Friday 11 May 2012

21 Jump Street



21 Jump Street
---------------------

Bagi generasi muda saat ini tentu tidak mengenal dan merasa asing dengan judul 21 Jump Street. Namun bagi generasi tua, hal tersebut tidak asing lagi setidaknya bagi yang pernah menonton TV sekitar tahun 1990. 21 Jump Street adalah serial TV action yang yang ditayangkan oleh RCTI dan dibintangi oleh aktor-aktor muda yang salah satunya adalah Johnny Depp. Serial tersebut bercerita tentang agen polisi yang muda-muda dan menyamar sebagai siswa sekolah. Nah sekarang judul yang sama dipakai untuk layar lebar. Namun jangan berharap tayangan film ini sama genrenya dengan serial tersebut. Film ini bersifat komedi lucu yang jauh dari kesan serius seperti dalam serial TV sebelumnya.

Schmidt yang diperankan oleh Jonah Hill mempunyai karakter pemuda kutu buku yang pintar namun dalam pergaulannya sehari-hari selalu menjadi bahan olok-olok, terlebih dengan posturnya yang sedikit gembrot menjadi obyek pelengkap. Jenko yang diperankan oleh Channing Tatum justru sebaliknya, mempunyai karakter pemuda yang bodoh dalam pelajaran namun dalam pergaulannya sehari-hari selalu menjadi idola cewek, apalagi postur tubuhnya yang atletis dan wajah yang ganteng, sampai-sampai guru kimianya naksir kepadanya.

Keduanya ditugaskan sebagai agen polisi oleh markasnya yang berlokasi di Jalan Loncat No.21 (21 Jump Street) untuk menyamar ke sebuah sekolah SMA. Tugasnya memberantas peredaran narkoba jenis baru yaitu HFS yang berupa mirip dengan keripik bulat gepeng. Alih-alih memberantas narkoba, mereka malah ’mencicipi’ narkoba itu sendiri. Tentu saja berakibat fatal bagi mereka berdua dengan efek dari narkoba tsb. Kekacauan timbul disana-sini dan bahkan mereka dikeluarkan dari sekolah itu dan nyaris dipecat dari kelompok 21 Jump Street. Tak ingin harga dirinya jatuh maka mereka harus bekerja keras dan bekerja sama agar dapat mengembalikan nama baiknya.

Dalam film ini anda akan dibuat ketawa melihat tingkah laku mereka berdua. Cukup menghibur walaupun terlihat sedikit konyol. Namanya juga film komedi jadi sah-sah saja ada perbuatan konyol menurut orang waras pada umumnya. Anda setidaknya dikenalkan dengan sistem hukum di Amerika yaitu peraturan Amanda (Amanda rule) yang harus dibacakan saat polisi menangkap seorang penjahat. Bila lupa maka penjahat tersebut bisa bebas. Bunyinya kurang lebih sbg berikut: apapun yang anda katakan bisa dipakai sebagai bukti, anda berhak untuk tetap diam dan berhak untuk didampingi oleh pengacara.

Selamat ketawa-ketawa namun saya ingatkan dalam film ini ada kata-kata dalam dialog dan adegan gambar yang tidak cocok untuk anak-anak.

2 comments:

  1. nice article, lagi belajar nulis juga semoga bisa jadi seperti sampean hehe http://leonardfresly.blogspot.com/

    ReplyDelete