Sunday, 12 October 2014

Dracula Untold




Dracula Untold
------------------

Siapa yang tidak kenal dengan makhluk seram penghisap darah manusia dengan gigi taringnya yang tajam dan kebal akan senjata dan muncul di malam hari ? Dia adalah Dracula, sosok menakutkan yang dapat merubah diri menjadi kelelawar dan tidak bisa mati. Sudah banyak film yang mengusung tema Dracula yang mengacu  pada novel berjudul Dracula yang dibuat oleh Bram Stoker yang berasal dari Inggris pada tahun 1897. Dalam film kebanyakan sosok Dracula identik dengan kejahatan teror dan memangsa korbannya dengan sadis tetapi dalam film ini digambarkan sebagai seorang pahlawan. Kisah awal mula terjadinya Dracula diungkap dalam film ini, bukan karena digigit kelelawar atau bukan karena sosok Yudas yang bunuh diri melainkan karena pengorbanan diri untuk menyelamatkan bangsanya. Konon kabarnya cerita dalam film ini mendekati kebenaran akan sejarah yang terjadi.

Di abad pertengahan Sultan Turki meminta upeti berupa 1000 anak-anak kepada Raja Transylvania termasuk anaknya sendiri yang bernama Vlad dan menjadikan mereka prajurit perang untuk melawan musuh-musuh Sultan Turki. Dari sekian banyak anak tersebut yang paling menonjol dan paling kuat serta yang masih bertahan hidup adalah Vlad. Dia dikenal sebagai Vlad sang penyula karena korbannya biasa ditancapkan diatas tombak yang berdiri tegak diatas tanah.

Sekarang Vlad (Luke Evans) telah kembali ke Transylvania dan menjadi pengeran, mempunyai istri yang cantik bernama Mirena (Sarah Gadon) yang dicintainya dan anaknya laki-laki bernama Ingeras (Art Parkinson)yang disayanginya. Kehidupan yang harmonis dan tenang menjadi terusik saat ditemukannya helm prajurit Turki dipinggir sungai yang menandakan kerajaan mereka sedang diintai. Namun yang sedikit heran adalah helm tersebut tercabik oleh sesuatu. Mereka menelusuri aliran sungai dan sampailah di gunung patah hati. Vlad masuk kedalam goa, bukannya prajurit Turki yang ditemukan melainkan nyaris dibunuh oleh monster vampire yang takut akan sinar matahari.

Vlad dan seluruh istana merayakan hari raya Paskah namun utusan Turki datang dengan meminta upeti 1000 anak-anak termasuk Ingeras. Suasana batinnya sedang kacau antara menuruti permintaan itu atau melawan yang berarti perang, padahal kerajaan Transylvania tidak mempunyai prajurit yang banyak. Upaya negosiasi damai dengan Sultan Turki Mehmed tidak berhasil. Vlad tidak rela anak-anak menjadi korban seperti yang pernah dialaminya duhulu sehingga membunuh prajurit Turki yang akan mengambil Ingeras. Hal ini berarti perang sudah di depan mata.

Sadar akan kemampuan dan jumlah prajurit yang dimilikinya sedikit maka Vlad memutuskan mencari kekuatan lain dan yang ditemui adalah monster vampire. Monster vampire memberi kekuatan yang berlaku selama tiga hari namun dengan kelemahan yaitu tidak boleh terkena sinar matahari dan logam perak. Pantangannya adalah tidak boleh minum darah manusia walaupun haus sekali dan keinginan itu kuat mendorongnya tetapi harus bisa menahannya. Apabila berhasil melewati tiga hari maka akan menjadi manusia normal namun jika melanggar maka akan menjadi vampire seterusnya

Vlad dengan kekuatan barunya berhasil mengalahkan pasukan Turki dan hal ini membuat Mirena curiga apalagi luka-luka di badan Vlad menjadi hilang. Vlad jujur menceritakan apa yang terjadi. Seluruh rakyat diperintahkan untuk mengungsi ke biara suci. Setelah sampai di biara, salah satu biarawan curiga dengan Vlad dan berhasil membongkar kedoknya yang merupakan vampire. Vlad berusaha membela diri dan menjelaskan atas apa yang dilakukannya adalah untuk melindungi rakyatnya.

Pasukan Turki sudah mendekati biara maka Vlad menyerang mereka dengan bantuan kelelawar-kelelawar yang berjumlah banyak. Tentu saja dia menang namun tak disangka ada pasukan Turki yang menyusup ke dalam biara. Vlad kembali ke biara namun terlambat Ingeras sudah diculik dan Mirena jatuh dari menara walaupun sudah berusaha ditolongnya. Sebelum meninggal maka Mirena meminta agar Vlad meminum darahnya sehingga bisa melindungi semua orang dengan kekuatannya yang abadi Vlad menjadi galau dan akhirnya memutuskan untuk meminum darah istrinya tersebut dan menobatkan dirinya sebagai Vlad sang Dracula.

Vlad membagi darahnya kepada orang-orang yang masih tersisa agar mempunyai kekuatan seperti dirinya dan menyerang tempat Mehmed berada sekaligus menyelamatkan Ingeras. Pertarungan terjadi antara Vlad dan Mehmed ditenda dengan hamparan uang logam perak yang merupakan kelemahannya. Sedangkan pasukan vampire bertarung melawan prajurit-prajurit yang berjumlah banyak. Akhirnya Vlad berhasil mengalahkan Mehmed dan membebaskan Ingeras. Namun tak disangka pasukan vampire yang dipimpinnya ingin meminum darah Ingeras tentu saja Vlad melindunginya. Muncul biarawan yang menawarkan diri untuk membawa lari Ingeras dan dengan berat hati Vlad merelakannya. Sadar akan kesalahan yang dibuatnya dengan membuat pasukan vampire maka dia memutuskan untuk memusnahkan mereka dan termasuk dirinya sendiri alias bunuh diri. Awan dan mendung disingkapkan sehingga sinar matahari mengenai mereka semua dan membakarnya termasuk Vlad sang Dracula.

Diakhir cerita Ingeras menjadi pewaris kerajaan Transylvania. Lalu ada seseorang yang meminumkan darah kepada tengkorak Dracula dan menjadikannya hidup kembali. Lorong waktu berubah ke jaman modern dan Dracula muncul kembali serta berkenalan dengan perempuan yang wajahnya mirip Morena. Hal ini berarti akan ada seri lanjutannya. Apalagi ada monster vampire yang memberi kekuatan pada Dracula juga muncul di jaman modern membuntuti di belakangnya.

Secara keseluruhan film ini cukup bagus dengan mengusung cerita yang berbeda dari biasanya. Spesial efek yang ditampilkan ketika tubuh hancur karena sinar matahari juga bagus sekali. Tidak ada unsur takut seperti halnya menonton film horor yang menyeramkan. Visualisasi pegunungan dan pemandangan alam yang ditampilkan cukup indah dan menarik walau terlihat sedikit kelam.

Permainan Luke Evans bagus sekali dan mampu memerankan kondisi yang galau dan labil juga mampu menampilkan kekuatan dan kebijaksanaan sang pangeran. Art Parkinson dapat memainkan karakternya dengan baik sebagai anak-anak yang ingin berkorban buat kerajaannya. Film ini cocok buat hiburan dan tontonan yang seru.

No comments:

Post a Comment