sejak lama di bumi seharusnya menjadi gelombang pertama.

Gelombang kelima adalah anak-anak yang dilatih menjadi tentara untuk membunuh manusia. Anak-anak ditipu dengan menggunakan kapsul yang ditanam dileher belakang. Bila mereka melihat manusia maka akan ada binatang Aliens di dalam kepala manusia. Anak-anak mengira manusia itu sudah dimasuki Aliens dan harus dibunuh. Padahal yang menjadi Aliens adalah Jenderal Vosch dan anak buahnya yang merekrut mereka.

Chloƫ Grace Moretz bermain cukup bagus wajahnya mampu mengekspresikan kegembiraan, kesedihan, ketakutan dan keberanian. Alex Roe bermain biasa saja dan terbantu dengan wajahnya yang tampan. Nick Robinson yang berperan sebagai Zombie berperan biasa juga.


Diakhir cerita Cassie dibantu oleh Zombie dan Evan menyelamatkan adiknya, Sam di kamp militer pimpinan Jenderal Vosch. Kamp militer dihancurkan dan diledakkan oleh Evan. Namun tidak ketahuan Evan masih hidup atau sudah mati. Vosch dan anak-anak yang dilatih sudah pergi dengan pesawat menuju tempat lain. Teka-teki masih berlanjut karena film ini berseri.

1 comment:

  1. Hee aku udah nnton film ini tp ttp baca sinopsisnya detail bagus bgt hee aplg pas diakhir d review kelbhn n kekuranganya.. Pokoknya bner2 super detail seperti nonton filmnya bneran

    ReplyDelete