Monday 21 May 2012

The Devil Inside



The Devil Inside
----------------------

Film ini adalah film yang kesekian kalinya dalam pengambilan gambar menggunakan sistem hand carry camera sehingga mempunyai gambar yang bergoyang. Pembuatannya dilakukan seperti pembuatan sebuah film dokumenter atau reality show. Menurut saya kurang nyaman dimata karena harus mengikuti gerak kamera kesana kemari. Disamping itu film ini juga menerapkan sistem semi dokumenter yaitu wawancara dengan tokoh-tokoh yang ada ditambah titel yang muncul dibagian bawah. Seperti kita menonton wawancara di TV dengan tokoh A maka dibagian bawahnya tertulis nama dan jabatan dari tokoh A tsb. Tema yang diangkat juga sudah usang yaitu tentang exorcisme. Jadi tidak ada hal baru yang bisa menjadi trade mark film ini dan akhir cerita yang confuse ending alias kasus tidak terselesaikan atau dibuat mengambang.
Terlebih lagi di saat yang sama beredar pula film dengan tema yang sama pula berjudul Exorcismus dengan sutradara Manuel Carbalo.

Isabella (Fernanda Andrade) masih penasaran dengan kasus ibunya 20 tahun yang lalu yaitu telah membunuh 3 orang dan sebagai korbannya ada yang berprofesi sebagai pastor dan suster. Maria Rossi (Suzan Crowly), sang Ibu kini dimasukkan dalam rumah sakit jiwa karena dianggap mengidap gangguan jiwa bipolar. Bersama-sama dengan pastor Ben Rawlings dan pastor David Keane, mereka melakukan ritual exorcisme terhadap Maria Rossi. Namun rupanya setan bisa berpindah tempat dari Maria Rossi ke orang lain.

Sayangnya tidak dijelaskan bagaimana keadaan Maria Rossi setelah ditinggalkan setan, apakah kembali menjadi orang normal atau menjadi orang gila. Dan juga selama 20 tahun berlalu mengapa Maria Rossi tidak membunuh dan berlagak hanya seperti orang gila ? atau dengan pertanyaan lain, mengapa selama 20 tahun ini setan tidak berpindah tempat dari tubuhnya ?

Dalam pengantar filmnya disebutkan bahwa Vatikan tidak mendukung film ini. Walaupun diklaim diangkat dari kejadian yang sebenarnya namun perlu disangsikan apakah senyata itu peristiwa yang terjadi bahwa setan bisa mengalahkan pastor yang sudah mengatasnamakan Tuhan ? Bahkan didalam gereja sekalipun setan bisa merasuki seorang pastor ? Bagaimana orang yang kerasukan setan bisa menelepon emergency call 911 ?

No comments:

Post a Comment