Monday 20 August 2012

Total Recall



Total Recall
------------------

Sebuah film hasil remake dari film berjudul sama yang dibuat tahun 1990 atau tepatnya 22 tahun yang lalu. Film sebelumnya dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger dan Sharon Stone dengan sutradara Paul Verhoeven bisa dibilang cukup sukses. Pada tahun tersebut, meraih penghargaan piala Oscar dalam ajang Academy Award untuk kategori visual effects. Juga meraih penghargaan dalam ajang BMI Film Music Award untuk kategori musik terbaik. Sedangkan pada ajang penghargaan Saturn Award masuk dalam nominasi musik terbaik.  

Film bergenre action science fiction ini sekarang dibintangi oleh Colin Farrell sebagai Douglas Quaid dan Jessica Biel sebagai Mellina dengan sutradara Len Wiseman. Diangkat dari cerpen berjudul We Can Remember It For You Wholesale karya Philip K. Dick. Jika pada film sebelumnya mempunyai tag line “get ready for the ride of your life” maka untuk yang sekarang mempunyai tag line “is it real is it recall”.

Quaid (Colin Farrell) adalah seorang agen rahasia milik federasi yang dipimpin oleh Coohagen dan disusupkan ke dalam koloni yang dipimpin oleh Matthias. Federasi selalu digambarkan dengan daerah maju dan posisinya sebagai warga kelas atas sedangkan koloni ditampilkan sebagai daerah kumuh dan warganya kelas dua. Federasi terletak di daerah Inggris dengan setting negara barat sedangkan koloni terletak di daerah Australia dengan setting negara eastern atau oriental. Coohagen mempunyai ambisi yang tinggi terhadap koloni yaitu tidak saja ingin menjajah melainkan membumihanguskan daerah koloni dan meratakannya dengan tanah. Kemudian membangunnya kembali untuk hunian warga federasi karena tanah di daerah federasi sudah penuh.

Quaid yang mempunyai misi untuk membunuh Matthias rupanya terketuk hatinya dengan perjuangan Matthias dan kelompoknya untuk menjadi sejajar dengan federasi dan merdeka.  Terlebih lagi dia menjalin kasih dengan Melina (Jesica Biell) yang merupakan pejuang dari koloni. Berbalik seratus delapan puluh derajat, Quaid kini membantu koloni dan melawan federasi. Pada pertempuran terakhir keduanya tertembak ditelapak tangannya, Quaid tertangkap dan Melina berhasil meloloskan diri.

Coohagen yang merasa dikhianati oleh Quaid dan menganggapnya sebagai ancaman terbesar bagi federasi melakukan penghapusan ingatan memori di otaknya. Sehingga Quaid lupa akan jati dirinya. Identitasnya yang sekarang adalah sebagai pekerja pabrik yang merakit robot di federasi namun tinggalnya di koloni. Transportasi yang dipakai dari koloni menuju federasi adalah ‘fall’ yang merupakan sejenis kereta api modern dengan lintasan dibawah perut bumi dan melalui inti bumi sehingga terjadi gravitasi terbalik. Dia mempunyai istri yang bernama Lori (Kate Beckinsale) yang bekerja sebagai polisi di federasi.

Hampir setiap hari Quaid mengalami mimpi yang sama sehingga sedikit mengganggu pikirannya. Perasaan sedikit resah dan tidak tenang terus mengikutinya. Untuk itu, secara tidak sengaja dia melihat iklan mengenai Rekall yang dapat memberikan mimpi atau halusinasi atau ingatan mengenai apa saja sesuai permintaan. Misalnya ingin menjadi atlet international, penjahat terkenal atau agen rahasia. Pada saat akan dilakukan proses tersebut terdeteksi sesuatu yang aneh dan rupanya memori ingatan yang ada sekarang ini bukanlah aslinya sehingga buru-buru proses dihentikan. Rupanya tentara Coohagen tidak tinggal diam dengan menyerbu tempat tersebut. Quaid yang masih kebingungan dan terpojok akan ditangkap tiba-tiba mengikuti naluri alamiahnya untuk melawan dan berhasil menewaskan semua tentara.

Antara percaya atau tidak ternyata Quaid yang merupakan seorang pekerja pabrik biasa bisa melakukan pertarungan dengan sepasukan tentara federasi bahkan memenangkannya. Apakah ini adalah dunia nyata atau impian ? pertanyaan itulah yang menghantui dirinya. Ketika pulang ke rumahnya diceritakannya semua kejadian yang dialami pada istrinya. Tak disangka istrinya malah ingin membunuhnya. Ingin mengetahui siapa dirinya sebenarnya maka perjuangan terus dihadapinya sementara istrinya menghalanginya dan memburunya. Teka-teki kotak deposit box dapat dilaluinya dan pencarian alamat rumah aslinya dapat ditemukan serta penelusuran kunci videogram dipiano bisa dipecahkannya.

Melina datang disaat yang tepat menolong Quaid dan berkat informasi-informasi yang diberikan sedikit demi sedikit bisa membantu mengingat siapa dirinya sebelumnya walaupun masih belum seratus persen percaya. Nama sebenarnya adalah Hauser dan sudah berpisah beberapa bulan sejak ditangkap oleh pasukan federasi. Rupanya ada sebuah skenario yang ingin membungkam kepiawaian dan keahlian Quaid dengan mengkondisikan kehidupannya sebagai pekerja pabrik sederhana dan seorang suami biasa. Sebuah bentuk rekayasa dengan melakukan pengawasan langsung tanpa disadari oleh korban. Istri yang cantik dan teman pekerja pabrik yang baik, semuanya itu adalah palsu. Mereka sebenarnya adalah polisi federasi yang mengawasi Quaid.

Melina mengajak menemui Matthias yang dapat membantu Quaid namun sayangnya rupanya Coohagen memasukkan kode jebakan pada ingatan Quaid, akibatnya Matthias tewas. Coohagen memerintahkan untuk membumihanguskan koloni. Quaid dan Melina berusaha menghalangi serangan tersebut namun Lori istrinya melawan dengan sekuat tenaga juga. Akhir cerita adalah happy ending dengan kemenangan Quaid dan Melina serta kemerdekaan bagi koloni.

Film ini bagus sekali dengan gambaran tentang masa depan, ada daerah yang maju dan ada daerah yang kumuh. Pertarungan dan perkelahian terjadi dengan seru dan dahsyat dibantu dengan peralatan-peralatan modern. Lift digambarkan dapat naik dan turun vertikal juga kekanan dan kekiri secara horisontal. Mobil-mobil masa depan yang dapat terbang dan senjata-senjatanya yang baru. Spesial efek sangat membantu untuk menyempurnakan adegan aksi dan laga.

Sebagai sebuah film remake maka film ini adalah salah satu yang penulis katakan berhasil melampaui versi lamanya. Baik dari segi kualitas gambar, pemain dan aksinya patut diacungin jempol. Sebuah tontonan yang menarik dan menghibur di hari libur lebaran ini merupakan satu tingkat lebih baik dari film Spiderman dan Batman. Saya rekomendasikan film ini patut untuk ditonton.

No comments:

Post a Comment