Tuesday 21 August 2012

The Four



The Four
-------------

Film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul The Four karya pengarang Woon Swee Oan menyajikan genre silat mandarin yang menarik dan berlatar belakang dinasti Song yaitu sekitar tahun 960 – 1120. Pengarang kelahiran Malaysia ini memberi nuansa cerita yang berbeda pada umumnya yaitu ada unsur semacam teka-teki dalam memecahkan suatu kasus. Konon film ini merupakan seri pertama dari trilogy yang akan dibuat.

The Four mengisahkan tentang empat orang pembela kebenaran yang bernama Leng Lingqi (Deng Chao) alias manusia srigala, Cui Lueshang (Ronald Cheng) alias pencuri jiwa, Tie Youxia (Collin Chou) alias tangan besi dan Sheng Yayu (Crystal Liu). Lingqi yang sejak kecil dipelihara oleh binatang srigala mempunyai sifat temperamental yaitu mudah marah dan mudah emosi. Bila sudah demikian maka tubuhnya akan berubah menjadi mirip srigala dengan gigi taringnya yang tajam dan matanya yang ganas. Lueshang adalah seorang penagih hutang atau debt collector yang mempunyai reputasi selalu berhasil menagih dan tidak pernah gagal. Ilmu silatnya tinggi dengan kelebihan dapat mencari dan mengendus keberadaan seseorang dengan cepat. Youxia mempunyai kelebihan pada tangannya yang kuat. Yayu adalah seorang gadis yang lumpuh kakinya sehingga selalu duduk pada kursi roda namun mempunyai kekuatan telepati yang dapat menggerakan benda-benda di sekitarnya. Disamping itu dia dapat membaca pikiran seseorang dihadapannya.

Kisah dimulai dengan penyelidikan departemen 6 atas hilangnya kotak pencetak uang koin dari gudangnya. Departemen 6 adalah petugas keamanan yang dibentuk oleh pangeran dan dikepalai oleh Liu. Ternyata adanya peredaran uang palsu di pasaran membuat resah dan gelisah masyarakat sehingga menjadi masalah nasional. Maka raja mengutus petugas suci yang dikepalai oleh Zhuge Zhengwo untuk menyelidiki otak dibalik peredaran uang palsu tersebut. Petugas suci adalah semacam agen rahasia yang terdiri dari Youxia dan Yayu serta beberapa orang lainnya. Jadi ada dua kelompok yang mempunyai kepentingan yang sama untuk menguak masalah uang palsu tersebut.

Penyelidikan mengarah kepada seorang bernama Jia San yang sedang membawa kotak pencetak uang koin yang hilang di sebuah rumah makan. Tiba-tiba datang pencuri jiwa yang tujuannya adalah menagih hutang kepada Jia San. Sayangnya kedatangan tersebut di waktu yang salah dan tempat yang salah. Mengapa ? karena departemen 6 dan petugas suci sudah mengepung tempat tersebut. Singkat kata, terjadilah pertarungan memperebutkan Jia San antara pencuri jiwa dan manusia srigala yang merupakan anggota departemen 6. Pencuri jiwa akhirnya tertangkap oleh pasukan departemen 6. Zhuge berusaha menyelamatkan pencuri jiwa dengan cara barter dengan Jia San.

Zhuge menawarkan kepada pencuri jiwa untuk bergabung dengan kelompok petugas suci dan tawaran tersebut akhirnya diterima. Kepala departemen 6 memecat manusia srigala karena dianggap bekerja sendirian tanpa komando pada saat menangkap Jia San. Namun sebenarnya ini adalah tak-tik saja karena tujuannya adalah menyuruh manusia srigala menyusup ke kelompok petugas suci dan menghancurkannya. Zhuge yang mendapat informasi bahwa manusia srigala dipecat maka menawarinya untuk bergabung dengan petugas suci. Manusia srigala menerima tawaran tersebut karena hal tersebut adalah tujuan yang diinginkannya.

