Wednesday, 9 January 2013

Dead Mine




Dead Mine
--------------

Sebuah film dengan pemain gado-gado dari Indonesia, Inggris, Malaysia dan Jepang yang memiliki genre action thriller. Film ini menggunakan dialog bahasa Inggris walaupun pada beberapa adegan ada pula penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Jepang. Sutradara dari Inggris yaitu Steven Sheil menjadi penggerak utama film ini.

Pryce (Les Loveday) seorang anak jutawan membiayai ekspedisi ke sebuah daerah bernama Unauna di daerah Sulawesi. Sebenarnya misi mereka adalah mencari harta karun berupa emas peninggalan perang dunia kedua yang dikenal dengan harta karun Yamashita. Ikut serta pacarnya yang bernama Su Ling (Carmen Soo) dan ahli sejarah Rie (Miki Mizuno). Tentara bayaran dari Indonesia direkrut untuk mengawal mereka yaitu Kapten Tino (Ario Bayu), Ario (Mike Lewis), Joko (Joe Taslim) dan Sersan Ular (Bang Tigor). Ikut juga Stanley (Sam Hazeldine) yang merupakan pengawal dari perusahaan Pryce.

Ekspedisi ini mengantarkan mereka ke sebuah gua atau tambang lama tak terpakai lagi. Sekelompok orang tak dikenal berusaha membunuh mereka dan meledakkan pintu gua. Mau tak mau mereka berusaha mencari pintu lain untuk keluar dari gua. Tak disangka ternyata masih ada tentara Jepang yang masih hidup dan tinggal disana padahal tambang tersebut sudah ditinggal lebih dari 70 tahun.

Kejutan lainnya adalah muncul monster dari bawah tanah secara tiba-tiba. Monster ini sebenarnya merupakan tahanan warga negara Australia yang mengalami mutasi sebagai akibat eksperimen di masa lalu. Monster ini bertubuh pucat dan kepalanya memakai perangkap besi. Tidak hanya satu tetapi banyak. Masih ada satu kejutan lagi yaitu monster samurai yang tidak mati bila ditembak. Monster samurai merupakan hasil dari eksperimen terakhir yang lebih berhasil. Bahan yang digunakan untuk eksperimen itu adalah emas. Ya, harta karun yang mereka cari sudah habis digunakan untuk eksperimen tersebut. Nyawa merekapun terancam.

Satu per satu mengalami luka dan tewas akibat teror dari monster-monster yang seram. Ketakutan dan kepedihan menghinggapi semua orang. Lari dan sembunyi adalah dua hal yang bisa dilakukan dan bila melawan maka kematian sudah mendekat. Pada akhirnya kisah berakhir dengan Unhappy Ending, mereka semua tewas.

Ario bayu berperan jelek dan kaku. Tidak cocok memerankan karakter seorang Kapten tentara bayaran. Tidak ada ekspresi wajah sama sekali, datar dan tidak ada gejolak. Ario tidak mendalami karakternya sehingga tampak canggung. Cara berjalan dan mengendap-endap tidak menampakkan dirinya sebagai seorang tentara bayaran.

Yang patut diacungin jempol adalah peran Sam Hazeldine dan Miki Mizuno. Mereka berdua bermain bagus dan menghayati karakter yang diperankannya. Mereka tampak dominan dan mengangkat kelas film ini sehingga tampak seperti menonton film buatan Hollywood saja.

Kelemahan dari film ini adalah Sosok Stanley yang menghilang begitu saja. Dia menyelam untuk meloloskan diri mengikuti Rie tapi tidak ada cerita selanjutnya. Berikutnya, monster samurai yang bekerja sama dengan monster mutant untuk mengejar kelompok Pryce. Seharusnya sesama monster tidak akan bisa bekerja sama dan gotong royong. Pada beberapa adegan, dinding gua tampak sekali bila dekorasinya dibuat dari kertas atau kain di dalam studio bukan asli batu-batuan.

No comments:

Post a Comment