Tuesday, 23 October 2012

Looper


Looper
----------

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka Looper berarti orang yang dikirim dari masa yang akan datang ke masa kini melalui mesin pelompat waktu. Namun juga berarti nama sebuah organisasi pembunuh bayaran dan tugasnya untuk membunuh para penjahat yang dikirim dari masa depan. Meskipun sudah banyak film yang mengangkat tema mesin perjalanan waktu namun film ini menyajikannya dengan cerita yang berbeda.

Cerita berlatar belakang tahun 2044 dimana ada jurang antara yang miskin dan kaya. Joe (Joseph Gordon Levitt) seorang yang tampan namun mempunyai pekerjaan sebagai anggota pembunuh bayaran dari kelompok Looper. Kelompok ini bekerja sama dengan kelompok lain di masa depan tepatnya tahun 2074. Kelompok masa depan akan mengirim orang untuk dibunuh oleh Looper di tahun 2044 dengan bayaran perak atau emas batangan. Saat kecil, Joe merupakan bagian dari kaum miskin yang direkrut oleh sang boss untuk dididik menjadi seorang pembunuh bayaran.

Joe secara tidak terduga menemukan fakta bahwa calon korban yang hendak dibunuh adalah dirinya sendiri yang tua (Bruce Willis). Kebingungan antara mau menembak atau tidak sempat merasuki pikirannya. Sebenarnya hal yang mirip sudah terjadi sebelumnya terhadap temannya yang bernama Seth (Paul Dano) sehingga dia memutuskan untuk tidak menembak dirinya sendiri yang tua. Namun hal itu diketahui oleh sang boss sehingga membuatnya marah. Tak ayal lagi Seth muda dan Seth tua diburu dan dikejar. Faktanya, jika tubuh Seth muda dilukai maka berdampak yang sama pada tubuh Seth tua.

Informasi yang di dapat dari Seth tua adalah di masa depan kelompok Looper dipimpin oleh seseorang bernama The Rainmaker yang sangat kejam dan sadis. Dialah yang mengirim Seth tua ke masa sekarang untuk dibunuh. Ternyata Joe tua juga mengatakan hal yang sama. Dan misi Joe tua adalah mencari The Rainmaker yang pada masa sekarang ini masih berusia anak kecil yang bernama Cid (Pierce Gagnon). Rupa-rupanya Cid memiliki kekuatan telekinesis yang dahsyat yang dapat menggerakkan benda-benda dan menghancurkannya tanpa menyentuhnya.

Terjadi perburuan segitiga yang seru. Joe tua memburu Cid untuk membunuhnya agar tidak ada The Rainmaker di masa depan. Joe muda memburu Joe tua untuk melindungi Cid yang masih anak-anak dengan harapan ibunya dapat membimbing dan mengarahkannya sehingga tidak menjadi The Rainmaker. Kelompok Looper memburu Joe muda sebagai hukuman karena telah mengacaukan segalanya dan memburu Joe tua karena telah lolos ke dunia masa sekarang.

Siapakah yang menang ? Suatu ending yang cukup baik yang mungkin tidak disangka-sangka oleh penonton. Sebuah aksi laga yang dibumbui dengan drama tanpa terasa membuat penonton terkesima.

Hampir semua pemain dapat bermain dengan bagus terutama Pierce Gagnon. Walaupun masih kecil, dia dapat memerankan anak yang lugu, pintar dan marah dengan ekspresi wajah yang sesuai.

2 comments:

  1. Baru nonton film nya semalem, endingnya diluar dugaan juga :D overall cukup seru tapi temponya lambat banget ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nontonnya lebih bagus kalau di bioskop :)

      Delete