Tuesday 14 May 2013

The Reluctant Fundamentalist



The Reluctant Fundamentalist
-------------------------------------

Galau merupakan sebuah kata yang bisa menghinggapi pada diri semua orang tanpa membedakan dari mana dia berasal. Film ini ingin berbicara tentang kegalauan seseorang sebagai akibat dari akumulasi keadaan yang terjadi pada dirinya. Reluctant Fundamentalist di sutradarai oleh Mira Nair yang berdarah India dan berhasil memenangkan penghargaan Audience Award dalam festival film Mill Valley tahun 2012. Diangkat dari kisah novel berjudul sama hasil karya Mohsin Hamid yang dipublikasikan pada tahun 2007.

 Alur cerita mengalir secara flashback tentang seorang warga negara Pakistan yang bernama Changez (Riz Ahmed). Dia merupakan warga urban yang pindah ke Amerika untuk belajar dan meraih cita-citanya. Setelah dia lulus dari universitas maka bekerja di perusahaan konsultan Underwood Samson. Changez cukup pintar dan brilian sehingga memuluskan karirnya ke jenjang yang lebih tinggi, cita-citanya pun tercapai sudah di usia yang sangat muda sebagai associate director.

 Changez menjalin hubungan kasih dengan Erica (Kate Hudson) yang merupakan keponakan dari pemilik perusahaan Underwood Samson. Namun Erica masih terobsesi dengan pacar lamanya yang telah meninggal akibat kecelakaan mobil. Sebagai orang timur, Changez berharap bisa mempunyai anak namun sebagai orang barat, Erica tidak begitu menginginkannya. Lama kelamaan hubungan tersebut menimbulkan masalah sehingga memisahkan mereka.

 Di saat yang sama terjadi peristiwa 11 September yaitu serangan teroris dengan menabrakkan dua pesawat terbang ke gedung pencakar langit di Amerika. Changez terpesona akan peristiwa itu, bukannya merasa sedih melainkan justru merasa gembira. Pada saat menghadiri pesta perkawinan adiknya di Pakistan sedikit timbul perselisihan dengan ayahnya. Pemeriksaan di bandara yang mencurigainya sebagai anggota teroris dan penangkapan di jalan oleh polisi dengan sangkaan lagi-lagi anggota teroris menjadikannya frustasi. Ocehan dan umpatan dari beberapa orang yang kecewa terhadap Changez menambah bebannya. Situasi dan keadaan yang membuat pikirannya kacau menumpuk secara perlahan-lahan mengakibatkan suatu keputusan yaitu Changez mengundurkan diri dari perusahaan Underwood Samson.

Changez pulang kampung ke Pakistan dan menjadi dosen disebuah universitas. Para mahasiswa kagum dengan kepandaian dan wawasannya. Dia membentuk sebuah kelompok yang memperjuangkan kedaulatan Pakistan dan melakukan demonstrasi bersama kelompoknya. Dia kritis terhadap kebijakan Amerika sehingga membawanya bertemu dengan kelompok garis keras Pakistan.

Rainier, seorang dosen di universitas yang sama diculik oleh kelompok garis keras. CIA mengirim agennya yang bernama Bobby yang sekaligus juga sebagai jurnalis untuk mewawancarai Changez sekaligus mencari tahu keberadaan Rainier. Sayangnya Rainier telah tewas dan Changez dituduh telah mengirim sms ke kelompok garis keras untuk membunuhnya. Padahal sms yang dikirim untuk adiknya. Hal ini menimbulkan kericuhan antara demonstran dan CIA.

Film ini memang dibuat untuk yang senang drama dan butuh perenungan mendalam bukan sekedar film Hollywood pada umumnya. Jadi secara taste lebih mengarah ke timur namun secara style lebih mengarah ke barat. Film ini tidak berbicara mengenai agama melainkan dari sudut pandang yang lain. Hal ini terbukti dengan sosok Changez yang digambarkan sebagai seorang muslim namun tidaklah fanatik. Dia juga minum alkohol, melakukan hubungan intim sebelum menikah, jarang sholat. Hanya sekali saja digambarkan masuk ke dalam masjid.

Lagu-lagu yang mengiringi film ini juga cukup enak didengar, kadang iramanya gembira dan kadang menyayat hati. Pada umunya para aktor dan aktris bermain dengan bagus. Hanya saja Kate Hudson terlalu terlihat dewasa atau tua bila disandingkan dengan Riz Ahmed. Wajah satunya terlihat besar dan satunya lagi terlihat kecil mungil.

No comments:

Post a Comment