Ji Yaohua adalah tangan kanan kepala departemen 6 namun dia adalah mata-mata musuh yang disusupkan kesana. Sebenarnya dia adalah anak buah dari An Shigeng seorang bangsawan kaki tangan dari Menteri Chai. An Shigeng adalah otak dari pemalsuan uang selama ini dan bukanlah Jia San. Yaohua ternyata adalah pacar dari manusia srigala, dengan memanfaatkan situasi maka dia memanas-manasi manusia srigala agar membunuh dan menghancurkan petugas suci. Hal ini dapat dideteksi oleh Yayu yang dapat membaca pikiran seseorang melalui telepatinya sehingga dia kurang suka terhadap Yaohua. Secara diam-diam manusia srigala jatuh hati terhadap Yayu namun sulit untuk mengatakannya.

Penyelidikan akhir terhadap pabrik uang palsu dapat ditemukan, namun pada saat dilakukan penggerebekan ternyata tempat tersebut sudah kosong. Rupanya hal tersebut sudah bocor siapa lagi kalau bukan Yaohua yang membocorkannya. Tiba-tiba petugas suci diserang oleh mayat hidup yang tidak bisa mati dan sulit dikalahkan yang dikendalikan oleh An Shigeng. Semuanya terkejut, rupanya masalah uang palsu hanya masalah sepele masalah yang sebenarnya adalah membangkitkan orang-orang mati yang mempunyai keahlian silat. Lalu apa tujuannya ?

Kelompok petugas suci dibekukan dan dibubarkan karena dianggap ada dualisme petugas keamanan sehingga masing-masing anggota terpecah-pecah keberadaannya. Namun karena ingin mengembalikan nama baik akhirnya mereka bersatu kembali dan malakukan penyelidikan diam-diam. Akhirnya disimpulkan bahwa An Shigeng ingin menggulingkan pemerintahan yang ada sekarang ini.

Zhuge berusaha memberitahu pangeran namun sudah ada kepala departemen 6 disana. Karena merasa memiliki tujuan yang sama yaitu melindungi pemerintahan maka keduanya bekerja sama untuk menyelamatkan pangeran. Di saat yang sama An Shigeng menyerang pangeran dan menyerbu dengan pasukan mayatnya. Anggota petugas suci lainnya datang membantu melawan mayat-mayat hidup namun mereka tidak bisa membunuhnya. Akhirnya mereka menemukan cara membunuh mayat hidup yaitu dengan mengeluarkan paku atau jarum yang berada di kepalanya. Jadi sasaran pukulannya adalah kepala yang mengakibatkan mayat hancur menjadi abu.

Tak disangka-sangka Yaohua menyerang dan ingin membunuh Yayu. Namun diluaran tampil biasa-biasa saja. Pertarungan An Shigeng yang sulit dikalahkan membuat akhir yang menegangkan. Di lawan dan dikeroyok tak membuat hasil apapun karena saking kuatnya. Tapi cerita tetap happy ending dengan kalahnya An Shigeng akibat Yaohua yang mencari muka dihadapan orang banyak.

Diakhir sesi film ada pertemuan antara Yayu dan Yaohua, dimana Yaohua dengan percaya dirinya yakin bahwa manusia srigala akan memilihnya sebagai kekasih dan departemen 6 sebagai pilihannya. Yayu yang mengetahui sifat jahat dan siapa Yaohua sebenarnya hanya memandang sinis. Kemudian datanglah manusia srigala dan mengatakan pilihannya, siapakah yang dipilih ? yang dipilih adalah Yayu dan petugas suci. Apa alasannya ? selama ini apa yang dirasakannya adalah hidup seperti dalam keluarga yang sebenarnya, kesederhanaan, kebersamaan dan kebahagiaan. Mungkin Yaohua tidak terima jadi tunggu saja seri lanjutannya.

Adegan silat dan kungfunya bagus dan ada hal baru yaitu pertarungan dengan orang lumpuh. Alur cerita yang menarik dan memikat. Akting dari pemain-pemainnya bagus dan masing-masing mempunyai porsi yang seimbang. Spesial efeknya juga mumpuni dan tidak berlebihan makin membuat perkelahian tambah seru. Bagi pecinta film silat, film ini penulis rekomendasikan untuk ditonton.

No comments:

Post a Comment