Tuesday 10 March 2015

Kingsman


Kingsman
-------------
Kingsman diadaptasi dari tokoh dalam serial novel berjudul The Secret Service hasil karya dari Mark Millar dan Dave Gibbons. Serial ini terbit pertama kali pada tahun 2012 dan sampai saat ini sudah mencapai seri keenam. Jangan berharap cerita dalam film ini akan sama dengan novelnya dan jangan berharap film ini akan seserius film agen rahasia lainnya misalnya James Bond 007.

Eggsy (Taron Egerton) adalah seorang pemuda yang berasal dari keluarga kurang harmonis. Dia tinggal bersama ibunya dan ayah tirinya dalam apartemen kecil. Disertai adik tirinya yang masih kecil. Ayah tirinya yang sewenang-wenang dan terkadang melakukan kekerasan terhadap ibunya membuat Eggsy membenci ayah tirinya. Namun semua emosi itu masih bisa ditahannya namun dampak secara tidak langsung menjadikannya sebagai anak bandel dan pengangguran.

Sebenarnya Eggsy adalah anak yang pintar dan cerdas bahkan sempat dicalonkan untuk mengikuti olympiade karena prestasinya. Sayangnya kematian sang ayah pada saat Eggsy masih kecil mempengaruhi jalan hidupnya. Ayahnya adalah anggota agen rahasia Kingsman yang tewas dalam tugas di timur tengah. Sang ibu tidak menolak bantuan dari pihak Galahad (Colin Firth), atasan ayahnya. Akibatnya tentu susah untuk menanggung biaya hidup dan pada akhirnya menikah lagi dengan Dean, ayah tirinya. Galahad memberikan medali kepada Eggsy dengan nomor telepon di belakangnya serta kode sandi “oxford not brogue” apabila membutuhkan bantuan.

Eggsy ditahan oleh polisi akibat kenakalannya melarikan mobil temannya yang telah menghina dirinya di suatu café. Karena membutuhkan pertolongan maka diteleponlah nomor yang berada di medali. Akhirnya Eggsy bebas berkat bantuan Galahad bahkan Galahad menawarkan untuk mengikuti seleksi menjadi agen rahasia Kingsman.

Seleksi diikuti oleh beberapa orang dengan menganut sistim eleminasi bagi yang gagal dalam tes. Tes pertama adalah banjir di kamar tidur dan harus menyelamatkan diri. Tes berikutnya adalah terjun payung dimana salah satu dari mereka tidak ada parasutnya. Tes selanjutnya yaitu merayu seorang perempuan di diskotik namun tes sebenarnya adalah membocorkan rahasia atau tidak saat ditangkap dan diikat pada rel kereta api dan ada kereta yang mau lewat. Eggsy berhasil mencapai tahap akhir yang menyisakan hanya dirinya bersama dengan Roxy. Tes terakhir yaitu menembak anjing yang merupakan teman dan peliharaan peserta masing-masing. Eggsy tidak tega untuk membunuh anjing peliharaannya dan ini berarti kegagalan menjadi seorang agen rahasia Kingsman. Pemenang dalam rekruitmen ini adalah Roxy.

Disaat yang bersamaan Valentine (Samuel L Jackson) dan asistennya Gazelle berusaha mempengaruhi orang-orang penting dari seluruh dunia untuk bergabung dengan dirinya. Apabila tidak setuju dengan idenya maka akan disekap seperti halnya putri Skandinavia. Idenya adalah mengontrol manusia melalui sim card handphone yang dibagikan gratis. Manusia bisa saling berkelahi, memukul dan melakukan kekerasan satu sama lain. Bagi orang yang mendukung ide tersebut maka akan ditanam alat di belakang telinganya untuk menghindari efek sinyal tersebut. Namun demikian alat tersebut juga bisa meledak bila diinginkan.

