Monday 22 October 2012

The Raven



The Raven
---------------

Film ini berbicara mengenai seseorang yang bernama Edgar Allan Poe seorang penulis puisi dan buku dari Amerika. Dia lahir pada tahun 1809 dan meninggal pada usia 40 tahun, suatu ukuran yang bisa dikatakan masih muda. Tidak jelas penyebab kematiannya. Ada yang mengatakan karena konsumsi alkohol, ada juga karena obat-obatan dan orang lain mengatakan sakit jantung bahkan yang lebih ekstrim lagi mengatakan bunuh diri.

Mungkin karena hal diatas maka dibuatlah film yang berjudul The Raven ini yang sebenarnya merupakan sebuah fiksi. Yang juga kebetulan adalah judul film ini sama dengan judul puisi yang pernah diciptakannya.

Film ini diawali dengan sebuah tulisan pembuka yaitu ”Pada 7 Oktober 1849 Edgar Allan Poe ditemukan hampir mati di bangku taman Baltimore, Maryland”. Selanjutnya cerita mengalir secara flashback. Terjadi suatu peristiwa pembunuhan di dalam sebuah rumah dengan korbannya seorang ibu dan anak perempuannya secara sadis. Detektif Fields (Luke Evans) yang menyelidiki kasus itu menemukan bahwa ciri-ciri korban serta alat buktinya mirip dengan buku Tales of the crotesque and arabesque karya Edgar Allan Poe (John Cusack). Tuduhanpun mengarah ke Poe dan akhirnya di interogasi. Namun tidak ada bukti kuat bahwa Poe adalah pelakunya.

Korban-korban terus berjatuhan dan situasi kondisinya mirip dengan yang ada dalam buku-buku hasil karya Poe. Buku-buku tersebut merupakan kumpulan cerita yang pernah ditulis pada koran lokal disana. Sayangnya akhir-akhir ini kreatifitas Poe dalam menulis mandeg dan sempat kesulitan keuangan karena tidak ada tulisan yang dimuat dalam koran.

Detektif Fields sadar bahwa bukan Poe pelakunya tetapi orang lain yang meniru dari cerita dalam buku. Untuk itu dia meminta Poe membantunya menyelidiki rentetan peristiwa pembunuhan tersebut. Sayangnya korban terbaru adalah pacarnya sendiri yang bernama Emily (Alice Eve), anak dari seorang kapten perwira yang tidak setuju akan hubungan itu. Hal ini membuat Poe frustasi dan kecewa berat. Untungnya Emily hanya diculik dan tidak dibunuh namun tantangan dari sang penculik kepada Poe bisa membuat Emily tewas. Poe akhirnya menyerah dengan rela bersedia menukar nyawanya dengan Emily.

Siapakah sebenarnya pelaku rentetan pembunuhan tersebut ? jawabannya tak lain adalah asistennya sendiri yang bernama Ivan Reynolds (Sam Hazeldine) yang biasanya mengetikkan naskah yang akan dimuat pada koran.

Kekurangan dalam film ini adalah ketika penunggang kuda dengan mudahnya datang ke pesta kapten perwira padahal penjagaan ketat dilakukan baik di luar maupun di dalam ruangan. Juga ketika Poe diracun maka sudah tampak lemah dan lemas namun kemudian digambarkan kembali kuat, bisa mendorong meja dan menghancurkan lantai kayu serta berjalan jauh sampai ke taman. Seharusnya hal itu tidak bisa dilakukan karena efek dari racun semakin lama akan semakin parah.

Sebagai sebuah film yang penuh dengan teka-teki ala Afred Hitchcock cukup membuat orang untuk berpikir dan menebak. Lumayan juga otak bekerja.

No comments:

Post a Comment