Wednesday, 2 May 2012

Mural



Mural
--------

Setiap negara pasti mempunyai dongeng klasik baik Indonesia, India atau Amerika, demikian juga halnya China. Konon China mempunyai kisah dongeng yang banyak sekali jumlahnya melebihi negara-negara lainnya dan salah satunya diangkat menjadi film ini. Diadaptasi dari dongeng karya sastra berjudul Kisah Aneh Liao Zhai yang ditulis oleh Pu Song Ling pada abad ke-17. Karya sastra tersebut merupakan kumpulan cerita-cerita pendek yang ditulis selama 30 tahun dan salah satunya berjudul Lukisan Dinding (Mural).

Film ini berkisah tentang tiga orang laki-laki yaitu Zhu Xiao Lian, Hou Zia dan Meng yang masuk ke dalam lukisan dinding dan menuju ke dunia lain, entah itu sorga atau entah itu neraka. Di dalam dunia tersebut hiduplah peri-peri wanita yang cantik-cantik namun tidak ada satu priapun yang tinggal disana. Kalaupun ada, tak lebih dari seorang monster yang kelasnya lebih rendah dari seorang peri.

Zhu Xiao Lian (Chao Deng) adalah seorang pelajar yang akan menuju ibukota negara untuk mengikuti ujian sebagai pejabat. Karakternya digambarkan agak sedikit angkuh dan bossy dan kalau menjadi pejabat akan korupsi. Hou Zia (Bei Er Bao) adalah pelayan Zhu yang mendampingi kemanapun perginya sang tuan, taat dan patuh pada perintah. Sedangkan Meng (Collin Chao) adalah seorang penjahat yang akan merampok Zhu.

Penonton diajak memasuki dunia fantasi para peri dalam suatu kerajaan yang dipimpin oleh seorang ratu yang kejam terutama terhadap laki-laki. Keindahan alam, interior dan eksterior kerajaan cukup indah dipandang mata. Pakaian dan tata busana serta tata rias yang digunakan juga menarik. Perkelahian dan teknik bertarungnya bagus serta menampilkan kesaktian yang mantap. Spesial efek yang mumpuni dengan bantuan CGI (Computer Generated Imagery) yang terlihat sangat halus dan setara dengan produksi Hollywood. Terutama dalam penggambaran kura-kura, terasa hidup dan nyata.

Beberapa kekurangan yang ada yaitu Zhu dan kawan-kawan masuk ke dunia lain melalui pintu disamping lukisan. Seharusnya mereka masuk melalui lukisan itu sendiri, itu lebih menggambarkan tema yang diusung film itu sendiri. Demikian juga pada saat Zhu masuk menuju dunia manusia, yang pertama digambarkan dengan tembok yang berlubang namun yang kedua digambarkan dengan cahaya putih yang berkilau. Seharusnya konsisten kalau cahaya putih ya cahaya putih terus yang divisualisasikan.

Melihat film ini anda akan tertawa karena ada adegan yang bersifat komedi dan lucu, walaupun demikian suatu saat anda akan menangis karena adegan yang bersifat melankolis dan tragis. Anda juga akan disuguhi filsafat-filsafat hidup yang sangat berguna terutama tentang Cinta.

Banyak cinta dalam film ini dan juga suatu teka-teki yang digambarkan secara sederhana. Mudan (Shuang Zheng) adalah seorang peri yang jatuh cinta kepada Zhu karena dialah yang mengajaknya ke dunia lain dan merupakan cinta pada pandangan pertama demikian juga Zhu. Namun ternyata Zhu merasa tidak ada getaran chemistry yang timbul. Dan secara tak sadar cintanya timbul kepada Shao Yao (Betty Sun) seorang kepala pengawas peri. Tapi apakah Shao Yao cinta kepada Zhu ? Yang jelas Elang Mas diam-diam mencintai Shao Yao bahkan rela mengorbankan nyawanya demi Shao Yao.

