Thursday, 21 May 2015

Zhong Kui : Snow Girl and The Dark Crystal



Zhong Kui : Snow Girl and The Dark Crystal
-------------------------------------------------------

Konon alam dunia ini dihuni oleh 3 unsur kehidupan yaitu manusia yang menghuni bumi, dewa yang berada di sorga dan siluman yang tinggal di neraka. Film ini ingin menceritakan sebagian kecil dari permasalahan itu. Namun sayangnya tema yang menarik ini kurang begitu digarap dengan meyakinkan sehingga terkesan hambar.

Zhong Kui (Kun Chen) adalah seorang pemuda yang sedang belajar untuk dapat masuk menjadi seorang pejabat istana. Dia berkenalan dengan seorang gadis bernama Snow girl (Li Bing Bing) yang muncul dari balik salju. Keduanya saling tertarik dan memadu kasih padahal seharusnya mereka tidak melakukannya mengingat Snow girl adalah jelmaan siluman. Namun cinta membuat mereka menjadi lupa akan takdir masing-masing.

Setiap 1000 tahun siluman-siluman dapat keluar dari neraka dan melakukan reinkarnasi untuk menjadi manusia atau dewa melalui bantuan kristal hitam. Kristal hitam disimpan dalam neraka dibawah pengawasan raja iblis. Dewa Zhang Daoxian mengajukan diri kepada raja dewa di sorga untuk melindungi sebuah desa yang dekat dengan neraka. Hal ini untuk mengantisipasi hari ‘H’ saat seribu tahun yang sebentar lagi tiba dan dikuatirkan akan terjadi kekacauan dari para siluman atau iblis yang keluar dari neraka.

Zhong Kui ternyata gagal masuk menjadi pejabat istana dan melakukan bunuh diri dengan membenturkan kepalanya ke gerbang tembok. Zhong Kui tewas tetapi dewa Zhang membangkitkan kembali tubuhnya walaupun tidak mempunyai roh. Dia melatih ilmu beladiri Zhong Kui dan bahkan dapat merubahnya menjadi sebuah monster tinggi besar. Bentuk animasi monster yang dihasilkan oleh komputer CGI masih terasa kaku dan gerakannya tidak halus. Bila dibandingkan dengan film Hollywood masih berada di level bawahnya.

Zhong Kui diutus oleh dewa Zhang untuk pergi ke neraka dan mencuri kristal hitam. Selanjutnya kristal hitam di simpan disebuah gedung yang dijaga oleh singa. Raja iblis mengirim para siluman untuk mengambil kembali kristal hitam dengan menyamar sebagai penari-penari cantik. Pada saat pertunjukkan tarian maka Snow girl mengalihkan perhatian Zhong Kui dan merayunya. Zhong Kui sadar dan segera mengambil kristal hitam yang disimpan dalam kotak dan membiarkan kotak tersebut seperti sedia kala. Siluman kadal diam-diam mengambil kotak tersebut yang mengira isinya kristal hitam.

Siluman kadal kembali ke neraka dan menyerahkan kotak tersebut kepada raja iblis namun setelah dibuka isinya, tidak ada kristal hitam. Raja iblis muncul dan melakukan serangan dan dihadapi oleh Zhong Kui yang berubah menjadi monster. Raja iblis kalah dan kembali ke neraka. Zhong Kui menyerahkan kristal hitam kepada dewa Zhang. Selanjutnya dewa Zhang berhasil menangkap para penari yang merupakan jelmaan siluman. Snow girl berusaha menolong teman-temannya namun gagal. Zhong Kui menghadapi dilema tatkala disuruh dewa Zhang untuk membunuh Snow girl yang tak berdaya. Akhirnya dia tidak jadi membunuh Snow girl karena masih cinta sehingga membuat dewa Zhang murka.

Snow girl mengajak Zhong Kui pergi ke neraka untuk menemui raja iblis dan mencari tahu sejarah dirinya. Rupa-rupanya dia dimanfaatkan oleh dewa Zhang untuk mencuri kristal hitam di neraka karena seorang dewa tidak bisa masuk neraka. Sedangkan Zhong Kui sudah pernah mati sehingga bisa masuk ke neraka. Selain itu dewa Zhang memiliki ambisi untuk menjadi raja Sorga karena kedudukan dewa Zhang masih di tingkat paling rendah di sorga. Untuk itu dewa Zhang mengadu domba antara manusia dan siluman dengan harapan semuanya hancur dan musnah.

Di saat hari ‘H’ seribu tahun tiba maka dewa Zhang mengambil semua roh manusia dibumi tetapi untunglah datang Zhong Kui dan melakukan pertarungan untuk menyelamatkan manusia.

Yang menarik adalah adanya adegan yang mengharukan ketika Zhong Kui dipaksa untuk membunuh Snow girl dan menolaknya. Cukup terharu dan terenyuh merasakannya. Adegan romantis yang dilakukan mereka berdua cukup menarik dan membuat penonton terpesona. Permainan Kun Chen cukup bagus dalam mengekspresikan karakternya. Demikian juga Li Bing Bing dapat memainkan perannya dengan baik.

No comments:

Post a Comment