Galahad menyelidiki sepak terjang Valentine dengan menyamar sebagai orang Perancis namun ketahuan juga pada akhirnya. Penyelidikan Galahad sampai kepada sebuah gereja di pinggiran kota yang dijadikan ajang uji coba bagi Valentine. Galahad terjebak dalam situasi dan kondisi yang tidak diharapkan. Begitu handphone diaktifkan oleh valentine dan berbunyi di gedung gereja maka terjadilah kekacauan. Sayangnya adegan disensor sehingga penulis tidak tahu apa yang terjadi di dalam gedung gereja. Yang jelas tiba-tiba Galahad muncul dengan pistol ditangan dan badan yang berlumuran darah dengan langkah gontai. Apakah Galahad yang membunuh semua orang di dalam gereja ? Yang jelas tidak ada seorangpun yang keluar dari gereja dan suasana menjadi sunyi dan hening. Tiba-tiba muncul Valentine dan anak buahnya yang menembak Galahad tepat mengenai kepalanya sehingga tewas.

Eggsy yang kebetulan berada di rumah Galahad melihat melalui komputer kejadian tersebut. Dia merasa geram dan kalut pikirannya. Dia mendatangi Arthur yang merupakan pemimpin Kingsman untuk memberitahukan tewasnya Galahad. Secara tidak sengaja Eggsy melihat tanda bekas luka dibelakang telinga yang merupakan ciri khusus pengikut Valentine. Terpaksa Eggsy membunuhnya dengan cara menukar minuman yang sebenarnya dipersiapkan oleh Arthur untuk membunuh Eggsy. Sayang sekali cerita pengkhianatan ini muncul pada seri awal ini karena terasa terlalu cepat untuk mempunyai lawan dari internal Kingsman. Seharusnya pengkhianatan ketua dimunculkan pada seri ketiga atau keempat sekaligus untuk mengganti pemainnya bila dirasa terlalu tua.

Eggsy bersama dengan Roxy serta Merlin berusaha menggagalkan rencana valentine. Roxy diberi tugas untuk menghancurkan satelit milik Valentine yang berada diluar angkasa. Sedangkan Eggsy diberi tugas untuk menyamar masuk dalam markas Valentine. Merlin menjadi operator kontrol yang membantu mereka melalui layar komputer sekaligus sebagai pilot.

Terjadi tembak-menembak antara Eggsy dan anak buah Valentine serta pertarungan yang seru dengan Gazelle si kaki pisau. Cukup menarik apa yang disajikan dalam duel maut ini. Pada akhirnya kebenaran akan menang melawan kejahatan.

Film ini memang film ‘sersan’ alias serius tapi santai. Penonton akan diajak mengikuti alur cerita ala spionase dengan unsur komedi yang baik dan tidak dibuat-buat. Unsur darah dan kekerasan diramu dengan sedikit berlebihan namun terasa tidak menjijikkan. Misalnya tubuh yang terbelah menjadi dua akibat kaki Gazelle, kepala yang meledak dengan gambaran siluet asap diatas kepala.

Permainan bintang muda dari Inggris Taron Egerton patut diacungi jempol. Wajahnya yang tampan dan lugu serta berkharisma sangat cocok memerankan tokoh agen rahasia muda. Pesona dan daya tariknya tidak kalah dengan tokoh James Bond yang sudah melegenda. Dia mampu berakting sebagai seorang yang bandel dengan tanpa beban terlihat saat mencuri mobil. Ekspresi wajahnya tampak menikmati sekali dan lepas. Demikian juga saat berakting galau tampak sekali raut wajah yang begitu resah.

Akting dari Samuel L. Jackson juga baik dengan logat bicara yang mendesis mampu bermain sesuai karakternya. Demikian juga Colin Firth dapat menunjukkan aktingnya dengan baik dengan aksen Inggrisnya yang kental.


Kalau James Bond adalah agen rahasia yang sudah tua maka Kingsman adalah yang masih muda dan energik. Secara keseluruhan film ini baik dan penulis merekomendasikan untuk menontonnya. Penulis menebak akan ada seri kelanjutannya mengingat suksesnya film ini.

No comments:

Post a Comment