Film ini memberi pembelajaran tentang cinta yaitu anda tidak akan mengerti tentang cinta kalau anda tidak pernah menderita karena cinta. Mencintai seseorang tidak harus memiliki orang tersebut. Bila anda mencintai seseorang maka utarakanlah kepadanya dan jangan disimpan dalam hati. Kekuasaan dan kekuatan tidak membuat orang bahagia tetapi cinta bisa membuat orang bahagia.

28 comments:

  1. filmnya keren abis....... thanks ya....
    aku kira jodohnya itu mudan,trus aku kira tuan ratu wataknya kasar... wah film yang biking penasaran aja...... seppp :)

    ReplyDelete
  2. Aku pengen juga ach masuk ke lukisan kebetulan dirumah ku banyak x lukisan masa kuno,, kira2 bisa ngak Gan. Assseekk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melalui fantasi alam bawah sadar kemungkinan bisa. Mimpi dan melamun termasuk salah satu di dalamnya.

      Delete
  3. Tayangin lgi dong filmnya tpi jngan terpotong oleh acara malam klo bisa sore tayanginnya

    ReplyDelete
  4. Dini hari tadi tayang ya, tapi ending nya kok mati semua tinggal pendeta sama ratu nya, apa bener gitu endinnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Dini hari tadi tayang ya, tapi ending nya kok mati semua tinggal pendeta sama ratu nya, apa bener gitu endinnya??

    ReplyDelete
  6. Itu masih agak panjang kok ceritanya, belum sampai situ
    Karna ada pengorbanan lagi dari seorang shao yao

    ReplyDelete
  7. Keren aslii tp gantung bgt ceritanya

    ReplyDelete
  8. Atas ane psti barusan nnton sama haha.. Lumayan filmnya ada yg tw judul film yg jalan ceritanya sejenis begini apa aja?

    ReplyDelete
  9. Ga paham diakhir"nya min , itu pelayannya sama penjahatnya tinggal tp diakhir film mereka ada didunia manusia . Terus yg pas pamitan sama masternya juga kayak asap" ilng bukan jalan . Sebenernya itu udh didunia manusia ? :/

    ReplyDelete
  10. Cwe nya cantix2 jdi pngen ke china,wkkwkwkw

    ReplyDelete
  11. Filmnya asyik.. betapa besar articinta

    ReplyDelete
  12. 2 orang atas saya habis nonton, termasuk saya hahaha

    ReplyDelete
  13. Asli bikin galau , cuma jalan cerita nya ngegantung bgt .. dan ada jalan crita nya yang bkin bingung juga.. mudah2 an ajaa ada next film nya mural.. sukses slalu untk film ini

    ReplyDelete
  14. Hehehee.. Yg koment dini hari pasti habis nonton dan penasaran serta terbawa alur cerita.. Tapi bagus koq alur ceritanya.. Ada komedi dan romantis serta action.. (Korban film jg deh gw)

    ReplyDelete
  15. Super banget jalan ceritanya... Jadi baper lah..

    ReplyDelete
  16. Aslih film y bagus banget semoga ada lanjutan y soal y masih nanggung.

    ReplyDelete
  17. Aslih film y bagus banget semoga ada lanjutan y soal y masih nanggung.

    ReplyDelete
  18. Sedih ceritanya tapi akhirnya mengecewakan knapa gak tetep tinggal disana aja :( aku pengen serial lanjutannya min plisss :(

    ReplyDelete
  19. Ceritanya sedih lebih sedih dari cerita romeo dan juliet .... pokoknya sedih lah....

    ReplyDelete
  20. Penasaran banget sampai sampai kutunggu sampai jam empat pagi belom juga habis tu acara makan dan jalan jalan makanya ditinggal bobok..

    ReplyDelete
  21. Kenapa ya aku kepikiran film ini mulu ?....pengen liat lagi ... dan film terbaik tersedih yg pernah w liat...
    #maafklolebay

    ReplyDelete
  22. kren ,,seneng banget liat film ini kapan di putar lagi yya ....pengen liat laggiiiiiii...............

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. Sampe nangis ane. Kalian tuh film tayang lagi ya?

    ReplyDelete
  25. Mau dong kenal ama miss mudan. i love u forever...

    ReplyDelete