Sunday 3 February 2013

Parker


Parker
---------


Film ini diadaptasi dari cerita serial novel Parker yang berjudul Flashfire hasil karya Richard Stark. Seri pertama novel Parker berjudul The Hunter dirilis pada tahun 1962 sedangkan seri terakhir yaitu seri ke-24 berjudul Dirty Money dirilis pada tahun 2008. Flashfire sendiri adalah novelnya yang ke-19 yang dirilis pada tahun 2000. Nama Richard Stark sendiri sebenarnya adalah nama samaran dari Donald E. Westlake yang lahir di New York Amerika Serikat pada tahun 1933 dan meninggal dunia tahun 2008. Prestasinya adalah memenangkan tiga kali Edgar Award, sebuah ajang penghargaan yang bergengsi.
Parker (Jason Statham) adalah seorang pencuri yang bekerja sama dengan Melander (Michael Chiklis) dan timnya berjumlah 3 orang yaitu Danzinger, Ross dan Carlson. Parker setidaknya adalah pencuri yang baik karena mempunyai prinsip hanya mencuri dari orang-orang kaya dan menghindari adanya korban jiwa. Tujuan mereka adalah mencuri uang pada pesta perayaan negara bagian Ohio.
Uang berhasil dicuri tetapi sayangnya ada korban jiwa akibat aksi mereka. Sesuai pembagian yaitu setiap orang mendapatkan 200 ribu dollar. Namun apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Parker saat dia melihat gelagat yang mencurigakan ketika di dalam mobil. Dia dikhianati oleh Melander dan timnya. Dia ditembak.
Untunglah ada keluarga petani yang mobilnya sedang lewat dan menemukan Parker dipinggir jalan dan ternyata masih hidup walaupun lukanya sangat parah. Dia dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan. Setelah dia sadar maka langsung kabur dengan menggunakan pakaian perawat karena polisi akan menginterogasinya.
Parker ingin balas dendam dan berusaha mencari tahu keberadaan mereka. Akhirnya didapat nama Bobby yang merupakan kakak dari Danzinger. Dari situ diketahui Melander dan timmnya berada di Palm Beach. Bobby tak terima disatroni oleh Parker dan dia mengirim pembunuh bayaran untuk menghabisi istri Parker yaitu Claire (Emma Booth). Claire berhasil meloloskan diri dan pergi mengungsi ke suatu tempat dan termasuk juga Hurley (Nick Nolte) sang mertua.
Berbekal identitas palsu dengan mengaku sebagai pengusaha minyak dari equador maka parker pergi ke Palm Beach, sebuah tempat yang aman dengan ratio jumlah 1 polisi menjaga 8 warganya. Orang-orang kaya dan terkenal berkumpul disana. Dia ingin membeli rumah mewah dan berkenalan dengan agen properti Leslie (Jennifer Lopez). Leslie yang seorang janda dan tinggal dengan ibunya tertarik dengan parker yang kaya. Leslie menyelidiki identitas Parker dan rekening tabungannya dan akhirnya tahu kalau Parker tidak kaya. Akhirnya terjadi deal untuk mengikutsertakan Leslie dalam aksinya.
Diketahui bahwa Melander dan timnya membeli sebuah rumah untuk dijadikan markas dimana selanjutnya akan melakukan aksi pencurian besar-besaran. Tujuannya adalah mencuri pada saat lelang perhiasan. Parker mempunyai rencana untuk mencuri balik hasil tersebut. Tiba-tiba datang pembunuh bayaran yang menyatroni kamar hotel Parker. Terjadi perkelahian dan pertarungan yang dimenangkan oleh Parker walaupun akhirnya luka parah.
Malamnya Melander dan timnya menyamar sebagai pemadam kebakaran yang akan memadamkan api di ruangan lelang perhiasan. Mereka berhasil mencuri perhiasan-perhiasan yang ada. Tentu saja Parker tidak tinggal diam. Parker sudah melakukan persiapan di rumah kelompok Melander untuk balas dendam sekaligus merebut hasil curian mereka.
Parker berhasil mendapatkan perhiasan-perhiasan itu dan menitipkannya pada Leslie untuk sementara waktu. Setahun kemudian Leslie mendapat kiriman paket berupa uang yang dikirim oleh Parker sesuai janjinya. Parker juga mengirim uang kepada petani yang menyelamatkannya waktu di Ohio.
Film ini diawalnya terlihat bagus dan menjanjikan namun sesi berikutnya terkesan membosankan. Sudah banyak film yang mempunyai plot cerita yang hampir mirip. Jagoan utama dikhianati, dikira mati tapi masih hidup, ada yang menyelamatkan, balas dendam, keluarga yang diteror pembunuh bayaran, pencurian dengan menyamar badut atau pemadam kebakaran. Beberapa adegan ingin ditampilkan agar penonton tertawa tapi rasanya garing sekali alias tidak lucu.
Kelemahan dalam film ini yaitu Parker yang ditembak tidak diperlihatkan bagian tubuhnya yang mana yang kena tembak sehingga tidak mati. Setelah sadarpun kondisinya langsung sehat, luka tembakpun tidak ditampilkan justru luka perban ditangan yang diperlihatkan.
Penampilan Jason Statham lumayan walau tidak bisa dibilang bagus bila dibandingkan dengan peran-peran sebelumnya di Transpotter atau Crank yang merupakan film sejenis. Sutradara kurang bisa membuatnya lebih maksimal dalam mengeksplorasi dirinya. Karakternya cukup ambigu karena ada adegan ciuman bibir antara Parker dan Leslie padahal sosok Parker digambarkan orang yang setia dengan istrinya Claire. Penampilan Jennifer Lopez biasa saja dan tidak istimewa walaupun sempat memamerkan kemolekan tubuhnya.

1 comment:

  1. Iyaa memang terkesan biasa, tp pas adegan tangannya tertusuk pisau itu baguss bgt.. hehe

    ReplyDelete