Wednesday, 15 August 2012

I Miss U



I Miss U
------------

Jangan mudah terpancing dengan poster dan judul film ini yang manis dan so sweet. I Miss You adalah sebuah film buatan Thailand yang bergenre horror yang dikemas dengan cukup menarik. Sempat menjadi box office di negaranya pada bulan Juni 2012. Idenya sederhana dan mungkin sudah pernah ada cerita yang mirip-mirip seperti itu namun dibuat cukup serius tanpa ada komedi didalamnya. Kalaupun ditemukan komedi dalam film ini, itu hanya satu sesi saja dan tidak dibuat-buat. Perbedaannya dengan film horror Indonesia adalah terlalu banyak komedi yang dibuat-buat.

Berkisah mengenai keputusasaan dokter Tana (Jesdaporn Pholdee), seorang lelaki tampan dan tajir yang ditinggal mati oleh sang kekasih yaitu dokter Nok (Natthaweeranuch Thongmee) karena kecelakaan mobil. Untungnya dokter Tana selamat dari peristiwa tersebut. Dan sudah dua tahun lamanya dokter Tana masih tetap setia dengan tidak mempunyai pacar baru. Dudukpun selalu menyendiri dengan kursi kosong didepannya seolah-olah disediakan buat sang kekasih. Minumpun sendiri dengan memesan 2 cangkir kopi seolah-olah satunya lagi untuk sang kekasih.

Bergabunglah dokter baru bernama Bee (Apinya Sakuljaroensuk) yang diam-diam menaksir dokter Tana. Dia bermaksud menolong agar tidak terjebak dalam kesedihan yang terus-menerus. Namun rumor berkembang di sana bahwa bila ada sesorang yang menyukai dokter Tana maka arwah dokter Nok tidak akan terima dan akan menghantuinya. Dokter Bee percaya atau tidak, mau atau tidak harus berhadapan dengan arwah tsb. Gangguan-gangguan dan bayangan-bayangan terus menghantuinya.

Alur cerita yang berkelok-kelok tanpa ada tujuan yang jelas. Di satu sisi, Sutradara ingin menunjukkan kecemburuan sang arwah dengan teror-teror dan penampakan pada korban-korbannya termasuk ke dokter Bee. Tapi disisi lain arwah tsb membantu menyembuhkan kembali dokter Bee. Namun disisi lainnya lagi menunjukkan seolah-olah dokter Nok membutuhkan bantuan dari dokter Bee untuk mengungkap sebab-musabab kecelakaannya. Ternyata di malam kecelakaan tersebut dokter Nok mengetahui perselingkuhan dokter Tana dengan wanita lain, anak pemilik rumah sakit. Dengan bukti sebuah foto mesra, akhirnya terjadilah pertengkaran di dalam mobil yang sedang melaju di jalan dan terjadilah kecelakaan.

Beberapa kelemahan dalam film ini yang penulis temukan adalah pertama, bukti sebuah foto mesra masih ada didalam mobil tsb. Lucunya mobil tersebut seharusnya sudah rusak atau kalaupun direparasi maka fotonya seharusnya sudah hilang atau rusak atau sudah diambil. Tapi ini terselip dan tersimpan rapi di karpet mobil. Kedua, HT (Handy Talky) yang digunakan oleh petugas lalu lintas masih menggunakan antena panjang padahal seharusnya untuk jaman modern sekarang ini sudah tidak ada lagi yang menggunakan HT model seperti itu. Ketiga, burung yang meneror dokter Bee bentuknya terlalu kecil seperti burung emprit padahal kepakan sayapnya bunyinya keras. Seharusnya burung yang dipakai lebih besar misalnya burung gagak yang memang identik dengan horor. Keempat, wallpaper bergambar dokter Nok seluruh badan tampak berbeda pada saat hendak dilepas dari tembok dibanding gambar sebelumnya yang hanya setengah badan.

Kelebihan dalam film ini adalah adegan kecelakaan digarap dengan bagus dibantu dengan spesial efek yang cerdik sehingga aroma kecelakaan bisa dirasakan oleh penonton juga. Guncangan, benturan dan pecahan kaca membuat terhenyak penonton dan ikut sekaligus dalam nuansa galau. Lagu-lagu yang lumayan enak didengar walaupun terasa asing bahasanya di telinga penonton.

Ending film ini adalah sebuah keputusan yang benar yaitu dengan meninggalnya dokter Tana akibat bunuh diri. Ya, setidaknya arwah mereka berdua bisa bersatu kembali sedangkan dokter Bee bisa terus menjalani kehidupan sehari-harinya.

8 comments:

  1. walau endingnya kurang greget ... FX hantunya kurang waktu darah ngocor dari leher dr.nok ketahuan amat editannya tapi lumayan dari pada film hantu indonesia banyak seksnya

    ReplyDelete
  2. Memang secara umum kualitas film hantu Indonesia masih tertinggal dengan Thailand.

    ReplyDelete
  3. bagi link download min,,, kualitas Bluray 720p..

    http://www.zeromovi3.us/2013/11/i-miss-you-2012-bluray-720p.html

    ReplyDelete
  4. tau jdul lgu ost film ini? penyanyinya laki-laki
    info dong :D
    thanks

    ReplyDelete
  5. saya bingung dengan alur dan ending flim ini sehingga merasa perlu mencari sinopsisnya.pesan terkesan tidak konsisten...pendek kata rumit

    ReplyDelete
  6. Endingnya aku agak bingung, pas Dr Bee buatkan bunga mawar ke pot kan si Dr Thana nya ada di tempat tidur, eh pas berbalik dia g ada, apa maksud ceritanya si Dr Bee juga g bisa ngelepas Dr Thana juga ya. Hemmm (baru nonton)

    ReplyDelete