Tuesday 26 May 2015

Reclaim



Reclaim
----------

Kadang kala untuk mewujudkan niat baik seseorang tidak begitu mudah seperti yang diperkirakan. Ada orang-orang yang memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi demi yang namanya uang. Demikianlah film ini bercerita mengenai kebaikan yang dibalas dengan kejahatan dalam format drama action.

Steven (Ryan Phillippe) dan Shannon (Rachelle Lefevre) adalah pasangan suami istri yang berasal dari Amerika. Shannon pernah hamil dan mengalami kecelakaan lali lintas sehingga mengalami keguguran. Untuk itu dia mendapat uang kompensasi yang besar. Untuk menghilangkan kesepian dalam hidupnya maka mereka mengadopsi seorang anak perempuan bernama Nina (Briana Roy). Nina adalah pengungsi dari Haiti yang saat ini berada di Puerto Rico.

Niat baik itu terlaksana dengan mendatangi langsung tempat penampungan Nina di Puerto Rico yang dipimpin oleh Reigert (Jacki Weaver). Hal ini tidak gratis melainkan ada biaya kurang lebih sebesar $60.000,- atau sekitar Rp.780 juta. Reigert masih mengurus paspor Nina kurang lebih seminggu jadinya dan untuk itu mereka dipersilakan saling mengenal satu sama lain. Merekapun memilih menginap di resort dekat pantai.

Di resort tersebut mereka berkenalan dengan Benjamin (John Cusack), Salo dan Paola. Steven merasa kurang sreg dengan keberadaan mereka sehingga pindah ke hotel lain. Tak disangka setelah pindah pun Steven bertemu lagi dengan mereka di bar. Melihat gelagat yang kurang beres dia berusaha menghindar namun upayanya malah membuat Salo memukulnya.

Keesokan paginya Nina tidak ada di kamar hotel alias hilang. Steven dan Shannon kalut dan mencari kesana kemari namun tidak ada. Laporan ke polisi tidak membuahkan hasil dan akhirnya mereka menelpon ke tempat adopsi namun tidak bisa dihubungi lagi. Web site yang menawarkan adopsi juga sudah dihapus. Rumah yang dipakai sebagai kantor sekaligus tempat penampungan Nina juga kosong melompong. Merekapun putus asa dan baru menyadari bila telah kena tipu. Rupa-rupanya Steven membayar lagi $30.000,- untuk mempercepat proses adopsi sehingga membuat Shannon marah.

Paola mendatangi kamar hotel dan memberitahukan keberadaan Nina tetapi itu adalah siasat dari Benjamin untuk menculik mereka. Mereka dibawa ke tempat pinggiran kota bernama Maunabo. Mereka dipaksa untuk memberitahukan password rekening bank agar bisa mentransfernya. Rupa-rupanya Benyamin tahu bahwa mereka mempunyai uang yang banyak sebagai hasil kompensasi kecelakaan yang dulu. Dengan terpaksa Steven memberitahukannya karena Shannon diancam akan ditembak. Untunglah transfer uang antar negara membutuhkan waktu dua hari sehingga uang masih aman di bank.

Keesokannya Steven dipaksa mengambil uang secara tunai ditemani oleh Salo. Setelah mengambil uang dia berhasil meloloskan diri dari Salo. Dia pun pergi dengan taksi menuju tempat penyekapan Shannon. Benyamin pergi setelah ditelpon oleh Salo bahwa Steven berhasil lolos. Steven berhasil mencapai rumah penyekapan dan dihadang oleh Paola. Steven berhasil mengalahkan Paola dan pergi memakai mobilnya bersama dengan Shannon dan Nina. Benyamin kembali lagi setelah ditelpon oleh Paola dan bersisipan jalan dengan Steven.

Benyamin pun mengejar Steven dan tak ketinggalan pula Salo sehingga terjadi kebut-kebutan. Pada akhirnya mobil Salo tertabrak truk yang melintas. Mobil benyamin menabrak pohon dan terbakar. Mobil yang ditumpangi Steven, Shannon dan Nina berada di pinggir jurang dan nyaris jatuh. Adegan yang cukup bagus dan mencengangkan terjadi disini ketika Steven berusaha menyelamatkan mereka dari dalam mobil satu per satu.

Mereka bertiga selamat dan datang polisi dengan mobil untuk membawanya kembali. Sedangkan polisi wanita disuruh untuk mengambil data dan foto Benyamin yang tewas. Rupa-rupanya Benyamin tidak tewas dan membunuh polisi wanita tersebut serta memakai mobilnya untuk mengejar mereka. Polisi yang menyetirpun ditembak oleh Benyamin. Steven pingsan dan dimasukkan ke dalam bagasi mobil.

Reigert muncul dan menuduh Benyamin telah berbuat berlebihan. Tetapi Benyamin beralasan bahwa mereka mempunyai uang banyak sehingga bisa diambil uangnya. Reigert mendadak berubah dan meminta bagian serta menawarkan persentase seperti semula namun Benyamin tidak mau karena selama ini selalu mendapat persentase yang kecil. Mendadak Benyamin menembak Reigert.

Shannon berkesempatan melarikan diri dan dikejar oleh Benyamin. Sayangnya saat melompat dari ketinggian kakinya terkilir sehingga tidak bisa pergi lagi. Benyamin menodongkan pistolnya kepada Shannon dan untunglah datang Steven menodongkan pistol kepada Benyamin. Steven berhasil menembak Benyamin dan tewas. Namun tak diduga Nina mengambil pistol dan menodongkan kepada mereka. Merekapun berusaha meyakinkan Nina bahwa mereka akan mengasuh dan membesarkannya. Akhirnya Ninapun menjatuhkan pistol tersebut.

Ada beberapa kekurangan dalam jalinan cerita ini. Ketika Steven meminta kamera CCTV hotel tetapi pihak hotel dan polisi tidak menggubrisnya padahal seharusnya dengan melihat dari CCTV akan ketahuan Nina pergi dengan siapa, dipaksa atau tidak dsb. Kekurangan berikutnya adalah transfer rekening bank butuh waktu selama 2 hari padahal seharusnya bisa langsung tertransfer uangnya apalagi dilakukan online lewat internet.

Permainan Ryan Phillippe sebagai seorang pasangan muda cukup lumayan. Akting Rachelle Lefevre sebagai ibu muda juga cukup lumayan. Sebenarnya akting mereka bisa lebih didramatisir sehingga makin mengharu biru namun hal tersebut tidak dilakukan oleh sang sutradara.


No comments:

Post a Comment