Wednesday, 10 October 2012

Premium Rush



Premium Rush
---------------------

Sebuah film dengan tema sederhana namun unik dengan model penggarapan yang menarik yaitu mengenai dunia kurir atau pengantaran barang dan dokumen. Tidak hanya itu saja, dalam keramaian dan kemacetan lalu lintas kota New York, sang kurir menggunakan sepeda untuk mencapai tujuannya. Sayangnya di Indonesia masih belum ada kurir yang menggunakan sepeda dan pada umumnya masih menggunakan sepeda motor.

Dibintangi oleh Joseph Gordon Levitt yang berperan sebagai Wilee, seorang kurir yang menggunakan sepeda tanpa rem dan tanpa multi gear. Wilee menerima order pengiriman sebuah amplop dari Nima (Jamie Chung) untuk dikirim kepada sister Chen sebelum jam 19:00 malam sudah harus sampai. Amplop ini berisi tiket atau kode yang bisa dipakai sebagai ganti uang tunai bagi siapapun yang memilikinya. Sebenarnya tiket ini adalah pembayaran Nima kepada kelompok snake head untuk memasukkan anaknya dari China menuju Amerika. Amplop ini ingin direbut oleh Bobby (Michael Shannon) yang ternyata adalah seorang polisi yang mempunyai perilaku buruk. Dia memiliki hobi judi dan mempunyai hutang banyak kepada rentenir.

Film ini dibuat dengan cara multiple flashback yaitu menceritakan kejadian sebelumnya dengan lebih dari satu kali. Flashback pertama mengisahkan kejadian dari sudut pandang Wilee yaitu saat menerima order pengiriman amplop sampai mengalami kecelakaan. Flashback kedua menceritakan kejadian dari sudut pandang Bobby yaitu permainan judinya sampai usahanya merebut amplop. Flashback ketiga menjelaskan kejadian dari sudut pandang Nima yaitu mulai dari menyetor uang sampai dianiaya Bobby.

Kelebihan dalam film ini adalah proses penyajian gambar yang digabungkan dengan animasi. Pencarian rute jalan mirip dengan google map, yang semula berbentuk grafis lalu berubah menjadi gedung-gedung real. Dalam suasana macet atau crowded maka diperlukan kepiawaian dalam mengarahkan sepedanya dan bila perlu melewati trotoar. Kondisi tersebut digambarkan dengan pengambilan keputusan dari berbagai alternatif arah yang ada. Misalnya kalau lewat kiri hasilnya nanti seperti apa, kalau lewat kanan hasilnya bagaimana, kalau lewat tengah mungkin menabrak orang.

Aksi kejar-mengejar dan balap-membalap ditengah hiruk pikuknya kota New York dengan gedung-gedungnya yang tinggi cukup bagus. Pengambilan gambar terlihat alami dan menyatu dengan kondisi lalu lintas yang ada dan masyarakat sekitarnya. Coba bandingkan bila syuting dilakukan di Indonesia maka banyak orang yang bergerombol dan “menonton” sehingga kesannya tidak alami. Dalam film ini ada kejadian flash mob nya yaitu berkumpulnya para kurir sepeda yang jumlahnya banyak untuk membantu Wilee.

Sayangnya dalam adegan bersepeda tidak ada yang menunjukkan atraksi dan akrobatik sepeda itu sendiri. Eksplorasi yang lebih pada seni bersepeda kurang digarap. Seandainya ada, tentu akan menambah nilai pada film ini.

Film ini adalah bukan sebuah film komedi tetapi bisa membuat anda tertawa-tawa. Film ini juga bukan sebuah film serius tetapi bisa membuat anda berpikir bak sebuah teka-teki. Film ini diolah dengan ringan dan sederhana sehingga tidak memberatkan pikiran penonton, justru semakin menghibur.

1 comment:

  1. Saya juga suka film ini, kebetulan saya ada koleksinya, silahkan kunjungi blog saya :D
    Premium Rush [ 2012 USA BrRip 1080p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 1400 MB ]

    http://bioskop21free.blogspot.com/2014/11/premium-rush-2012-usa-brrip-1080p-yify.html

    Koleksi juga: 500 Film Terbaik Sepanjang Masa

    ReplyDelete